Pencinta binatang pasti tau dong dengan hewan mungil yang satu ini? Ya, landak mini merupakan binatang eksotik dari keluarga mamalia Erinaceinae. Mereka bisa ditemukan di Asia, Afrika, Eropa dan Selandia Baru. Binatang peliharaan satu ini memiliki bentuk dan watak yang lucu serta unik, sehingga orang-orang banyak yang menyukainya, apalagi jenis landak mini banyak ragamnya dan harga nya pun tergolong murah.

Ciri khas landak mini adalah duri yang ada di tubuhnya, duri tersebut menyerupai rambut tapi bertekstur kasar. Meski demikian, dia tidak seperti landak hutan. Landak mini tergolong binatang yang aman dipelihara karena dirinya tidak beracun dan tidak menyakitkan ketika dipegang.

Harga dan Jenis Landak Mini Paling Bagus di Indonesia

Untuk sifatnya, dia adalah hewan nocturnal yang mana ia akan aktif di malam hari dan di siang harinya dia memilih bersembunyi dan istirahat. Di Indonesia sendiri sudah ada komunitas khusus bagi pencinta landak mini, biasanya mereka membentuk grup di facebook yang kemudian ada agenda pertemuan sesama pencinta landak mini.

Jika Anda tertarik merawatnya, maka jangan khawatir sebab landak mini sangat mudah dipelihara hanya membutuhkan kandang berukuran akuarium 140x50x50 cm kalian sudah bisa memeliharanya. Selain itu, makanannya pun cukup mudah dan ekonomis yaitu serangga atau bisa juga dikombinasikan dengan makanan buatan.

Baiklah, supaya kalian tidak bingung dalam memilih landak mini yang akan anda beli, sebaiknya kalian harus mengenali jenis jenis landak mini di Indonesia dan harga terbarunya tahun 2020 sampai seterusnya (karena nilai jual hewan ini terbilang stagnan, bisa lebih murah tergantung anda menawar hehe). Data ini kami ambil dari situs jual beli olx, kaskus dan grup facebook.

Berikut jenis landak mini dan harganya yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia

Harga dan Jenis Landak Mini Terbaru

Landak mini memiliki beberapa jenis yang sangat menggemaskan, biasanya mahal tidaknya harga landak mini tergantung kualitas warna dan kondisinya.

1. Jenis Salt and Pepper

harga dan jenis landak mini salt and pepper
Gambar: facebook Iwan Setiawan gurp jual beli landak mini

Jenis landak mini yang pertama adalah salt and pepper, Wah namanya susah juga ya. Tapi landak mini yang satu ini justru malah termasuk yang paling banyak ditemui dan dipelihara oleh masyarakat loh?! Umumnya dia dijual di pasar atau dijual oleh sesama penghobi landak.

Ciri-ciri tubuh landak salt pepper berwarna putih dan dibaluti warna hitam. Untuk hidung, mata dan telinga semua hitam, tapi kadang juga ada yang kecokelatan dan abu-abu.

Harga landak ini berkisar (anakan) Rp. 175.000-250.000, (indukan) Rp. 225.000-300.000

2. Landak Mini Cinnamon

harga dan jenis landak mini cinnamon

Landak yang kedua ini juga banyak dipelihara oleh pencintanya loh, tapi jika diperhatikan sekilas mirip dengan landak salt and pepper tetapi sebenarnya mereka berdua berbeda. Perbedaan yang menonjol ada pada warnanya. Hidung dan mata salt pepper berwarna hitam, sedangkan hidung landak mini cinnamon warnanya agak kemerahan-merahan, kram atau coklat mudah dan pundaknya berwarna merah muda.

Harga terbaru, bayi atau anakan Rp.100.000 hingga 250.00 untuk indukan Rp.225.000 – 400.000

3. Jenis Landak Mini Appricot

harga dan jenis landak mini approcot

Landak Mini Appricot memiliki ciri-ciri tubuh berwarna putih, hidung merah muda dan duri berwarna oranye bercampur coklat krem. Sehingga dia terlihat bersih dan cantik, umumnya orang-orang memelihara landak ini karena warnanya yang kalem. Harganya sama seperti lainnya.

4. Landak Mini Cinnicot

harga dan jenis landak mini cinnicot

Landak mini Cinnicot merupakan hasil persilangan dari landak Cinnamon dan Appricot. Sehingga terkadang hasilnya bisa mirip dengan cinnamon atau mirip appricot. Untuk tubuhnya berwarna coklat emas atau karat yang pudar.

5. Jenis Landak Mini Champagne

harga dan jenis landak mini champagne

harga dan jenis landak mini champagne

Jenis landak mini yang kelima ini sebenarnya jarang ditemui di kalangan masyarakat, baik di pasar maupun di alam. Warna landak champagne adalah pirang pastel, di bagian durinya 75% berwarna putih  dan sisanya berwarna oranye atau krem.

