HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator DIY Sederhana

Cara membuat filter aquarium menggunakan aerator- Filter merupakan salah satu perlengkapan akuarium ikan hias yang harus anda miliki. Filter Berfungsi menyaring kotoran-kotoran yang ada di dalam akuarium, termasuk sisa-sisa makanan ikan dan kotoran ikan itu sendiri. Dengan begitu air tetap jernih dan tidak keruh.

Sebaliknya apabila kalian tidak menggunakan filter di dalam akuarium, maka air akan cepat keruh sehingga merusak pemandangan atau bahkan bisa menimbulkan penyakit bagi si ikan hias. Oleh sebab itu kebersihan air harus dinomorsatukan, pasanglah filter agar air akuarium tetap jernih dan ikan-ikannya pada sehat.

Saat ini filter bukan hanya untuk ikan-ikan yang ada di akuarium besar, namun ada juga filter yang disetting khusus untuk akuarium mini yang di dalamnya ada ikan-ikan kecil. Biasanya filter tersebut berbentuk bulat dan di dalamnya ada aerator+gabus putih. Inilah yang dinamakan aerator+filter. Harganya beragam, mulai dari Rp35.000-Rp150.000.

Apabila kalian tidak mau membelinya (males keluar duit), kalian bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda. Tentu saja lebih murah, ekonomis dan mudah. Yuk langsung saja simak tutorial dari hobinatang.com mengenai cara membuat filter akuarium menggunakan aerator/DIY.

Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator


Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Saya pribadi lebih senang membuat filter sendiri di rumah daripada membeli langsung di toko akuarium. Selain lebih ekonomis, juga lebih puas dengan karyanya sendiri. Apalagi membuat filter aquarium ini sangatlah mudah (20 menit juga sudah jadi hehe). Yang paling penting sediakan bahan utamanya yaitu aerator beserta bahan-bahan tambahan yang sederhana dan bisa kita temui di sekitar kita.

Berikut langkah-langkah pembuatan filter akuarium yang sederhana hanya dengan aerator, gabus, botol dan selang.

1. Sediakan Alat Alat untuk Membuat Filter Aquarium Memakai Aerator


Cara Membuat Filter Aquarium dari Aerator

Sebelum membuat filter aquarium dari aerator kalian harus menyediakan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan. Kalau bisa semuanya ada, biar proses pembuatannya lebih gampang. Apa saja alat-alatnya?
  • Siapkan busa untuk menyaring kotoran
  • Botol air mineral
  • Selang aerator dan kepalanya
  • Batu kerikil akuarium (boleh juga batu-batu yang ada di sekitar Anda)
  • Pipa
  • Lem pipa
  • Gunting
  • Soldier
  • Cutter
Sebenarnya gunting sama cutter bisa dihilangkan salah satu, namun lebih baik ada dua-duanya. Nanti cutter berguna memotong botol mineral (ex: aqua) sedangkan gunting untuk merapikan.

2. Gunting Botol Plastik Menjadi 3 Bagian


Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Jika perlengkapannya sudah lengkap, kalian tinggal menggunting botol mineral nya menjadi 3 bagian. Tapi yang digunakan hanyalah bagian bawah dan atas. Sedangkan yang tengah dibuang saja. Ingat guntingnya harus pas, karena nanti bagian bawah dan atas akan disatukan menjadi satu. Biar lebih jelas silahkan lihat gambar diatas.

3. Lubangi Tutup Botol Sesuai Pipa


Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Tutup botolnya jangan dibuang ya guys, tapi dilubangi atasnya. Besarnya sesuai ukuran pipa. Karena nanti berfungsi buat aliran air yang terdorong oleh aerator. Sekaligus membawa kotoran yang ada di dalam akuarium, lalu tersaring oleh busa. (Pasti bingung kan? Makanya baca sampai selesai biar jelas hehe)

4. Buat Lubang pada Botol untuk Filter Akuarium


Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator
Bagian bawah
Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator
Lubang bagian atas

Setelah dipotong menjadi 3 bagian, silakan Anda berikan lubang secukupnya menggunakan solder. Yang dilubangi adalah potongan botol bagian bawah, sedangkan yang atas kasih satu lubang untuk tempat masuk selang aerator. Lihat gambar di atas ya biar jelas.

Kalau tidak ada solder ya bisa menggunakan paku yang sudah dipanaskan. Hasilnya silakan lihat gambar diatas.

5. Isi Botol dengan Kerikil dan Busa dan Tutup


Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Selanjutnya isi botol bagian bawah dengan batu dan busa. Busanya dipasang secara melingkar sedangkan batunya ada di tengah. Kemudian masukkan selang aerator ke dalam lubang botol yang bagian atas tadi. Jangan lupa pasang kepala aeratornya juga.

membuat filter aquarium dengan aerator

Apabila sudah maka botol bagian bawah yang berisi batu dan busa tadi tinggal ditutup dengan botol bagian atas. Biar kuat sambungannya dilem dengan lem pipa tadi. Biar potongan botol bagian atas dan bawah menyatu.

6. Masukkan Pipa ke Lubang Tutup Botol Tadi


membuat filter aquarium dengan aerator

Di poin 3 saya sudah menyarankan agar melubangi tutup botol sesuai besar pipa, nah kalian tinggal masukkan pipa ke dalamnya dan dilem biar kenceng. Hasilnya bisa anda lihat gambar di atas.

7. Filter Aerator Sudah Jadi


Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Yups setelah tutupnya dipasang ke botol, sekarang tinggal memasang ke dalam akuarium dengan posisi pipa di atas. Sedangkan botolnya ada di bawah. Bagaimana, sederhana sekali bukan? Membuatnya cukup mudah dan tidak sulit. Contoh lain yang sudah jadi bisa anda lihat foto di bawah.

Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator

Kalau 2 gambar ini ada lubang banyak di botol bagian atas. Yang seperti itu juga bisa.

Semoga hanya bermodal tulisan kalian sudah paham, meskipun video di youtube sudah paham, tapi artikel ini bisa menghemat kuota anda kwkw. Saya akhiri tutorial cara membuat filter aquarium dengan air pump aerator.

0 Komentar Cara Membuat Filter Aquarium Menggunakan Aerator DIY Sederhana

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top