HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Makanan hamster- saat memelihara hamster yang paling utama dan pertama adalah pemberian asupan makanan dan minuman yang bergizi untuknya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan perawatan-perawatan lainnya seperti membersihkan kandang, menemani bermain dan masih banyak lagi.

Baca: cara merawat hamster yang baik dan benar

Sebab jika anda tidak memperhatikan dalam masa perawatan hamster, hamster anda akan mati akibat kecerobohan anda. Jangan seperti para penghobi pemula yang belum paham betul akan kebutuhan-kebutuhannya. Namun dia juga tidak ingin mengetahuinya atau mempelajarinya.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan sedikit berbagi pada kalian semua tentang salah satu perawatan hamster yang paling utama yaitu pemberian menu makanan untuk hamster yang pokok (wajib diberikan setiap hari). Kami juga akan membahas makanan tambahan dan makanan yang dilarang alias tidak boleh diberikan kepada hamster.

Karena tidak semua makanan cocok untuknya. Malah ada yang membuatnya jadi sakit dan bahkan meninggal. Apa makanan hamster yang sehat dan yang dilarang?

Daftar Makanan Hamster Lengkap


Semua jenis hamster, baik yang cambel, syirian dan roborovski adalah herbivora. Artinya mereka hanya memakan tumbuh-tumbuhan dan biji-bijian saja. Tapi bukan berarti semua tumbuhan dan biji cocok untuknya. Maka kami pun membagi menjadi tiga kategori. Ada yang pokok, cemilan atau tambahan dan terakhir yang dilarang.

Makanan Pokok Hamster


Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

1. Kuaci atau Biji Bunga Matahari

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Makanan hamster yang pertama adalah biji bunga matahari atau biasa disebut kuaci. Menurut pengalaman saya hamster sangat menyukai biji ini, namun anehnya saat saya membaca di beberapa situs ada yang melarang kuaci dijadikan sebagai makanan pokok dengan alasan dapat menimbulkan obesitas atau penyakit. Waw dari mana data tersebut?! Aneh sekali.

Hamster saya aja sering dikasih kuaci tapi dia sehat-sehat saja tuh, malah menghasilkan banyak anak. :D Hanya saja kalau bisa jangan kuaci terus setiap hari, namun dikombinasikan dengan makanan pokok lainnya. Biar si hammy tidak bosan dan sehat. Misalnya saat kita makan, pasti tidak mungkin kalau cuman nasi saja? Melainkan dikombinasikan dengan lauk, kerupuk, sambal, sop atau yang lainnya.

Kuaci bisa sobat beli di toko hewan terdekat. Atau mencari sendiri dan dijemur.

2. Jagung Kering

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Jagung juga bisa dijadikan makanan pokok, dengan cara diracik lalu dicampur dengan biji-bijian lainnya. Namun sepertinya dia kurang suka dengan jagung, walaupun begitu semua tetap tergantung pada hamster masing-masing. Silahkan lakukan eksperimen, apakah dia menyukainya atau tidak. Oh iya yang dimaksud jagung di sini adalah jagung kering, bisa yang manis atau yang biasa.

3. Kacang Hijau

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Jenis makanan hamster ketiga ialah kacang hijau. Pakan ini merupakan makanan favorit selain kuaci dan nutrisi yang ada di dalam biji ini sangat bagus untuk si hamster. Apalagi hamster yang sedang hamil. Bisa menguatkan tulang-tulang bayi kecilnya ketika sudah melahirkan dan sebagai zat pengatur dalam tubuhnya.

4. Kacang Kedelai

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Kacang kedelai memiliki kelebihan dari sisi proteinnya. Sehingga sangat cocok untuk pertumbuhannya dan untuk menjaga kestabilan tubuhnya. Dengar-dengar baik juga untuk gigi.

5. Kacang Tanah

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Kacang tanah sama seperti biji bunga matahari, yakni banyak mengandung lemak nabati. So kalau sudah ada kuaci, lebih baik jangan dikombinasikan dengan kacang tanah, tapi itu terserah Anda. Ini hanya pendapat pribadi.

6. Beras Merah dan Putih

Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Makanan hamster berikutnya adalah beras putih atau beras merah yang alami dan murah meriah. Hamster juga membutuhkan karbohidrat demi meningkatkan energinya sehingga lebih semangat beraktivitas. Ada juga yang mengatakan, beras bagus buat kecerdasan otaknya. Tapi yang jelas jangan dikasih dalam bentuk gabah. Langsung saja berasnya. :)

Selain di atas sebenarnya masih banyak lagi makanan pokok hamster. Yaitu ada canary seed, milet putih dan merah, jewawut, ketan dan wijen. Silahkan sobat pilih sesuka hati mana yang hendak kalian kombinasikan.

Makanan Tambahan untuk Hamster (camilan)


Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Makanan tambahan atau camilan artinya makanan hamster yang boleh diberikan satu sampai dua kali saja dalam seminggu/sepekan. Dan takarannya pun tidak terlalu banyak, cukup sedikit saja. Apa saja makanan selingan buat hamster?

  1. Wortel
  2. Popcron
  3. Apel (tidak dengan bijinya)
  4. Pisang
  5. Kentang rebus
  6. Madu
  7. Brokoli

Selain di atas, boleh juga ditambah sedikit makanan yang mengandung protein hewani, seperti jangkrik (jangan yang besar-besar) atau ulat hongkong.

Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Hamster


Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

Perhatian! Jangan sampai hamster kalian diberi daftar makanan di bawah ini. Sebab dapat menimbulkan penyakit bahkan kematian. Baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang, baik cepat maupun lambat:

  • Susu (laktosa)
  • Coklat
  • Biji apel
  • Biji sawi
  • Bawang putih/merah
  • Pelet (kecuali pelet khusus hamster dan beberapa merk pelet kelinci)
  • Cabe
  • Jeruk
  • Lemon
  • Makanan dan minuman berbumbu, instan dan berperisa.

Akhirnya usai sudah pembahasan jenis makanan untuk hamster dari mulai yang baik menyehatkan sampai yang dilarang. Silahkan dibagikan kepada sesama komunitas agar mereka juga tahu dan tidak salah dalam memeliharanya. Thanks You salam imut.

6 Komentar Makanan Untuk Hamster yang Pokok dan Dilarang

  1. membantu banget soalnya hammy punya ku gak mau makan pas q ksh kuaci trs ternyata dia bisa diksh beras putih ya malah pas dicoba hammy nya doyan bgt deh seneng jdinya dia mau mkn lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak makasih, mimin jadi ikut senang Hammy nya mau makan lagi.. :) Dirawat yang baik ya kak..

      Delete
  2. bagaimanakah tanda2 hammy kena penyakit terutama pneumonia?
    apakah penyakit pneumonia itu menular baik ke hammy lain or mgkin ke manusia?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah kaka pernah memandikan hamster dengan merendam?

      Hindari memandikan atau merendam hamster dengan air, sebab hamster berasal dari daerah kering padang gurun dan tidak mengenal air.

      Apabila kaka melakukannya bisa membuat hamster terkena pneumonia. Pneumonia adalah peradangan jaringan di salah satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Pada saat penderita pneumonia, sekumpulan kantong- kantong udara yang kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan bengkak dan penuh cairan.

      Penyakit ini tidak menular baik ke kawan atau manusia.

      Delete
  3. Apakah boleh hammy di lap dengan tisue basah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget, cari yang non alkohol

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top