15 Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Pemula Beserta Harganya

Jenis Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Pemula Besreta Harganya

Jenis ikan hias ada banyak sekali, mulai dari ikan hias air tawar atau ikan hias air laut, ukurannya pun bermacam-macam, mulai yang paling kecil dan besar. Tingkat kesulitan dalam merawatnya pun berbeda. Kalau ikan air tawar itu lebih mudah dipelihara daripada ikan hias jenis air laut. Akan tetapi tidak semua ikan hias air tawar mudah dipelihara. Sebab ada yang memiliki daya tahan tubuh lemah sehingga gampang mati, bahkan banyak sekali yang tidak bisa bertahan hidup tanpa ada aerator di aquarium atau toples.

Oleh sebab itu, di sini kami akan memberikan daftar-daftar jenis ikan hias air tawar cantik yang mudah dipelihara, dan sangat cocok untuk pemula disertai harga terbaru 2018 dan gambarnya.

1. Ikan Molly

Jenis Ikan Hias Air Tawar Molly

Anda pernah melihat ikan ini? Ya, ikan jenis molly di atas sudah sangat populer di dunia terutama di negara Indonesia. Hal itu karena ikan ini sangat mudah dipelihara dan didapat, hampir setiap toko ikan pasti menjual ikan molly. Bentuknya yang kecil dan warnanya yang mencolok sangat cocok jika dipelihara di dalam aquarium bersama ikan-ikan kecil lainnya, tapi jangan digabungkan dengan ikan predator ya?!. Hanya dengan merogoh dompet Rp.500 kalian sudah bisa membeli ikan ini.

2. Ikan Swordtail atau Ikan Pedang

Jenis Ikan Hias Air Tawar swortail , ikan pedang

Ikan swordtail lebih dikenal dengan ikan pedang, sebab ekornya mirip dengan pedang seperti foto di atas. Ikan pedang ini masih tergolong keluarga ikan molly, dia sangat kuat dan mudah dirawat. Sehingga jenis ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah, selain bentuknya yang unik, harga ikan ini juga tergolong murah. Kurang lebih Rp.1.000-3000 (tergantung tempat dan kondisi).


3. Ikan Hias Manfish

Jenis Ikan Hias Air Tawar manfish, ikan layang-layang

Manfish adalah ikan yang cukup indah. Baik dari segi warna maupun bentuk. Selain itu, ikan jenis ini juga sangat mudah dipelihara. Bahkan, anak kecil pun bisa.

Ciri ciri bentuk tubuhnya mirip seperti layang-layang, karena tipis dan pipih serta gerakannya melayang-layang. Sehingga ikan manfish ini juga disebut sebagai ikan layang-layang. Ikan mansfish tergolong jenis ikan hias yang unik, sebab sirip perut dan sirip punggung membentang lebar seperti busur. Karakter ikan ini adalah pendiam, jarang gerak dan tidak agresif seperti ikan kecil lainnya.

4. Ikan Cupang

Jenis Ikan Hias Air Tawar cupang betta

Ikan cupang atau bisa disebut juga Betta adalah ikan yang sudah terkenal oleh masyarakat umum, atau bahkan di berbagai belahan dunia. Ikan ini sangat banyak digemari karena memiliki banyak kelebihan.

Apa saja kelebihan ikan cupang?

Yang pertama adalah karena mudah dipelihara bahkan diletakan di botol kecil saja bisa hidup, bisa dijadikan aduan karena sifatnya yang agresif dan ganas, kemudian ikan cupang juga memiliki gerakan pelan dan berwibawa sehingga sangat nikmat jika dipandang, yang terakhir adalah karena ikan ini memiliki bentuk siripnya yang indah penuh warna, motif warnanya bermacam-macam serta jenis ikan cupang juga beraneka ragam. Harga ikan betta ini bervariasi dari mulai Rp.2000-Rp.5.000.000, semakin banyak memenangkan kontes, dia semakin mahal.

5. Ikan Sapu-Sapu Hias

ikan hias sapu-sapu

Ikan sapu-sapu adalah ikan pembersih aquarium, makanya dia dinamakan sapu alias suka menyapu. Secara alami ikan ini hidup di rawa atau sungai-sungai. Namun, banyak juga toko ikan yang menjual ikan sapu-sapu hias, karena warnanya yang bagus dan menawan. Dalam masalah ketahanan hidup, tidak perlu ditanyakan lagi, sebab dia sangat kuat, baik di air kotor maupun bersih. Harga Rp.1.500-6.000.

