HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula

Cara merawat sugar glider- Sebelum membeli sigar glider kalian yang masih pemula harus tahu dulu bagaimana cara perawatan sugar glider yang baik dan benar. Hal itu bertujuan agar SG (sugar glidr) Anda nyaman tinggal bersama Anda. Selain itu sobat juga harus tahu resiko-resiko memelihara sugar glider. Seperti tergigit, tercakar, mendapat bau tak sedap atau dikencingin.

Baca: tips sebelum membeli sugar glider

Tapi sob, sebenarnya resiko di atas bisa ditangani dengan mudah asalkan kalian tahu tipsnya. Nah berikut tips terbaik dalam merawat sugar glider agar tidak bau, menggigit dan mencakar. Dibaca pelan-pelan lalu diperaktikkan ya? :)

Cara Memelihara atau Merawat Sugar Glider yang Baik


cara merawat sugar glider agar sehat dan tidak bau, perawatan

1. Menyediakan Kandang yang Nyaman Untuknya


Perawatan sugar glider yang harus pertama kali kalian perhatikan adalah masalah kandang sugar glider. Belilah kandang sugar glider yang luas dan cukup untuk bergerak, di dalamnya sudah disediakan tempat air minum yang bersih, lebih baik lagi jika kalian menggunakan dot hamster, hal itu untuk menjaga kebersihan kandang dan tidak basah kemana-mana. Kenalkan dot sebagai air minum dengan cara menempelkan atau menyodorkan ujung dot kepada sugar glider.

Dalam masalah minum juga harus diperhatikan, gunakanlah air matang yang higinis bisa juga ditambahi madu. Jika kalian ingin peliharaan anda fokus sama perintah ownernya maka berilah akua. Eh. Setelah itu, Jauhkan kandang sugar glider dari binatang pemangsa atau predator, seperti anjing dan kucing serta sinar matahari langsung. Sebab hal itu akan membuat si manis merasa panik dan takut, sehingga hidupnya pun tak tenang dan mati. Waah sayang dong.

Bagi kalian yang baru membeli sugar glider, saya sarankan untuk meletakkan kandangnya di tempat yang selalu dilalui manusia dan dekat dengan pemiliknya, supaya lebih cepat mengenal dan jinak, misalnya diletakkan di samping pintu kamar atau pintu dapur.

Yang jelas dalam memelihara sugar glider perlu adanya kesabaran, sebab SG (sugar glider) membutuhkan waktu adaptasi yang cukup lama pada lingkungan barunya, dan SG joey (bayi umur 1-6 bulan) lebih mudah beradaptasi daripada dewasa.

2. Memberi Makanan dengan Baik 


Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula
olx

Cara merawat sugar glider yang baik dan benar yang selanjutnya yaitu dalam hal makanan dan cara memberi makan sugar glider. Dalam pemberian makanan SG yang paling penting diperhatikan adalah nutrisinya. Sugar Glider salah satu binatang omnivora, artinya dia bisa makan jenis-jenis makanan apa saja, tetapi juga tidak seperti manusia.

Di alam liar dan bebas sugar glider memakan getah pohon, nectar, buah-buahan, serangga seperti jangkrik dan ulat hongkong. Tapi kalau kita tidak bisa menyediakan makanan yang sama persis, kita bisa memberinya makanan bayi (bubur susu), madu, yogurt, sayuran dan buah-buahan seperti apel, wortel, ubi, pisang dll. Boleh juga telur rebus, keju, dog/cat food. Khusus untuk pelet cat food, pilihlah yg high protein, minimal 30% ke atas pilih yg bahan dasar ayam & magnesiumnya rendah jangan lebih dari 0,01% sebab merusak ginjal. Sugar glider butuh makanan yg high protein, high kalsium, low phospor, low fat, etc.

Hindari beberapa makanan ini : susu, bawang-bawangan, buah yang terlalu kecut. Jika anda ragu sebaiknya jangan diberikan kepada sugar glider

Kalau saya sendiri biasanya, bubur bayi yang rasa pisang, atau kadang-kadang buah (biasanya kalu habis gajian wakwak). Bagaimana cara memberi makan sugar glider?

Untuk menjinakkan atau membuat bonding si SG, sebaiknya sering-sering diberi makan dengan cara menggunakan jari tangan, biarkan sugar glider menjilati bubur yang ada ditangan anda. Selama proses penjinakan, anda harus hati-hati jangan biarkan sugar glider anda tersakiti, karena anda perlu meyakinkan sugar glider bahwa manusia bukan ancaman bagi mereka. Letakan juga baju bekas anda di kandang si imut. Agar mempercepat proses adaptasi atau bonding. Lebih lengkapnya baca: cara menjinakkan sugar glider yang galak bagi pemula

3. Perawatan Kuku Sugar Glider dan Cara Memotongnya


Perawatan sugar glider yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan kuku sugar glider. Kuku yang panjang akan membuat badan kita atau bahkan anak kita tersakiti, makanya kita perlu memotongnya. Cara memotong sugar glider juga tidak sembarangan, karena bisa menyakiti kakinya. Maka perhatikanlah cara memotong kuku Sugar Glider yang baik dan benar di bawah ini:

Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula

Sediakan pounch, kain atau kaos kaki. Setelah itu sediakan pemotong kuku atau gunting kuku yang tajam.

Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula

Langkah selanjutnya, kalian harus memasukan Sugar Glider nya ke Pouch, kaos kaki atau kain, hal ini dilakukan agar Sugar Glider bisa tenang dan tidak mengigit saat proses pemotongan Kuku.

Lalu, keluarkan tangan/kakinya dan potong kukunya satu per satu.

Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula

Dalam memotong, haruslah diperhatikan. Potonglah ujung kukunya saja, jangan terlalu dalam, karena bisa mengakibatkan pendaharan dan luka. Jika memang sudah terlanjur dan berdarah, segeralah berikan perawatan agar tidak infeksi.

4. Memandikan Sugar Glider Agar Sehat dan Tidak Bau


Nah cara merawat sugar glider yang terakhir adalah memandikannya. Bagi kalian yang tinggal di kota dan menyukai kebersihan, maka harus memperhatikan benar poin ke-4 ini. Karena jika tidak dimandikan bulunya bisa mengeluarkan aroma tak sedap akibat terkena urin atau kotorannya sendiri. Adapun langkah-langkah memandikan sugar glider sudah dibahas di artikel, cara memandikan si imut SG.

Baiklah, itu saja tentang bagaimana cara merawat sugar glider agar sehat dan tidak bau. Semoga bisa bermanfaat bagi para pemula atau yang lainnya.

1 Response to Cara Merawat atau Memelihara Sugar Glider Lengkap Untuk Pemula

  1. ane liat aja udah takut gan -_-. mrinding dah
    kurang cocok buat ane yg pemula hehe

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top