Apakah anda sering mengikuti lomba burung hias, seperti burung kecer atau yang lainnya? Jika iya, maka apa saja yang kalian siapkan sebelum perlombaan? silahkan jawaban kalian disimpan dulu dalam hati. Karena di sini kami akan sedikit berbagi mengenai cara-cara agar burung kecer kita mengeluarkan performa yang bagus saat perlombaan.

Namun, sebenarnya tips ini berlaku untuk semua jenis burung hias yang akan mengikuti lomba, so jika kalian memiliki jenis lain, maka bisa juga diterapkan dengan cara yang sama.

Berikut persiapan yang harus kalian lakukan sebelum lomba agar bisa juara:

Pastikan anda sudah memiliki persiapan yang matang sejak awal, yaitu disiplin dan telaten dalam merawat si burung kecer atau yang lainnya. Hal ini agar kalian bisa mengenal atau mendalami sifat burung tersebut. Bersabarlah dalam melakukan setelan dan perawatan suara, dan juga kesehatan burung itu sendiri. Apabila semua itu sudah dilakukan, maka mari melangkah ke tahap berikutnya, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum lomba:

H-3 Sebelum Perlombaan Burung Kecer

Tips Jitu Agar Burung Kecer Kita Bisa Juara Ketika Dilombakan
indoprice.net

Ketika sudah menginjak H-3 maka perhatikanlah pola makan si burung. Berilah jangkrik secukupnya, atau boleh juga ditambah porsinya dari biasanya. Misalnya, jika biasanya dikasih 3-4 ekor jangrik pada waktu pagi dan sore, maka di H-3 ini bisa menjadi 5-6 ekor.

H-2 Sebelum Lomba Burung Hias

Berikanlah makanan jangkrik secukupnya, kemudian dijemur minimal 30 menit, hal itu karena nanti kalau pada saat memasuki lomba, si burung akan dijemur kembali dengan intensitas waktu yang tersedia. Begitulah kira-kira

Persiapan di H-1 Lomba Burung Kecer

H-1 ini artinya besoknya sudah siap-siap dilombakan. Maka di saat ini, sebaiknya pada saat rentang waktu 1 jam sebelum lomba dimulai, burung kecer tersebut sudah dimandikan terlebih dahulu, kemudian diberi jangkrik 3-6 ekor. Lebih bagus lagi jika kalian menambahkan 5-15 ekor ulat hongkong. Ingat, ulat hongkong ya, bukan ulat bulu.

Tambahan: Jika burung kecer atau yang lainnya sudah turun ke perlombaan, maka sebaiknya berikan lagi jangkrik segar 2 ekor saja jangan lebih dari 4, karena itu tidak benar alias salah. Hal itu untuk menambang rangsangan dan semangat pada burung kesayangan anda.

Baik, itulah cara atau tips jitu agar Burung Kecer kita bisa juara ketika dilombakan, namun, terlepas dari itu semua kami mohon maaf jika pendapat saya di atas tidak sesuai dengan cara anda, sebab sebetulnya setiap hobbis mempunyai tips dan strategi tersendiri.

Baik yang dilakukan secara alami atau dengan obat-obatan. Tapi intinya kita merawat si burung kesayangan ini hanyalah untuk menyalurkan hobi dan kesenangan. So, berikanlah yang terbaik pada si burung agar pemiliknya dapat menikmati keindahan suara burung yang lebih lama. Trimakasih

Tags:

2 responses to “Tips Jitu Agar Burung Kecer Kita Bisa Juara Ketika Dilombakan”

  1. Gintong Avatar
    Gintong

    Hahaha, keren banget. Baru tau ada artikel mengenai persiapan 3 hari sebelum lomba burung kecer. Mantab bos!

  2. penulis cupu Avatar
    penulis cupu

    biasanya sih da yg ngasih vitamin ato apa gitu. suarnya bgus bgt

Leave a Comment