Agar Sugar Glider Tidak Kencing atau Buang Kotoran di Tangan Saat Dipegang

Sering melihat seorang pemula yang bertanya, "Mengapa sugar glider kencing sembarangan di tangan atau di kasur?" Lalu dijawab dengan tegas oleh satu member grup, "Kalau tidak mau dikencingi jangan memelihara sugar glider!"

Ada pula yang menjawab, "Namanya juga hewan mas. Dia punya perut. Kapan dia kebelet, kotoran akan keluar.!"

Jawaban yang agak kasar tapi tidak sepenuhnya salah. Hanya saja bahasanya perlu diperbaiki lagi. Karena memang salah satu resiko memelihara sugar glider adalah harus terima dikencingi atau di pup sembarangan. Bahkan saya dulu pernah di pup di muka.

Baca: 7 Resiko Memelihara Sugar Glider No 6 Paling Berat

Kejadian ini sangat normal karena pada dasarnya sugar glider menandai daerah kekuasaannya dengan cara dikencingi atau dikotori oleh pup nya. Sifatnya sama seperti ayam, dia akan buang air besar di mana pun ia berada.

Yang sering terjadi itu saat dipegang tiba-tiba pipis dan Pup di tangan kita. Kalian memang tidak bisa menghindari ini sepenuhnya. Namun kita masih bisa berusaha untuk mengurangi resiko resiko tersebut. Walaupun memang tidak menjamin sepenuhnya efektif. Namanya juga hewan kalau kebelet pasti akan membuangnya.

Cara Mengatasi Sugar Glider Kencing dan Pup di Tangan Saat Dipegang


Agar Sugar Glider Tidak Kencing atau Buang Kotoran di Tangan Saat Dipegang

Caranya cukup mudah. Ketika kamu mengambil sugar glider yang sedang di pouch/tempat tidur. Jangan langsung diambil dan diletakkan pada tangan kamu.

Tetapi didiamkan dulu di atas lantai sambil mengusap pelan-pelan bulunya dari atas ke bawah dan memperhatikan apakah cairan kuning dari air pipis sudah keluar atau belum.

Jika belum keluar bisa diolesi dengan tisu basah atau dengan air hangat pada bagian pantatnya. Hingga kotoran dan pipisnya keluar. Cara tersebut cukup efektif dan sudah saya lakukan di rumah.

Selain itu mengetahui ciri-ciri sugar glider yang ingin buang air besar atau kencing juga penting. Umumnya sugar glider yang ingin buang kotoran dia terlihat diam. Bila mendapati seperti itu sebaiknya diletakkan dahulu di atas lantai.

Namun cara-cara diatas tidak menjamin kalian terhindar dari kencing dan kotoran sugar glider.  Berikut kami sertakan jawaban teman-teman di grup terkait masalah ini:

Kenapa sugar glider sering kencing kalau dipegang?

Jawaban dari Rizkiah Darmawiasih, "Sugar glider itu menandai wilayah teritorialnya dengan pipis. Nah bisa jadi dia menandai owner nya dengan itu. Tapi kalau udah dibiasain setelah diambil dari kandang terus diletakkan dulu di luar kandang sampai pipis. Mungkin gak pipis lagi di tanganmu. Nah selanjutnya kamu perhatikan biasanya dia pipis berapa kali".

"Kalau saya di kencingin nggak masalah. Namanya juga hewan, mau kencing berapa kali wajarlah. Dan bisa jadi itu untuk berkenalan kepada pemilik baru. Makanya dikencingin" Jawaban Alfian Facebook.

Jawaban Renaldo Aldo, "Sugar Glider itu hewan yang bersih. Dia tidak mau kencing dan Pup di tempat tidurnya. Makanya saat dikeluarin biasanya dia langsung kencing di tangan atau dikasur. Jangan khawatir, kalian perhatikan saja kebiasaan kapan dia kencing"

"Itu juga faktor minuman. Kalau sering kencing jangan diberi susu gan. Minumnya nggak usah dikasih macam-macam. Dikasih air putih saja sudah cukup kalau mau ditambah madu sedikit gak papa. Susu itu mengandung banyak laktosa tidak bagus untuk sugar glider dan menyebabkan mencret." Jawaban dari Muhammad Sobriansah

Itulah cara terbaik dari admin dan dari teman teman mengenai sugar glider kencing pipis dan pup sembarangan di tangan, di badan atau di kasur. Semoga membantu rekan rekan di sini. Salam

0 Komentar Agar Sugar Glider Tidak Kencing atau Buang Kotoran di Tangan Saat Dipegang

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top