10+ Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Makanan udang hias- Semakin banyak penggemar aquascape di Indonesia, membuat udang hias air tawar semakin populer dan banyak dikenal oleh masyarakat. Mengapa demikian? Karena udang hias sangat identik terhadap fauna bagi aquascape, meskipun demikian udang hias juga bisa dipelihara di dalam akuarium biasa bersamaan ikan-ikan kecil yang cantik.

Di samping itu kehadiran udang hias bukan hanya dapat mempercantik penampilan aquascape, namun bisa juga dijadikan sebagai algae eaters bagi aquascape maupun akuarium mini. Arti algae eaters sendiri adalah fauna pemakan alga atau dalam bahasa umumnya ialah cleaning service (tukang bersih-bersih) bagi akuarium. Udah hias memang paling doyan sama yang namanya alga-alga yang menempel di dinding akuarium atau tanamam air, bahkan dia juga suka memakan sisa makanan ikan hias.

Tapi apakah itu semua cukup untuk kebutuhan udang hias? Inilah yang menjadi pembahasan utama kita kali ini. hobinatang.com akan mencoba memberikan pencerahan pada teman teman terkait makanan udang hias beserta persoalan yang ada di dalamnya. Karena betapa banyak para pemula yang bertanya di grup-grup Aquascape Indonesia yang kurang lebih pertanyaannya seperti ini,

"Om, master,suhu mau nanya Apakah udang hias yang di dalam aquascape harus diberi pakan tambahan atau cukup memakan alga?"

Ok biar tidak panjang lebar langsung saja yuk simak ulasan kami di bawah ini. Sebisa mungkin dibaca dari awal sampai akhir supaya tidak ada salah paham hehe, sekalian kirim masukan jika teman-teman memiliki pendapat yang lebih baik.

Makanan Udang Hias Air Tawar Terbaik



Menurut kami udang hias tidak cukup kalau hanya memakan alga yang ada di tanaman atau kaca aquarium. Mereka tidak bisa menggantungkan hidupnya dengan alga, maka harus diberi pakan tambahan. Walaupun demikian ada pula yang berpendapat, udang hanya cukup memakan sisa sisa pelet dari ikan hias, tapi apakah setiap hari harus memakan sisa makanan? Apakah itu cukup memenuhi nutrisi udang kecil air tawar?

Baiklah berikut jenis pakan udang hias yang bagus buat keseimbangan hidupnya:

1. Pelet untuk Udang Hias


Pelet Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Pelet merupakan makanan udang yang paling umum dipakai oleh para hobbies. Pelet cocok untuk semua jenis udang hias yang ada di dalam aquascape, banyak sekali merek-merek pelet yang dapat kalian beli di toko offline maupun online. Ada merk pakan udang Hikari Shrimp Cuisine, Hikari algae wafers dan lain sebagainya.

Rata-rata komposisi pelet pada kemasan mengandung tanaman organik yang bebas dari bahan kimia (itu hanya di tulisan, aslinya hanya tuhan yang tahu hehe). Biasanya dilengkapi juga vitamin, mineral kalsium, zat besi dan kandungan protein lainnya sehingga membantu meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi kemungkinan terkena penyakit.

2. Pakan Udang Kubis Rebus


Kubis Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Selain pelet banyak  jenis makanan udang lainnya yang alami dan mudah ditemukan di sekitar kita. Salah satunya kubis. Sayuran kubis merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan gizinya. Sayuran ini sangat mudah didapatkan di warung maupun super market. Hampir ada 400 varietas kubis di dunia ini dengan bentuk dan warna yang berbeda beda.

Umumnya kubis berwarna hijau muda dan berbentuk bulat. Kandungan gizi yang ada di dalam kubis ini, sangat sering dimanfaatkan sebagian pembudidaya udang. Namun untuk penyajiannya kalian harus merebus terlebih dahulu sampai kira-kira warnanya berubah. Setelah itu kubis dihancurkan tapi usahakan tidak terlalu lembut.

Jika sudah ada yang menyarankan ditaruh di lemari es, namun kalau tidak punya langsung saja diberikan kepada udang yang ada di akuarium maupun aquascape. Saat udang sudah selesai makan sebaiknya langsung diangkat sisa kubisnya agar tidak mengotori dan mencemari air yang ada di dalam akuarium tersebut.

