Umpan ikan mas paling jitu tanpa kroto
Hai sob tahukah Anda dalam sebuah moment tertentu, seperti mengikuti lomba pemancingan, biasanya pakan ikan berupa kroto tidak boleh digunakan. Hal inilah yang membuat para pemancing mania berfikir keras mencari alternative pakan yang disukai ikan mas selain kroto.

Padahal kroto (anak semut rang-rang) sendiri sebenarnya mengandung protein yang sangat disukai oleh iwak mas. Dan umumnya orang-orang menjadikan kroto sebagai bahan tambahan dalam meracik umpan ikan mas harian dan galatama. Namun yang jadi pertanyaan, Apakah kita bisa membuat umpan jitu ikan mas tanpa kroto?

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

Ya tentu saja bisa, di sini kami akan menjelaskan tutorial bagaimana cara meracik umpan mancing ikan mas paling jitu tanpa kroto. Sekaligus tips ini ditujukan buat para sobat yang tidak punya kroto karena malas mencarinya atau karena kalian tinggal di desa dan hampir tidak ada yang menjual kroto layaknya di kota-kota, sehingga mau tidak mau harus bisa membuat resep umpan ikan mas selain kroto.

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

Setidaknya hobinatang.com berhasil merangkum 4 jenis umpan ikan mas tanpa kroto paling jitu. Berikut resep-resepnya:

1. Resep Pertama Umpan Mancing Ikan Mas Tanpa Kroto

Untuk resep pertama sobat sediakan bahan-bahan di bawah ini untuk membuat umpannya:

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto
Gambar bahan umpan ikan mas kinoy

  • 1 ons Jagung tumbuk
  • 3 Telur bebek
  • 3 Sendok makan Deho
  • 1/2 Sendok teh Essen katilayu dan essen wijsman
  • 5 Sendok susu bubuk Dancow
  • Keju dan Kinoy secukupnya
  • Wadah (mangkuk atau lainnya)

Jika bahan-bahan di atas sudah disiapkan, selanjutnya adalah meracik semuanya sampai menjadi umpan jitu ikan mas harian tanpa anak semut (kroto):

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

  • Campurkan bahan Essen katilayu, Essen eijsman, Keju, Deho dan Susu bubuk menjadi satu wadah namun sesuai takaran yang sudah ditentukan.
  • Selanjutnya pecahkan 3 butir telur ke dalam wadah yang sudah ada campuran Essen, Keju dan lain-lain (Yang diambil kuningan telurnya saja).
  • Aduk sampai merata antara telur dan bahan lainnya.
  • Jika sudah, masukkan jagung tumbuk dan Kinoy sesuai takaran di atas.
  • Lalu aduk kembali hingga semuanya menyatu dan merata.
Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto
  • Langkah terakhir, kumpulkan adonan tersebut dan masukkan ke dalam kantung plastik, kemudian dikukus hingga 20 menitan. Jadi deh, tinggal digunakan.
Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto
Hasil akhir umpan ikan mas tanpa kroto

Resep umpan mas tersebut tergolong jitu, sebab kadang bisa menghasilkan 10-15 tangkapan ikan mas. So, jangan takut untuk mencobanya.

2. Daging Belut atau Ikan Lainnya Sebagai Bahan Tambahan

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

Cara membuat umpan ikan mas tanpa kroto selanjutnya ialah dengan menambahkan adonan daging belut atau ikan.

  • Pertama kukus dulu setengah matang adonan ikan belut ataupun adonan jenis ikan lain setengah matang.
  • Adonan setengah matang tersebut bisa anda tambahkan pada umpan ikan mas yang akan anda jadikan umpan. (sobat harus bisa membuat bahan sederhana umpan ikan mas, baca sampai bawah).
  • Maka otomatis aroma amis yang ada pada adonan tersebut bisa menarik perhatian ikan mas, sebab ikan biasanya menyukai makanan yang beraroma amis.

Bagi sobat yang belum bisa membuat racikan umpan mancing silahkan baca dulu artikel: Umpan Mancing Ikan Mas Sederhana Pakai Pelet. Nah dari hasil itu, kalian boleh menambahkan adonan ikan agar tambah jitu dan manjur.

3. Menambahkan Adonan Udang Rawa

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

Cara ini sama dengan yang kedua, yaitu kalian harus membuat dulu racikan sederhana untuk umpan ikan mas. Baru setelah itu bisa ditambahkan adonan udang rawa. Tapi bisa juga langsung menggunakan udang rawa tanpa dicampur dengan adonan lainnya.

Karena jenis pakan ini sudah biasa menjadi santapan ikan mas yang habitatnya berada di air sungai. Selain itu ukuran yang dimiliki oleh udang rawa juga kecil sehingga cocok sekali jika anda pasang pada kail pemancingan anda untuk umpan ikan mas.

4. Dengan Menggunakan Umpan Ulat Pisang

Pakan ikan mas alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk memancing tanpa kroto ialah dengan ulat daun pisang. Karena pakan ini jarang dijual maka Anda bisa mencari ulat daun pisang ini di setiap daun pisang dekat rumah anda.

Menurut pengalaman ikan mas doyan dengan jenis ini, walaupun mungkin tak sejitu jenis umpan ikan mas tanpa kroto yang pertama namun bila kalian tidak ingin ribet meracik-racik bisa mencobanya. Hehe tapi tetap saja poin terakhir ini tidak recommended untuk digunakan di kolam harian atau galatam.

Tambahan Tips Dari Agan Cole

Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

Saya membuat racikan umpan ikan mas simpel saja sih. Buatnya juga dadakan. Yaitu cuma kuning telor asin 3 butir terus haluskan + deho kecil haluskan + susu dancow 1 gelas campur aduk sampai rata + omega 2 sendok makan + tsb 1 bungkus. Lalu aduk sampai kalis. Ditambahi juga 1.76 kg ikan. Pas lomba saya dapat 17. Hanya kalah 4 ekor doang dari yg prestasi. haha

Nah itulah resep-resep terbaik umpan ikan mas paling jitu tanpa kroto atau anakan semut. Semoga sharing dari kami ini bermanfaat buat sahabatku yang membutuhkannya. Selamat mencoba

Leave a Comment