Cara Menjinakan Kelinci yang Baik dan Tepat

Cara menjinakkan kelinci- Di era digital saat ini ternyata masih banyak yang menggemari binatang kelinci untuk dijadikan peliharaan di rumah. Hal itu tak lepas karena kelinci memiliki bentuk fisik yang lucu dan lembut. Selain itu karakternya juga pendamai. Dia tidak suka menggigit ownernya layaknya binatang peliharaan anjing, musang atau ular.

Meski demikian ternyata ada berapa kelinci yang memiliki karakter galak alias tidak jinak pada pemiliknya. Biasanya kelinci tersebut berjenis anggora atau kelinci liar. Namun tidak memungkinkan jenis-jenis lainnya juga bisa galak. Misalnya jenis fuzzy lop, rek dan lain-lain sebagainya.

Baca: 18+ Jenis Kelinci Hias Paling Bagus di Indonesia

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com punya tips bagaimana cara melatih kelinci agar jinak dan nurut. Tutorial yang akan ditulis di bawah ini bukan sekedar tutorial. Akan tapi sudah banyak dibuktikan oleh para pecinta kelinci yang dulunya memiliki kelinci galak.

Baiklah silahkan simak langkah-langkah dibawah ini tentang cara menjinakkan kelinci liar, kelinci anggora atau jenis kelinci lainnya yang bersifat tidak nurut saat mau dipegang dan diambil.

Cara Menjinakan Kelinci dan Melatih Kelinci Agar Jinak


Cara Menjinakan Kelinci

Banyak anggapan kalau kelinci bukan binatang yang pintar seperti anjing atau kucing. Yang mana keduanya mudah dijinakkan. Namun pada kenyataannya kelinci juga bisa dilatih dan dijinakkan dengan mudah oleh pemiliknya. Jadi jangan putus asa untuk mencoba.

Di samping itu kalian perlu tahu bahwa setiap kelinci memiliki alasan masing masing kenapa dia jadi galak, suka mencakar dan menggigit saat mau dipegang. Sebab tidak semua kelinci memiliki sifat galak sejak lahir. Ada pula yang galak karena birahi (ingin kawin), galak karena belum kenal pemilik barunya, galak karena mau melahirkan sehingga sensitif atau ada pula yang galak karena tanpa alasan yang pasti.

Seperti yang ditanyakan oleh salah satu komunitas pencinta kelinci di grup,

"Maaf master master, mau tanya. Kelinci saya galak. Gimana cara buat kelinci jinak? Ini kelinci ku galak banget,suka gigit, nyakar,dan suka nerkam. Padahal waktu kecil baik banget"

Nah kalau galaknya karena birahi atau mau melahirkan, sebaiknya kalian tidak perlu khawatir. Nanti juga akan kembali jinak. Tapi kalau galaknya karena baru kenal, bawaan dari lahir atau galak tanpa sebab. Kalian harus menjinakannya dengan cara cara di bawah ini:

1. Kelincinya Sering Dipegang


Salah satu penyebab kelinci anda galak adalah karena kurangnya pendekatan dari pemiliknya. Oleh sebab itu sobat harus membiasakan diri untuk memegangnya secara rutin. Semakin sering anda memegang maka kelinci anda akan semakin kenal dengan bau tangan Anda.

Kalau seandainya kalian takut digigit, silahkan memakai sarung tangan terlebih dahulu. Jika sudah agak jinak sebaiknya dibuka sarung tangannya.

Baca juga: Cara Melatih Kelinci Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

2. Sering Membelai Kelinci yang Galak


Cara Menjinakan Kelinci

Fungsi poin kedua ini sama seperti poin pertama. Yaitu untuk melakukan pendekatan antara kelinci dan pemiliknya. Bedanya cara ini lebih ke penjiwaan. Membelai bulunya dari ujung kepala hingga ekor. Dengan begitu otomatis kelinci anda akan paham seberapa besar perhatian dan kasih sayang Anda padanya.

3. Memberi Makan Kelinci Galak dengan Tangan


Istilah lain memberi makan kelinci dengan tangan adalah handfeed. Dan sebenarnya tips ini sudah sangat umum dilakukan oleh pencinta binatang peliharaan di Indonesia maupun di luar negri. Karena cara ini sering dipakai untuk menjinakkan musang, sugar glider atau hewan hewan peliharaan lainnya.

Metode handfeed ini terbilang sangat ampuh untuk menjinakkan hewan termasuk kelinci, sebab dengan memberikan makanan memakai tangan si kelinci akan paham bahwa kita lah yang selama ini sudah merawat dan memberinya makan.

Baca: Daftar Makanan Kelinci

4. Memberikan Kebebasan Sebentar


Jangan selalu mengekang kelinci anda di dalam kandang. Ada saatnya kalian harus melepasnya di luar kandang dengan bebas, sebab bisa jadi kelinci anda galak karena stress akibat bosan hidup di dalam kandang. Akan tetapi perlu ada pengawasan supaya tidak kabur jauh, yang itu justru bisa membahayakan kelinci anda.

5. Merawat Dengan Penuh Kasih Sayang


Cara Menjinakan Kelinci

Inilah cara terakhir bagaimana menjinakkan kelinci anggora atau kelinci liar. Kalian harus merawatnya dengan penuh kasih sayang, tidak setengah-setengah. Artinya, kalian harus konsisten merawat kelinci meskipun kalian sedang sibuk di dunia nyata.

Karena biasanya orang orang hanya semangat merawat kelinci di awal awal saja. Selanjutnya dia bosan, ditambah lagi kalau ada kesibukan di luar. Mungkin kelincinya akan dirawat seenaknya. Misalnya jarang dimandikan, kandangnya jarang dibersihkan, jarang diberi makanan yang bergizi dan lain lain.

Orang orang seperti ini kami sebut sebagai penghobi musiman. Dia hanya mengikuti trend atau hanya ikut ikutan temannya yang memelihara kelinci tanpa didasari rasa cinta. Di samping itu kalian juga harus tahu bagaimana cara merawat kelinci yang baik.

Ok itu saja tutorial cara melatih kelinci agar jiank. Poin poin di atas sudah banyak dipraktikkan hobiis dalam menjinakkan kelinci yang galak. Silahkan anda coba juga di rumah. Yang utama adalah kesabaran. Bisa jadi cara di atas akan memakan waktu lama. Semua tergantung pada karakter kelinci Anda sendiri.

0 Komentar Cara Menjinakan Kelinci yang Baik dan Tepat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top