3. Mentimun


Mentimun Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Ternyata mentimun bisa dijadikan pakan tambahan untuk udang hias kecil air tawar, bahkan beberapa teman di grup mengaku kalau udang sangat menyukai ketimun yang sudah direbus. Namun disarankan mentimun jangan terlalu lama berada di dalam air, karena kalau sudah busuk akan mencemari ekosistem yang ada di dalam akuarium. Sebaiknya jika udang sudah kenyang dan meninggalkan mentimun nya langsung saja dibuang. Untuk contohnya silahkan lihat gambar di atas.

4. Selada Beku


Selada Beku Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Sama seperti mentimun dan kubis, selada yang sudah dimasukkan freezer lalu direbus dapat dijadikan makanan udang hias yang bagus. Intinya sayuran apa saja yang bisa direbus dan mudah dihancurkan, itu bisa dijadikan alternatif makanan untuk biota udang hias.

5. Sayur Bayam


Bayam Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Sudah banyak yang membuktikan kalau sayur bayam bisa dimakan oleh udang, penyajiannya sama seperti sayuran lainnya yaitu direbus lalu dipotong kecil-kecil sebelum diberikan kepada udang/kalau tidak dipotong juga tidak masalah seperti gambar di atas. Yang pasti makan makanan alami tersebut hanyalah makanan tambahan agar si udang tidak bosan. Silakan lihat gambar di atas di mana udang sedang memakan bayam rebus, nikmat sekali ya hehe

6. Sawi


Sawi Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Jenis selanjutnya adalah sayur sawi. Sayur sawi mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kesehatan udang hias anda. Disamping itu sayur sawi juga mudah ditemukan di warung-warung ataupun di supermarket supermarket terdekat. Gambar di atas adalah foto udang yang sedang memakan bubur sawi hehe

7. Kacang


Kacang Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Kacang tidak jauh beda dengan jenis sayuran yang ada di atas, kami dulu pernah mencoba memberikan kacang pada udang dan ternyata mereka semua doyan lalu memakannya. Jika kalian punya kacang di rumah Silakan dicoba tapi direbus dahulu supaya teksturnya tidak keras.

8. Cacing Darah Beku


Cacing Darah Beku Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Sudah tidak asing lagi cacing beku banyak digunakan sebagai makanan ikan ikan kecil oleh para pembudidaya ikan hias. Tidak heran kalau daging beku tersebut juga cocok untuk udang, kandungan protein dan vitamin yang ada pada cacing beku membantu pertumbuhan udang dan meningkatkan kekebalan tubuh udang.

9. Cacing Rambut


Cacing Rambut Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Cacing rambut juga tergolong makanan alami yang bisa ditemukan di alam sekitar kita. Namun disarankan untuk membeli kepada peternaknya agar kebersihannya lebih terjaga, apabila kalian ingin mencari cacing rambut di selokan atau di tempat genangan-genangan air sekitar Anda sebaiknya dicuci dahulu supaya bakteri bakteri penyakitnya hilang.

10. Alga


Alga Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Untuk jenis Alga menurut saya tidak perlu dijelaskan secara panjang lebar, sebab udah memang terkenal sebagai algae eaters untuk aquascape. Untuk itulah para aquascaper di Indonesia banyak yang memelihara fauna udang hias sebagai fauna pembersih alga. Namun sekali lagi perlu kalian ketahui, udang hias tidak bisa menggantungkan hidupnya hanya dengan Alga. So, kalian harus memberi makan tambahan seperti pelet atau sayuran sayuran yang ada di atas.

Nah itulah 10 jenis makanan udang hias air tawar yang bagus dan terbaik untuk kalian coba di rumah. Tentu saja masih ada lagi jenis sayuran lainnya yang disukai udang namun belum kami tulis, seperti mentimun, kangkung atau yang lainnya. Di sisi lain terkadang setiap jenis udang memiliki kebutuhan makanan yang berbeda, karena udang ada yang tergolong neocaridina dan caridina. Makanya kalian juga perlu mengetahui jenis-jenis udang,  seperti red cherry shrimp, red bee, rili, Amano dan banyak lagi.

0 Komentar 10+ Makanan Udang Hias Air Tawar yang Bagus dan Terbaik

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top