HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Perbedaan kelinci hias dan pedaging- Sebelum kita membeli kelinci terlebih dahulu menentukan jenis apa yang akan dipelihara. Apakah kelinci pedaging atau hias. Tentunya kedua jenis tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, misalnya jika kita memelihara kelinci hanya sebagai hobi maka kita pun harus membeli jenis kelinci hias. Namun sebaliknya apabila tujuan kita memelihara kelinci untuk hobi dan sekaligus dikonsumsi maka yang cocok dibeli ialah kelinci pedaging.

Baca: panduan lengkap cara memelihara kelinci untuk pemula

Bukan hanya itu saja, tapi saat seseorang hendak beternak kelinci, dia pun wajib memilih indukan yang akan diternakkan. Apakah ia akan beternak kelinci hias atau kelinci pedaging. Dan tentunya keuntungan dari masing-masingnya berbeda. Bisa jadi budidaya kelinci pedaging lebih prospek dibandingkan hias, atau sebaliknya.

Baca juga: cara ternak kelinci yang baik dan benar

Lalu apa sih pengertian dan perbedaan antara kelinci pedaging dan kelinci hias?

Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging


Sebenarnya penamaan jenis ini hanya ada di Indonesia. Jadi di luar negeri sendiri tidak ada istilah pedaging atau hias, tapi yang ada hanya anggora, netherland dwarf, rex, loop dan lain-lain.

Lalu apa dasar pemberian nama ini? Dasarnya yaitu agar lebih mudah dikelompokkan, orang-orang menyebutnya supaya mudah memilih mana yang biasa dimakan dan mana yang cocok untuk dijadikan binatang peliharaan semata. Jadi pengertian kelinci pedaging adalah, kelinci yang bisa dikonsumsi dan diolah menjadi makanan yang enak. Namun bisa juga kalau mau dipelihara.

Sedangkan kelinci hias adalah, jenis kelinci yang tidak cocok dimakan sebab terlalu imut dan lucu serta sedikit dagingnya. Setidaknya ada beberapa perbedaan antara keduanya:

1. Perbedaan Fisiknya


Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging
gambar kelinci hias

Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging
gambar kelinci pedaging

Ya, masyarakat memberikan kategori kelinci pedaging dan hias berdasarkan fisik dan karakternya. Jika kelinci pedaging memiliki ukuran yang besar dan dagingnya yang padat, sedangkan kelinci hias tubuhnya mungil kecil namun bulunya halus dan lebat.

2. Pertumbuhan Kelinci Hias dan Daging Berbeda


Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Cara mengetahui perbedaan kelinci pedaging dan hias berikutnya yaitu dari segi perkembangannya. Jenis pedaging relatif lebih cepat besar dan gemuk daripada pertumbuhan kelinci hias.

3. Kecantikan Wajahnya


Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Tidak diragukan lagi jika kelinci hias lebih cantik dibandingkan kelinci pedaging, tapi semua kembali pada tujuan kita masing-masing. Bila kita suka daging sate kelinci maka sangat tidak menarik jika membeli kelinci hias, sebab selain tubuhnya kecil dia juga sayang kalau dibunuh. Ha ha

Jenis kelinci hias meliputi:

  1. Anggora
  2. Rex
  3. American chinchilla
  4. Dutc
  5. Netherland Dwarf
  6. Holland Lop
  7. Dll. Baca: 18 Jenis Kelinci Hias Paling Bagus di Indonesia

Jenis kelinci pedaging meliputi:

  1. Flemish Giant
  2. Himalayan
  3. New Zealand
  4. Californian
  5. Havana
  6. Belgian

Baiklah itu saja sob informasi terkait pengertian dan perbedaan kelinci hias dan kelinci pedaging. Silahkan tentukan pilihan Anda, mana yang terbaik untuk dipelihara sesuai kebutuhan. Sebarkan dan bagikan yah :)

0 Komentar Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top