6. Platinum

harga dan jenis landak mini platinum

Landak platinum ini adalah jenis yang paling langka, bahkan menurut saya dia jenis landak mini paling bagus di antara semua landak mini. Karena warna bulunya putih semua. Hidung serta telinga memiliki warna agak gelap dengan warna coklat. Untuk harga landak ini disesuaikan kualitas dan daerah masing-masing.

7. Jenis Charcoal

harga dan jenis landak mini charcoal

Jenis charcoal terbagi menjadi dua varian warna, yaitu white charcoal dan charcoal snowflake grey. Tapi sebenarnya perbedaan antara dua jenis itu hanya di bagian ujung bulunya saja. Ciri-ciri landak charcoal 30% hingga 70% putih solid, dan sisanya berwarna putih dibalut dengan warna hitam, muka hitam, perut putih, pundak abu-abu (tapi tergantung, kalau white putih) dan mata hitam.

Untuk harga landak mini jenis snowflake berkisar (anakan) Rp. 175.000-300.000 sedangkan indukan Rp. 225.000-300.000.

8. Landak Mini Pinto

harga dan jenis landak mini pinto
Gambar: facebook Riandika gurp jual beli landak mini

Landak mini pinto adalah jenis landak yang memiliki corak tak beraturan dan terlihat seperti bercak-bercak putih pada durinya tapi didominasi warna hitam. Meski sebagian orang menganggap jelek, menurut saya justru malah menarik dan unik. Karena memiliki ciri khas tersendiri.

Yang sejenis dengan ini ada tabiano, dia kebalikannya dari pinto yaitu warna putih lebih mendominasi dan memiliki bercak hitam. Lalu ada juga snowflak dan lain sebagainya.

9. Jenis Landak Mini Terakhir “Albino”

harga dan jenis landak mini albino
Gambar: facebook Pungki Muji Hermawan gurp JULEHA

harga dan jenis landak mini albino
Foto by facebook Pungki Muji Hermawan gurp JULEHA

Hampir setiap hewan peliharaan pasti ada albinonya, entah itu ikan, sugar glider, hamster dan musang. Tapi yang seperti itu malah lebih mahal dari yang normal. Waah hebat ya?

Untuk menandai landak albino sangatlah mudah. Sesuai namanya “albino = putih”, jadi seluruh tubuhnya berwarna putih, mulai dari durinya, perutnya dan hidungnya. Kecuali bagian matanya berwarna merah. Emm bagus kan? Setiap albino memang menggemaskan. Harga landak mini albino (anakan) sekitar 150.000-300.000. Adapun indukan bisa mencapai  paling mahal 175.000-600.000.

Perhatian: Harga landak mini bisa berubah-ubah atau lebih mahal, semua tergantung pada kualitas landak tersebut. tetapi rata-rata harga landak mini mulai dari 400.000 hingga 1 juta.

Bagi yang memiliki gambar tapi belum kami tulis sumbernya, silahkan berkomentar di bawah. Karena kami mendapatkannya di grup dan kesulitan menemukan sumbernya.

Itulah daftar harga dan jenis landak mini terbaru dari mulai termahal sampai termurah di Indonesia. Semoga bermanfaat share jika bermanfaat, like juga facebooknya. Ok

Tags:

9 responses to “Harga dan Jenis Landak Mini Paling Bagus di Indonesia”

  1. Lia Avatar
    Lia

    Halo saya mau tanya. Kalau di Bali dimana ya bisa saya cari Landak? Kebetulan ansk saya suka banget ma Landak. Mohon infonya ya. Makasih.

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Iya mb, bisa beli di toko hewan terdekat kak. Kalau gak di pasar hewan. Jika tinggal d jakarta bisa di pasar Jatinegara

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Memang bener Ada min di pasar jatinegara…??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Mas ketika saya mau beli ikan di pasar ikan Jatinegara. saya liat ada yang jual sugar glider, landak dan musang. Sampean ke sana dulu saja, kalau tidak mau repot di kota besar pasti banyak yang jual di toko hewan

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    ada saya punya mau di jual..di daerah majalaya bandung

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kami bukan orang situ, tapi kalau mau dapat info cepat langsung gabung grup saja kak. Cari domisili masing masing

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    ada yang tau tempat beli landak di sby soalnya dah nyari tapi gk nemu kalo tau tolong reply ya! thx

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kami bukan orang situ, tapi kalau mau dapat info cepat langsung gabung grup saja kak. Cari domisili masing masing

  5. Unknown Avatar
    Unknown

    Saya ada kak albino

Leave a Comment