6. Ikan Guppy

ikan hias guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang banyak digemari para pecinta ikan. Bahkan komunitas pecinta ikan ini sudah tersebar di mana-mana. Ikan Guppy (Poecilia reticulate) bisa ditemui di daerah Trinidad, Barnados, Guyana, Brasil, dan beberapa daerah di Asia Tenggara sepereti Indonesia. Ikan ini tergolong susah-susah mudah ketika dipelihara. Namun, tidak ada salahnya jika pemula mencoba memelihara ikan jenis guppy.

Karena memiliki banyak kelebihan diantaranya, tubuhnya  mungil dan memiliki sirip-sirip yang cantik dengan berbagai warna yang sangat menarik seperti ikan cupang serta harganya yang murah. Ukurannya kurang lebih 2,5 – 5 cm. Harga just Rp.3000, atau bisa lebih dari Rp.500.000, semua tergantung jenis guppy dan motif warnanya.

7. Black Ghost

jenis ikan hias black ghost

Jenis ikan hias yang cantik dan cocok dipelihara untuk pemula berikutnya adalah Ikan Black Ghost atau Black Phantom. Black Ghost memiliki nama Latin Apterontus albifrons. Dinamakan black ghost karena ikan ini terlihat seperti hantu berwarna hitam, apalagi gerakan tubuhnya bergelamir. So, hati-hati saja kalau kalian mau memelihara ikan ini. Jam 12 malam bisa gentayangan, mencari pelet. Selain itu, dia juga dinamakan Ikan Bulu Ayam karena ketika bergerak membentuk sudut 90 derajat tubuhnya bagaikan bulu ayam yang tegak.

Ikan Ghost asli penduduk sungai Amazon dan Surinam, pergerakannya lentur dan suka maju mundur. Cara merawatnya pun tak sesulit yang kita bayangkan, hanya cukup memberi pakan 2x sehari saat pagi dan sore. Pakannya bisa berupa pelet, cacing atau jentik nyamuk. Harganya relatif murah, Rp.3000-6000. Apakah anda tertarik membeli ikan ini?

8. Ikan Platy atau Mickey mouse


ikan platy

Ikan Mickey mouse termasuk golongan ikan platty, dan dari sekian banyak jenis ikan platty, mickey mouse menjadi ikan yang paling populer di pasaran. Warnanya yang mencolok dan bentuknya yang gendut mungil menjadi daya tarik tersendiri bagi penghobi ikan hias cantik. Karakter ikan platty micky mouse ini memiliki gerakan yang tenang dan tidak agresif, so, jangan kalian campurkan dengan ikan predator jika tidak ingin disantap. Untuk harganya berkisar Rp.5000 dapat 3 ekor.

9. Ikan Neon Tetra

ikan neon tetra

Dari namanya saja kita sudah tau bahwa ikan air tawar jenis neon ini memiliki sifat seperti lampu neon. Bisa menyala di malam hari. Wah hebat ya? Inilah karunia tuhan untuk dinikmati oleh kita.

Ikan neon dikenal juga dengan nama laitin Paracheirodon innesi, jenis ikan neon tetra ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, dan yang paling terkenal adalah neon tetra yang berasal dari Amerika latin. Warna biru terang dan putih perak menghiasi tubuhnya yang kecil. Ikan ini akan lebih indah jika dipelihara dalam jumlah yang banyak, minimal 6-10. Dan seringkali menjadi peliharaan para pecinta aquascape.

Makanan untuk jenis ikan ini juga tidak terlalu rumit, sebab ikan neon tetra merupakan ikan yang bersifat omnivore, sehingga jenis makanan yang bisa diberikan untuknya berupa artemia, daphnia, frozen bloodworm, tubifek dan micropellet. Namun dari sekian jenis makanan untuk ikan tetra tersebut, jenis pellet tenggelam sangatlah cocok untuk mereka, karena pakan ini terdapat kandungan untuk merangsang warna neon tetra menjadi lebih mencolok.

10. Ikan Mas Koki

ikan hias china mas koki

Ada mas ganteng ada juga mas koki. Meskipun namanya ikan koki, tapi tetap saja ikan ini tidak bisa memasak. Pada awal mulanya penyebaran ikan mas koki hanya ada di China, namun kemudian ikan ini ditenarkan oleh masyarakat Jepang. Sehingga pecinta ikan dari Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Ikan hias air tawar ini juga merupakan primadona bagi penghobi ikan di negara kita, karena warna dan bentuknya yang lucu, dia gendut, namun tetap stabil jalannya. Ekor sampai kepalanya sangat unik. Maka tidak heran jika jenis ini sangat populer di dunia.

Bagi pemula sebaiknya jangan merawat ikan ini jika kalian belum menyediakan tempat dan perlengkapan seperti aerator dll. Karena perawatannya susah-susah mudah. Harganya, Rp.5000-6000.

