HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

10 Jenis Ayam Bangkok Terbaik dan Bagus untuk Dipelihara

Jenis ayam bangkok dan gambarnya- Ayam bangkok dikenal sebagai ayam aduan atau ayam petarung yang handal. Memiliki bentuk tubuh elegan, garang dan tinggi. Ditambah lagi sorotan matanya yang tajam membuat lawannya ketakutan. Meskipun demikian ternyata tidak semua masyarakat menjadikan ayam bangkok sebagai ayam aduan.

Sebagian mereka memelihara ayam bangkok hanya untuk hobi. Termasuk saya sendiri. Di rumah, kami memiliki ayam bangkok tapi bukan untuk diadu melainkan hanya sekedar hobi semata. Entah dari dulu saya memang tidak gemar mengadu ayam jenis apapun. Apalagi sampai main judi hehe.

Well, terlepas dari itu semua di sini hobinatang.com akan membagikan informasi terkait jenis jenis ayam bangkok yang paling bagus dan biasa dipakai buat adu ayam. Artikel ini cukup dijadikan pengetahuan buat kalian saja.

Jenis Ayam Bangkok


Macam macam ayam bangkok yang ada di sini sudah dilengkapi gambarnya. Sehingga memudahkan teman teman dalam mengambil referensi sebelum memelihara ayam bangkok di rumah. Untuk perawatan anak ayam bangkok sendiri pernah kami bahas di sini: Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar dan Juara

1. Jenis Ayam Bangkok Wangkas Terbaik


Jenis Ayam Bangkok Wangkas Terbaik

Jenis Ayam Bangkok Wangkas Terbaik

Di posisi pertama ditempati oleh jenis ayam bangkok wangkas. Keberadaannya sangatlah terkenal. Di Indonesia sendiri ayam jenis wangkas banyak digunakan di saat laga sabung ayam. Kehebatan dan gaya bertarungnya tidak diragukan lagi, sebab jenis ini merupakan trah (keturunan) juara. Makanya orang orang sering menjadikan ayam wangkas sebagai indukan agar memiliki keturunan yang baik untuk laga.

Ada dua varian warna untuk ayam bangkok wangkas. Pertama adalah wangkas emas (lihat gambar pertama) dan kedua wangkas geni (lihat gambar kedua). Wangkas emas didominasi oleh warna kuning emas. Sedangkan wangkas geni didominasi oleh warna merah menyerupai geni (Geni adalah bahasa Jawa yang artinya api).

Keduanya sama sama unggul dan juga bagus apabila dipelihara di rumah walaupun sekadar hobi.

2. Ayam Bangkok Wiring


Jenis Ayam Bangkok Wiring

Jenis wiring menepati posisi kedua dari jenis ayam bangkok. Memiliki banyak penggemar di hati masyarakat. Bukan karena kegigihannya dalam bertarung, namun juga karena memiliki warna dan bentuk tubuh yang menawan. Bahkan dikatakan dalam sejarah kalau ayam bangkok wiring kuning biasa dijadikan sebagai ayam persembahan bagi para raja di negara asalnya yaitu, Thailand.

Ciri-ciri bangkok wiring adalah memiliki corak dasar hitam. Pada bulu rawis leher dan bulu ekor biasanya berwarna kemerahan. Tapi di Indonesia sendiri ada dua jenis wiring yang banyak dipelihara masyarakat, yaitu wiring kuning dan wiring galih. Perbedaan kedua jenis ini terdapat pada warna bulu rawisnya. Jika bulu rawis lebih dominan kecoklatan atau merah tua maka disebut wiring galih. Namun jika bulu rawisnya dominan kuning, maka dinamakan ayam bangkok wiring kuning.

Dari segi sifat ayam bangkok wiring memiliki keakuratan dalam menyerang lawannya. Di sisi lain dia juga mempunyai pukulan keras dan menawan. Makanya kalau kalian memelihara ayam ini karena hobi sebaiknya dijauhkan dari ayam cemani (ayam kampung). Bisa-bisa diserang habis-habisan. hehe

3. Jenis Ayam Bangkok Pakhoy


Jenis Ayam Bangkok Pakhoy

Jenis ketiga ini juga cukup populer di masyarakat. Pertama kali dihasilkan oleh peternak di negara Thailand atau tepatnya di kota Bangkok. Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, ayam bangkok pakhoy memiliki warna dasar hitam dengan bulu rawis leher berwarna merah kecoklatan.

Dari sisi petarungan, ayam pakhoy dikenal sebagai ayam aduan yang bisa mengimbangi kecepatan ayam burma (ayam asal negara Myanmar). Sehingga tidaklah heran kalau gaya bertarungnya banyak dicari oleh para penggemar ayam aduan.

4. Ayam Bangkok Jali


Jenis Ayam Bangkok Jali

Meski jarang diminati oleh penggemar sabung, tapi jenis ayam bangkok jali mempunyai warna yang lebih varian sehingga kadang ia disebut ayam blirik. Ciri-ciri warnanya yaitu bintik-bintik kuning, merah, putih dan hitam dengan tersusun rapih. Pokoknya sangat bagus kalau dipelihara di rumah.

Adakah keunggulan ayam ini dari segi bertarung? Dikatakan banyak orang kalau ayam ini juga lincah dan agresif suka menyerang. Akan tetapi kelincahan tersebutlah yang membuat ayam ini cepat kelelahan atau kehabisan nafas. Inilah kelemahan utama dari ayam blirik jali.

