HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Burung Merak Hijau yang Cantik dan Memesona Beserta Videonya

Burung merak- Siapa yang tidak kenal burung merak? Burung yang kerap dipanggil Peacock/Peafowl ini merupakan klasifikasi genus Pavo serta Afropavo tergolong keluarga ayam hutan atau Phasianidae. Pada merak betina umumnya disebut peahens.

Burung Merak Hijau yang Cantik dan Memesona Beserta Videonya

Ciri ciri burung merak bisa membuat anda kagum bak seorang putra raja yang tampan. Bagian bulunya mempunyai warna yang cerah ditambah motif indah yang menghiasi setiap bulunya. Ekor dari burung merak sangat panjang. Saat mengembangkan ekornya akan terlihat hiasan dengan pola mata yang memesona.

Baca juga: Duh Lucunya! Kucing Kucing Ini Sangat Akrab Dengan Iguana

Merak Hijau yang Sangat Cantik


Salah satu jenis merak yang ada di dunia termasuk Indonesia adalah merak hijau. Merak hijau adalah salah satu dari ketiga spesies burung merak. Yaitu merak biru, merak hijau dan merak kongo. Sesuai namanya, merak hijau memiliki bulu cerah cantik berwarna hijau keemasan.

Yang jantan dan sudah dewasa bisa mencapai ukuran hingga 3 meter dari tubuhnya. Sedangkan betina lebih kecil. Tapi kalau ekor jantan ngembang bisa sampai menaungi seluruh tubuhnya. Seperti pada video merak hijau di bawah ini (Jika videonya tidak muncul, ganti browser anda dengan chrome. Sebab UC atau Opera kadang tidak memunculkan video):

Seperti pada video dan gambar di atas, nampaknya di atas bagian kepala terdapat hiasan jambul yang tegak. Memang di mana sih habitat merak hijau?

Habitat Merak Hijau


Habitat merak hijau berada di hutan yang terbuka. Seperti di padang rumput Republik Rakyat Tiongkok, Indocina serta juga wilayah Jawa, di Indonesia. Saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan jenis merak hijau. Hampir di semua kebun binatang ada merak.

Makanan Burung Merak Hijau


Burung merak hijau merupakan jenis hewan omnivora. Dia bisa memakan apa saja termasuk aneka biji-bijian, pucuk tanaman rumput dan juga dedaunan. Bahkan merak hijau juga bisa memakan jenis jenis serangga dan beberapa jenis hewan kecil, semisal laba-laba dan cacing.

Hingga detik ini perburuan liar terhadap merak hijau masih menjadi ancaman. Layaknya orang memburu burung ini untuk diambil dagingnya serta bulunya yang bagus dan cantik. Lalu telurnya juga mereka buru. Tentu saja hal ini bisa mengurangi populasi dari merak hijau.

Bayangkan saja di tahun ini jumlah merak hijau diperkirakan cuma 10.000 sampai dengan 20.000 individu yang masih berada di alam liar. Makanya yuk lestarikan merak hijau di Indonesia.

0 Komentar Burung Merak Hijau yang Cantik dan Memesona Beserta Videonya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top