11. Ikan Komet

ikan komet

Jangan kemana-mana dulu sob, karena masih ada lagi jenis ikan air tawar hias yang mudah dipelihara pemula, yaitu ikan komet. Ini adalah ikan yang pertama kali kami pelihara, pergerakannya sangat lincah dan daya tahan tubuhnya juga kuat, sangking kuatnya dulu pas pindahan saya pernah membawa ikan ini dari Solo-Jakarta dan tidak ada yang mati. Warbiyasyah

Bentuknya cantik, unik, serta bentuk ekornya menjadi pembeda bagi ikan hias cantik lainnya. Bentuknya tidak terlalu kecil seperti neon dan tidak juga terlalu besar seperti lele. Harga termurah yang pernah saya beli hanya dua ribu dapat 3 guys. Kalau sekarang mungkin Rp.3000-5000

12. Ikan Black Shark

ikan hias black shark

Black artinya hitam, Shark artinya hiu. So, ikan jenis ini dinamakan ikan hitam seperti hiu dengan sisik yang berwarna silver dan sirip yang menonjol, membuat ikan seperti ikan hiu kecil. Dia suka bergerombol serta cenderung pemarah. Harga sama bos kaya yang lainnya, Rp.3000-6000.


13. Flying Fox

ikan air tawar flying fox

Flaying fox juga merupakan jenis ikan air tawar yang mudah dipelihara untuk pemula, cara merawatnya tidak jauh beda dengan ikan pedang, komet dan lainnya. Warna juga cantik bervariasi.

14. Jenis Ikan Hias Cantik Oscar

ikan predator oscar

Sebenarnya ikan oscar ini tergolong ikan hias air tawar golongan predator alias pemakan ikan lainnya, so meskipun bentuknya cantik dan murah, jangan coba-coba kalian campurkan dengan ikan kecil lainnya ya. Abis semua entar.

Ikan Oscar sangat mudah dipelihara dan sudah populer di toko ikan. Sehingga mencarinya pun tidak terlalu sulit, harganya juga relatif murah, sekitar Rp.5000-15.000.

15. Ikan Lemon

ikan melon
Jenis terakhir ikan hias cantik yang mudah dipelihara untuk pemula. Yaitu ikan lemon, yang warnanya menyerupai lemon. Jika kalian ingin memelihara jenis ikan hias air tawar lemon, maka yang perlu diperhatikan adalah jangan memberi makan terlalu banyak, sebab akuarium akan mudah kotor sehingga bisa mengganggu kesehatan si ikan.

Baca juga: 15 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara dan Cantik

Ok, itulah informasi mengenai jenis ikan hias cantik yang mudah dipelihara oleh pemula disertai harga terbaru 2018. Semoga info ini bisa menambah wawasan kamu ya, dan menjadi rujukan bagi siapa yang ingin membeli ikan hias. Terimakasih.

7 Komentar 15 Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Pemula Beserta Harganya

  1. Saya punya teman pedagang ikan hias. Dia malah spesifik jualan ikan hias yang mahal banget, bisa puluhan juta. Sukses lho, masih usia 20an.

    ReplyDelete
  2. ane tertarik sama ikan komet, kayaknya enak buat dipelihara, kira2 makanannya sama kayak ikan2 kecil lain ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih pelet saja, banyak di toko hias jualan pelet untuk ikan komet.

      Delete
  3. susah ternyata miara ikan.. tiap hari ada aj yg mati. ikan neon udah mati semua. kira2 parameter yg harus dijaga apa saja supaya ikan bisa hidup lama ?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memelihara ikan yang tahan lama, bahkan yang tidak membutuhkan aerator. Kalau untuk perlengkapan standar ikan hias kami sudah sharing di artikel, perlengkapan akuarium ikan hias yang standar

      Delete
  4. Anonymous16 May

    saya beli ikan pada tanggal 10 Mei,
    jenis ikan nya, ikan mas berlian, ikan molly, ikan Manfish, Ikan Platy, Ikan Komet, ikan mas Koki, & Ikan Flying Fox, mereka mati semuanya satu persatu setiap hari, di Aquarium, dan satu lagi di Ember Drum besar ikan Fatin, ikan Bawal & ikan gabus, satu tempat mati semuanya juga, cuman tersisa ikan gabus saja,
    kenapa yah gan..???
    padahal airnya baru dan sangat bersih, airnya langsung dari kran pompa air.
    mohon penjelasannya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah perlengkapan aquarium sudah lengkap? Filter, aerator atau yang lainnya. Kemudian bagaimana kondisi PH air, apakag sudah dicek? Coba mas jawab dulu, nanti tak kasih solusi. Dari kecil sampai selekarang, kami pelihara ikan jarang sekali mati.

      Sekarang lebih senang pelihara ikan predator, gabus juga predator. Bawal juga

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top