Ciri ciri khusus burung hantu– Berbicara mengenai burung hantu memang tidak ada habisnya. Banyak sekali mitos mengerikan beredar di masyarakat. Ada yang menganggap kehadiran burung hantu sebagai pertanda kematian seseorang. Atau ada pula yang menganggap burung hantu adalah jelmaan dari setan.

Namun itu semua tidaklah benar dan hanya mitos belaka. Meskipun burung hantu memiliki sifat seram dan menakutkan, tapi dia tetaplah burung pada umumnya.

Oleh sebab itu bagi sobat yang belum pernah melihat burung hantu sebaiknya mengetahui dulu ciri cirinya. Dan kebetulan di sini kami akan membahas ciri ciri burung hantu. Apa saja ciri-ciri burung hantu?

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu

Sebelum kami menerangkan ciri-ciri dan sifat khusus burung hantu, terlebih dahulu kami ingin mengutip sedikit tentang apa itu burung hantu.

Burung hantu adalah binatang nokturnal yang aktif di malam hari. Semakin berjalannya zaman, burung hantu semakin dikenal dan memiliki banyak penggemar. Bahkan hari ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang memelihara burung hantu.

Dia sendiri memiliki 222 spesies yang tersebar di seluruh dunia, akan tetapi tidak semua spesies tersebut ada di Indonesia, hanya beberapa jenis saja yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia.

Baca: Harga dan Jenis Burung Hantu Paling Populer di Indonesia

Baiklah berikut ini ciri ciri burung hantu secara umum untuk semua jenis:

1. Bentuk Muka

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu

Bentuk wajah burung hantu berbeda dengan burung biasa. Ia cenderung seperti muka manusia dengan kedua belah matanya menghadap ke depan sehingga tampak menyeramkan. Untuk jenis burung hantu celepuk atau barn owl umumnya memiliki muka mirip seperti love. Tapi rata-rata semua jenis burung hantu memiliki muka layaknya topeng.

2. Bentuk Paruh

Ciri-ciri kedua adalah dilihat dari bentuk paruhnya. Burung hantu berparuh bengkok ke bawah dan tajam serta mempunyai bulu jambul yang lembut.

3. Penglihatan Burung Hantu

Burung hantu memiliki penglihatan yang tajam karena memang digunakan untuk berburu tikus atau burung kecil. Meski di tempat yang gelap dia tetap dapat bisa melihat dengan baik. Selain itu, burung hantu juga bisa membuat kepalanya muter hingg 135°. Dan sebaliknya burung hantu malah mengalami rabun dekat. Sehingga tidak bisa melihat dengan jelas sesuatu yang ada didepannya.

4. Kembang Biak Burung Hantu

Burung hantu berkembang biak dengan cara bertelur layaknya burung yang lain. Telurnya berwarna putih dan bercangkang keras. Adapun yang mengerami telur tersebut adalah burung hantu betina.

5. Bentuk Telinga

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu

Telinga burung hantu berbentuk asimetris. Karena letaknya jauh dari kepala. Namun telinga mereka mampu mendengar suara pada jarak lokasi yang cukup jauh.

6. Mata Burung Hantu

Salah satu sebab mengapa burung hantu menakutkan adalah karena matanya besar bulat dan menonjol. Mata mereka mampu melihat dengan sangat fokus terhadap mangsanya serta meningkatkan persepsi kedalaman mereka. Ditambah lagi ketika malam hari biasanya bercahaya.

7. Sifat Burung Hantu

Jika ke 6 poin di atas merupakan ciri-ciri burung hantu dari segi fisik maka kali ini dari segi karakter atau sifatnya. Burung adalah binatang yang rakus bahkan saking takutnya dia dapat memakan sesama jenis burung hantu. Tapi yang kecil.

Ketika terbang burung hantu tidak bersuara sehingga dengan tiba tiba dia menerkam mangsanya. Hal itu disebabkan karena adanya bulu lembut yang ada di tubuhnya yang berfungsi merendam suara. Burung hantu mampu mensuplai darah ke otak ketika lehernya berputar secara ektrim sehingga sirkulasi darah ke otak terhambat.

Burung hantu terkecil adalah jenis elf owl yang berukuran 5-6 inc. Beratnya 1,5 ons. Sedangkan yang terbesar adalah jenis great gray owl yang berukuran 32 inc.

Nah itulah ciri ciri khusus burung hantu lengkap dan jelas. Semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat buat teman-teman yang ingin mengetahui lebih dalam tentang burung hantu.

One response to “Ciri Ciri Khusus Burung Hantu Berdasarkan Fisik dan Sifat”

  1. Cecilia Avatar
    Cecilia

    When Vancouver and Toronto real estate property prices dramatically inflated other parts in the country remained quite affordable. mortgage payment calculator Insurance, taxes, maintenance, and also other factors has to be considered when looking in the budget to know what kind of house payment can be afforded. mortgage payment calculator canada

Leave a Comment