Kapan sih induk kelinci betina siap kawin? Bagaimana ciri ciri kelinci yang sedang birahi (pengin kawin)? Itulah pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh para pemula yang sedang beternak kelinci. Memang mengawinkan kelinci adalah momen yang paling didambakan. Keadaan paling ditunggu-tunggu oleh setiap pemeliharanya.

Karena bila sudah mengalami proses kawin, otomatis kalian akan kehadiran bayi kelinci. Namun sebelum itu semua, Anda harus tahu betul bagaimana caranya tahu bahwa kelinci sobat siap dikawinkan. Agar bisa dengan mudah mengawinkan kelinci jantan dan betina. Dan akhirnya si betina hamil. Baiklah berikut tanda tanda kelinci sedang birahi dan umur kelinci siap kawin.

Baca: Inilah Ciri Ciri Kelinci Hamil

Usia Kelinci Siap Kawin dan Tanda Kelinci Sedang Birahi

Usia Kelinci Siap Kawin dan Tanda Kelinci Sedang Birahi

Usia kelinci siap kawin ialah antara 5-6 bulan. Biasanya kematangan kelinci betina di usia 5.5 sedangkan untuk kelinci jantan saat sudah dewasa. [Baca: Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina]. Adapun tanda kelinci sedang birahi yaitu:

  • Kelinci betina suka menggesekan dagunya kepada kelinci betina lainnya.
  • Vulva yang aslinya berwarna putih berubah menjadi pink bahkan merah dan terlihat basah.
  • Kelinci betina terlihat gelisah dan selalu berusaha mendekati si jantan.
Usia Kelinci Siap Kawin dan Tanda Kelinci Sedang Birahi

Itulah 3 tanda kelinci betina sedang birahi dan siap kawin. Ingat masa subur kelinci betina berlangsung selama 14 hari. Jadi anda harus lebih jeli dan detail lagi saat ingin mengawinkan si kelinci. Jangan memaksakan kelinci untuk kawin padahal mereka belum siap. Hal itu akan berakibat fatal yakni kelinci betina dan jantan akan berantem. Oleh karena itu anda harus benar benar tahu kapan kelinci betina siap kawin. Sekian semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang masih pemula. Terimakasih

Leave a Comment