HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Menurut wiki, hewan pengerat adalah salah satu ordo dari binatang menyusui. Bahasa Latinnya Rodentia. Ada sekitar 2000 sampai 3000 spesies binatang pengerat yang ditemukan di semua benua kecuali Antarktika. Hewan pengerat memiliki gigi depan yang selalu tumbuh dan harus diasah dengan menggerigiti sesuatu.

Hewan pengerat telah digunakan manusia sebagai hewan percobaan, diambil kulitnya, untuk makanan, dan juga untuk mendeteksi ranjau. Saya kan menyebutkan sdikit jenis-jenis hewan pengerat ini. Namun, saya akan menyebutkan yang lucu-lucu dan imut-imut saja ya.

Hewan Pengerat yang Bernama Sugar Glider

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Sugar glider adalah salah satu hewan pengerat yang sangat imut, menggemaskan, lucu dan pintar, tak heran sekarang banyak orang menginginkan adopsi hewan mungil tersebut. Sugar Glider ini tergolong keluarga marsupial dari keluarga mamalia seperti kangguru, dan koala. Hewan ini pantas untuk semua usia sebagai hewan peliharaan, bisa untuk anak usia 6 tahun dan lebih tua, akan tetapi untuk anak- anak harus selalu ada pengawasan orang dewasa.

Lebih mengagumkan lagi, Sugar glider mempunyai potensi lebih besar untuk bonding ( ikatan /jinak) dengan pemilik dari pada gerbil atau hamster, Pertimbangkanlah usia sugar glider untuk mulai dipelihara, Habitat asli mereka di australia dan papua, mereka hewan sosial, hidup berkelompok 10 hingga 15 ekor, membuat proses ikatan dengan manusia sangat alami sebagai hewan peliharaan. Masa hidup sugar glider adalah 12 - 15 tahun, Hal yang paling disukai dari hewan ini adalah bisa kita bawa kemana - mana dengan bonding pouch untuk berlibur. Sugar glider mempunyai sifat loyalitas yang tinggi, sehingga apabila dia diberikan ke orang lain terkadang akan menggigit, ukurannya yang kecil tetapi dia pintar bisa mengingat, dia bisa datang kepada anda bila anda panggil.

Baca: Cara Merawat Sugar Glider

Hewan Pengerat yang  Tupai

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Hewan pengerat berikutnya adalah Mas Tupai. Ya, tupai adalah segolongan mamalia kecil yang mirip, dan kerap dikelirukan, dengan bajing. Secara ilmiah, tupai tidak sama dan jauh kekerabatannya dari keluarga bajing. Tupai adalah pemangsa serangga, dan dahulu dimasukkan ke dalam bangsa insektivora (pemakan serangga) bersama-sama dengan cerurut, sedangkan bajing dan bajing terbang termasuk bangsa Rodentia (hewan pengerat) bersama-sama dengan tikus. Selain itu, tupai juga hampir mirip dengan suga glider dan tupai terbang. Mirip tapi tak sama.

Jenis-jenis tupai banyak sekali, dan yang paling banyak digemari adalah tupai besar dan berambut warna-warni. Ada merah, kuning dan lain-lain.

Hamster yang Lucu Juga Hewan Pengerat


Ehem, siapa yang tidak kenal hewan yang satu ini?? Dialah si imut dari ciptaan Allah. Kak Hamster.

Hamster adalah hewan mamalia yang termasuk keluarga hewan pengerat yang mempunyai bermacam spesies dan hampir ada di tiap negara. Namun, meskipun lucu, hamster seringkali digunakan sebagai hewan percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan hewan pengerat lainnya.

Hamster memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat, berbulu (tikus nyaris tidak berbulu), memiliki aneka warna bulu, serta ekor pendek, tertutup bulu dan tidak jorok. Dibandingkan marmut, jelas hamster memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil.

Baca: Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu

Jadi, jangan salah lihat ya? nanti ada tikus malah ditangkap dikira hamster xixi

Landak Juga Termasuk Jenis Hewab Pengerat

Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Landak adalah jenis hewan pengerat yang tidak bisa bergerak cepat dan memiliki tubuh yang relatif besar. Dilihat dari parasnya landak mirip dengan tikus namun tubuh landak lebih besar dan yang menjadi ciri khas satwa langka ini adalah bagian tubuhnya yang ditumbuhi rambut yang mengeras berupa duri panjang dan runcing, duri-duri pada bagian tubuh landak ini akan mengembang apabila dirinya merasa terancam.

Secara umum landak memiliki dua macam rambut yaitu rambut yang halus dan rambut yang mengeras seperti duri. Landak merupakan mamalia soliter dan banyak beraktifitas dimalam hari (nokturnal). Landang memiliki 2 telinga berukuran kecil, ekor pendek, 2 pasang kaki yang pendek, landak memiliki 4 jari pada setiap kaki depan dan 5 jari pada setiap kaki belakang.

Sebenarnya tikus juga termasuk binatang pengerat, tapi ga imut ya?

Ah, sudah lah. Sekian dari kami penjelasan tentang Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat. Semoga bisa dipahami.

0 Komentar Pengertian dan Jenis Jenis Binatang Pengerat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top