Makanan ikan arwana– Seperti halnya makhluk hidup lainnya, ikan arwana juga membutuhkan makan untuk kelangsungan hidupnya. Bahkan cepat tidaknya pertumbuhan ikan arwana tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsinya. Biar ikan arwana cepat besar para hobies biasanya memberikan pakan yang bergizi, berlemak dan bernutrisi tinggi. Ketiga komponen tersebut harus terpenuhi agar kestabilan tubuhnya seimbang.

Nah, untuk itu di sini hobinatang.com akan mengulas tentang apa saja makanan yang baik diberikan pada ikan arwana supaya cepat besar dan sehat.

Makanan Ikan Arwana Paling Baik

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan
Cacing Sutra

Makanan untuk ikan arwana ada banyak sekali, namun sayangnya tidak semua jenis makanan arwana bagus untuknya. Misalnya anakan ikan gabus, ikan seribu atau yang lainnya. Jadi intinya buat sobat yang sedang memelihara arwana jangan asal-asalan memilihkan makanan untuknya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa anda berikan untuk ikan arwana:

1. Cacing Darah Beku, Cacing Sutra, Artemia dan Cacing Darah untuk Arwana Anakan

Keempat makanan di atas sangat cocok diberikan pada arwana yang masih kecil. Jika anda memelihara ikan arwana kecil, pakan ini menjadi pilihan yang tepat untuknya. Karena pakan ini mengandung protein dan lemak yang seimbang, selain itu ukurannya juga sesuai dengan besar mulutnya dan juga tidak keras. [baca: cara budidaya cacing sutra sederhana dan lengkap]

2. Kodok atau Katak

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Katak juga termasuk pakan yang bagus untuk pertumbuhan ikan arwana. Adanya kandungan lemak maupun daging yang ada dalam katak bisa menjadikan ikan kalian cepat besar dan memiliki warna yang cerah. Akan tetapi anda tidak boleh menjadikan katak sebagai makanan utamanya. Dikarenakan ikan arwana bisa berwarna pucat jika sering diberi makanan katak. Dan ingat, tidak semua jenis ikan arwana menyukai katak.

3. Udang

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Ikan Arwana silver biasanya sangat menyukai udang dan untuk golden red juga sangat bagus. Menurut kebanyakan para ahli udang juga bisa mencerahkan warna merah arwana red. So jangan ragu-ragu lagi untuk menjadikan udang sebagai makanan tambahan.

Oh iya disarankan agar memberikan udang masih segar ataupun sudah beku dan jangan yang busuk. Kemudian apabila hendak memabukkan udang ke dalam akuarium, buang dulu srungut udangnya. Karena dapat melukai ikan arwana anda.

4. Kecoa

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Kecoa adalah jenis serangga yang menjijikan, tapi dibalik itu semua ternyata makanan arwana jenis ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok untuk meningkatkan nafsu makannya. Sehingga bisa menjaga kesegaran dan stamina ikan arwana. Untuk mendapatkan kecoa kalian bisa membeli pada peternak. Harganya memang agak mahal tapi kandungnya sangat menguntungkan bagi si ikan.

5. Jangkrik

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Dalam tubuh jangkrik mempunyai kandungan betacorotene. Dengan kandungan inilah pakan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan utama baginya. Jangkrik juga bisa meningkatkan warna merah pada ikan arwana. Khususnya untuk jenis ikan arwana golden red & super red. Jika anda ingin memberi pakan pada ikan arwana berupa jangkrik, maka pilih jenis jangkrik yang muda.

Selain itu, sebaiknya dipotong dulu semua kaki jangkriknya. Karena kaki itu sangat runcing dan bisa melukai mulut ataupun perut ikan peliharaan anda.

6. Ikan Ikan Kecil

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Sebagai ikan predator tentu ikan kecil bisa dijadikan makanan selingan untuk Arwana. Tapi jangan memilih anakan ikan gabus atau ikan seribu seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Karena kedua ikan tersebut mempunyai pergerakan yang sangat lincah sehingga membuat ikan arwana harus mengejar-ngejar terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Dan bisa-bisa ikan arwana menabrak kaca aquarium lalu terluka.

7. Kadal dan Cecak

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Pakan ini juga dapat dijadikan sebagai makanan ikan arwana looh. Namun makanan ini biasanya cuma dibuat sebagai makanan tambahan saja dan tidak semua ikan arwana suka dengan pakan ini. Cobalah beberapa kali untuk memberi cicak, jika ikan anda suka maka bisa meneruskan untuk member makan kadal ataupun cicak. Kalau saya sendiri paling jijik dengan yang namanya cicak, jadi tidak pernah menjadikan sejak ini sebagai menu makannya. hehe

8.  Kelabang

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Jenis pakan selanjutnya ialah kelabang. Fungsinya hampir sama dengan jangrik, yakni bisa mencerahkan warna merah pada ikan arwana karena kelabang juga mengandung betacarotene. Akan tetapi harga kelabang lumayan mahal. Apalagi jika ikan arwana anda terbiasa makan pakan kelabang, maka ikan arwana selanjutnya akan pilih­-pilih makanan serta tidak mau lagi makan dengan jenis pakan lain. Oleh karena itu, jangan terlalu sering memberi kelabang.

9. Pellet

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Menyehatkan

Berbeda dengan yang di atas. Jika ketujuh makanan sebelumnya adalah makanan alami maka untuk makanan ikan arwana yang terakhir ini adalah termasuk makanan buatan. Tentu saja untuk mendapatkannya lebih mudah dibandingkan cacing sutra, jangkrik, belalang atau katak. Tapi saat memilih makanan ini kalian harus menyesuaikan dengan kandungan yang ada di dalamnya. Bacalah komposisi yang sudah tertulis di bungkusnya.

Itulah makanan ikan arwana lengkap dan menyehatkan, baik untuk yang sudah dewasa maupun yang masih anakan. Semoga tulisan ini bermanfaat buat teman-teman yang sedang membutuhkannya. Baca juga artikel kami yang berjudul: cara memelihara ikan arwana bagi pemula

Leave a Comment