5. Ayam Bangkok Blorok


Jenis Ayam Bangkok Blorok

Sekilas ayam bangkok blorok mirip dengan ayam jali. Padahal keduanya berbeda jauh. Untuk membedakan keduanya tidaklah sulit. Lihat saja susunan corak warnanya. Susunan bintik-bintik jali lebih rapih dibandingkan blorok. Dari dominasi warna juga berbeda. Umumnya ayam bangkok blorok didominasi oleh warna putih, sedangkan jali dominan warna kuning.

Yang paling banyak dicari dari jenis jenis blorok adalah blorok madu. Jika blorok biasa hanya mempunyai warna dasar putih dengan dua kombinasi warna hitam dan merah, maka untuk blorok madu lebih istimewa. Dia mempunyai corak dasar putih dengan dikombinasikan hitam, merah dan hijau.

Atas dasar itulah banyak masyarakat yang ingin memelihara blorok madu. Selain warnanya, blorok madu juga mempunyai banyak kelebihan dalam berduel. Yaitu memiliki kecerdasan bertarung, daya tahan kuat dan mampu mengidentifikasi kelemahan lawannya. Kekurangannya ada pada pernafasan dan stamina, mungkin karena sangat agresif sehingga cepat lemas. Kalau sudah lemas serangannya kurang akurat dan kurang bertenaga.

6. Ayam Bangkok Klawu


Jenis Ayam Bangkok Klawu

Nama ayam bangkok klawu diambil dari bahasa Jawa yang artinya ayam bangkok abu-abu. Sesuai namanya, ayam ini didasari oleh warna abu-abu ditambah beberapa kombinasi warna seperti merah, hitam atau kuning gading. Umumnya warna campuran tersebut terdapat di bagian rawis (bulu leher).

Setiap kombinasi juga memiliki nama panggilan yang berbeda. Misalnya bangkok abu-abu bercorak merah maka disebut kwalu geni. Kalau abu-abu bercorak hitam biasa disebut kwalu kethek. Tapi kalau warna abu-abu dikombinasi warna kuning biasanya dipanggil kwalu gadhing dan lain sebagainya.

Sebagian orang kurang tertarik dengan jenis ayam ini. Disebabkan karena warnanya yang terlalu kalem dan kurang menarik. Walaupun begitu bangkok kwalu juga memiliki kelebihan dari sisi aduan. Yaitu pukulan yang lumayan keras, ideal dalam menyerang dan bisa mengatur ritme menyerang.

7. Ayam Bangkok Putih


Jenis Ayam Bangkok Putih

Buat para penghobi bangkok, nampaknya ayam ini sangat cocok dipelihara. Sebab warnanya yang cantik dan mempesona. Jika biasanya ayam memiliki warna yang bervarian, maka untuk jenis bangkok putih hanya terdapat satu warna putih saja. Baik warna dasar maupun warna rawisnya.

Gaya bertarungnya juga tidak kalah dengan jenis jenis yang sudah mimin sebutkan di atas. Bangkok putih dikenal mempunyai pukulan keras dan memiliki lompatan yang cepat.

8.  Ayam Bangkok Jragem



Jenis Ayam Bangkok Jragem

Kebalikan dari bangkok putih. Ayam jragem atau biasa disebut bangkok kumbang ini mempunyai ciri ciri warna hitam pekat di sekujur tubuhnya. Dari kepala, rawis hingga ekor semuanya hitam. Namun sayangnya keberadaan jenis ini sudah jarang ditemukan, kalaupun ada paling itu hasil persilangan antara ayam bangkok dengan ayam kampung cemani.

9. Ayam Bangkok Wido atau Jalak


Jenis Ayam Bangkok Wido atau Jalak

Sama seperti klawu, bangkok wido/jalak juga kurang peminat lantaran warna yang kurang menarik. Warna utamanya adalah hitam lalu di bagian rawis biasanya berwarna putih kehijauan. Di bagian paruh, mata dan kaki umumnya berwarna kuning. Tapi tergantung juga sama rawisnya, ada yang kuning  ada juga yang putih. Makanya ada sebutan wido putih dan wido emas.

10. Ayam Bangkok Mathai Persilangan Burma dan Thailand


Jenis Ayam Bangkok Mathai Persilangan Burma dan Thailand

Untuk jenis ayam bangkok yang kesepuluh ini merupakan hasil perkawinan silang antara ayam Myanmar (Burma dengan ayam Bangkok). Sebab salah satu tehnik mendapat petarung juara adalah menyilangkan ras ayam. Buktinya ayam Mathai berhasil menjelma sebagai ayam unggulan. Memiliki gerakan yang cepat seperti burma namun mempunyai tehnik bertarung yang tangguh seperti bangkok.

Melihat ulasan di atas kita pun bisa menyimpulkan bahwa ayam bangkok dibedakan sesuai corak warnanya. Walaupun saat ini sudah banyak persilangan persilangan antara ras ayam. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau ada jenis jenis baru yang lebih bagus.

Demikianlah ulasan lengkap tentang jenis ayam bangkok yang bagus dan terbaik disertai gambarnya. Semoga bisa dijadikan referensi teman teman sebelum memelihara ayam bangkok.

0 Komentar 10 Jenis Ayam Bangkok Terbaik dan Bagus untuk Dipelihara

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top