Makanan Burung Hantu Lengkap Untuk Semua Jenis

Makanan burung hantu- Ketika memelihara burung hantu, kalian harus merawatnya dengan baik dan penuh perhatian. Baik dari segi pemberian makanan atau perhatian terhadap perawatan yang lainnya.

Burung hantu sendiri tergolong binatang peliharaan yang nokturnal dan karnivora. Artinya dia pemakan daging dan hanya aktif ketika malam hari sehingga mencari mangsanya juga di malam hari. Namun, meski begitu kalian tidak boleh sembarangan memberi pakan burung hantu berupa daging-dagingan.

Sebab tidak semua jenis daging ia sukai dan justru ada yang membahayakannya. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan mengulas panjang lebar mengenai makanan burung hantu yang anakan ataupun dewasa.

Makanan burung hantu berdasarkan jenisnya


Makanan Burung Hantu Lengkap Untuk Semua Jenis

Di sini kami menulis makanan untuk burung hantu berdasarkan jenis-jenisnya. Karena jenis burung hantu sendiri ada bermacam-macam dan setiap jenisnya terdapat sedikit perbedaan dari sisi makanannya.

Baca: Harga dan Jenis Burung Hantu Paling Populer di Indonesia

Baiklah apa saja makanan burung hantu?

1. Makanan Burung Hantu Celepuk


Makanan Burung Hantu celepuk

Jenis pertama adalah untuk burung hantu celepuk. Bentuk celepuk sangat mini dibandingkan jenis lainnya. Ketika Di alam liar biasanya dia memakan jangkrik atau anakan tikus. Sehingga apabila sobat ingin memeliharanya, sediakan pakan di bawah ini:

  • Serangga seperti jangkrik, ulat hongkong atau yang lainnya.
  • Anakan tikus.

Namun jika sobat merasa jijik pada tikus kecil, kalian bisa membeli mencit (tikus putih)  ke penjual.

2. Makanan Burung Hantu Barn Owl/Serak Jawa


Makanan Burung Hantu barn owl

Burung barn owl memiliki nama latin tyto Alba dan kalau di Indonesia disebut serat Jawa. Umumnya makanan burung hantu tyto Alba beruba anak ayam, burung kecil dan daging daging segar lainnya.

Burung hantu jenis Barn Owl tidak disarankan untuk dipelihara oleh pemula. Walaupun bentuk tubuhnya indah, namun ia rentan mati sehingga membutuhkan pemilik yang sudah berpengalaman.

3. Pakan Burung Hantu Barred Eagle Owl


Makanan Burung Hantu

Jenis ketiga adalah makanan burung hantu Eagle Owl atau bisa disebut Bubo sumatranus. Berdasarkan harga, Barred eagle owl ini paling mahal dan susah dipilihara. Sehingga harus benar benar telaten dan lebih perhatian lagi terhadap pemberian pakan. Daging yang dimakan harus benar-benar segar dan bersih. Misalnya, burung emprit, anak ayam dan tikus putih (mancit)

4. Makanan Untuk Burung Hantu Buffy Fish Owl


Makanan Burung Hantu Buffy Fish

Burung hantu Buffy Fish Owl juga tergolong mahal dan susah dipelihara. Hal itu disebabkan karena keberadaannya sangat langka. Adapun untuk pakan Buffy Fish Owl bisa berupa:

  • Ikan-ikanan  seperti ikan patin atau ikan lele.
  • Burung emprit atau burung anakan.
  • Anak ayam
  • Dan tikus putih.

Hampir mirip dengan jenis burung hantu Eagle Owl.

5. Makanan Burung Hantu Brown Hawk Owl


Tingkat kesulitan memelihara burung hantu satu ini kira kira berada di tengah tengah alias tidak terlalu sulit. Tapi dalam pemberian makanan kalian harus serius memperhatikan waktunya dan jenis makanannya. Seperti harus tepat waktu, tidak gonti ganti jenis pakan, tempat yang tenang dan nyaman serta suhu udara yang bagus.

Makanan burung hantu brown hawk owl adalah burung emprit, tikus putih, jangkrik dan anak ayam.

6. Makanan Javan Owlet


Makanan burung hantu Javan Owl

Makanan utama burung hantu jenis javan owlet adalah jangkrik dan burung kecil. Ingat sob javan owlet sangat mudah stres sehingga beresiko kematian. Oleh karenanya disarankan supaya meletakkan burung tersebut pada kandang yang nyaman serta bersuhu ruangan.

7. Makanan Burung Hantu Oriental Bay Owl


Pakan burung hantu bay owl hampir sama dengan pakan burung hantu jenis javan owlet. Kami sarankan untuk memberi pakan yang masih hidup seperti anak tikus yang sedikit dilukai lalu letakkan dalam sebuah dus bersama dengan burungnya agar si burung mengejar sendiri sesuai instingnya sekaligus untuk melatih agar insting berburunya lebih tajam.

Selain tikus anda juga boleh memberinya jangkrik dalam waktu seminggu sekali dan bisa juga diberi pakan berupa burung emprit sob.

8. Makanan Bagi Burung Hantu Salju atau Snowy Owl


Makanan Burung Hantu Snowy Owl

Snowy Owl merupakan salah satu burung hantu yang penampilannya menawan dan elegan. Hampir seluruh tubuhnya berwarna putih salju hanya saja untuk betina biasanya terdapat corak-corak hitam vertikal. Makanannya seperti pada umumnya yaitu daging anak burung, ikan dan tikus kecil.

9. Makanan Spotted Wood Owl


Poin terakhir adalah makanan wood owl. Yang pasti jenis burung ini hampir mirip dengan burung hantu jenis buffy fish owl dari segi makanan dan tingkat kesulitan dalam memeliharanya. Pakan burung tersebut berupa anak ayam, tikus putih dan burung emprit.

Perlu sobat ketahui memelihara burung hantu membutuhkan ketelatenan serta ketekunan yang super. Terutama pada burung hantu yang sulit dipelihara. Baiklah itu saja semoga informasi makanan burung hantu ini bermanfaat untuk anda. Sekian terimakasih

0 Komentar Makanan Burung Hantu Lengkap Untuk Semua Jenis

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top