HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membuat CO2 Aquascape DIY Murah, Mudah dan Tahan Lama Beserta Videonya

Cara membuat CO2 aquascape- Gas karbondioksida alias CO2 merupakan salah satu unsur penting untuk aquascape. Dengan adanya CO2 dalam aquarium, tanaman tanaman akan tumbuh dengan baik dan maksimal, sebab fungsi CO2 sendiri ialah memberi nutrisi pada tanaman air.

Namun tidak semua tanaman aquascape wajib membutuhkan CO2, ada pula tanaman bisa hidup meski kandungan CO2 nya rendah. Sebagaimana yang pernah kami bahas sebelumnya di artikel jenis tanaman aquascape tanpa CO2.

Meski demikian tetap saja memakai CO2 lebih utama supaya pertumbuhan tanaman cepat dan maksimal. Adapun untuk mendapatkan CO2 kalian bisa membeli tabung reaktor CO2, tapi harganya cukup mahal hehe. Di atas 1 jutaan, makanya untuk kelas menengah kebawah (low budget) biasanya lebih memilih buat sendiri CO2 nya alias Do it yourself (DIY). wkwk

Mau tau kan bagaimana cara membuat CO2 yang murah meriah, mudah dan bisa tahan lama? Yuk simak tutorial hobinatang.com di bawah ini yang sudah dilengkapi video dari teman saya di grup bernama "Melki". Dijamin mudah dipahami meski oleh pemula sekalipun.

Cara Membuat CO2 untuk Aquascape Sendiri yang Mudah


Cara membuat CO2 aquascape

Sebenarnya dalam pemasangan CO2 ada 3 cara yang bisa anda lakukan. Setiap cara yang anda tempuh tentu ada kekurangan dan kelebihannya:

Cara pertama adalah menggunakan gas tabung. Gas tabung sendiri ada dua macam yakni dari besi dan aluminium. Biasanya yang berbahan aluminium lebih mahal dari besi karena lebih ringan, lebih awet, dan tahan karat. Kelebihan memakai gas CO2 tabung adalah lebih hemat dalam waktu lama, lebih terlihat profesional, lebih aman dan lebih efektif. Tapi kekurangannya seperti yang saya katakan tadi "harganya sangat mahal". Karena anda harus membeli tabung dan regulatornya. Serta harus mengisi ulang apabila gas sudah habis.

Cara kedua adalah dengan gas tablet. Jika melihat bahan dari gas tablet ini kami belum pasti tahu bahannya apa. Yang jelas gas tablet berbentuk padatan yang penggunaannya hanya dimasukkan ke akuarium maka akan larut dan menimbulkan CO2. Kelebihannya ialah penggunaannya sangat mudah dan praktis namun kekurangannya bisa terjadi pemborosan dalam jangka panjang. Karena harganya juga mahal.

Cara ketiga inilah yang didambakan para pemula, bahkan dipuja-puja setinggi langit wkwk. Yaitu membuat CO2 secara DIY sendiri di rumah. DIY CO2 ini merupakan jalan pintas untuk scaper yang tinggal di pelosok desa. Mereka sulit mendapatkan gas tabung dan gas tablet maka membuat CO2 sendiri adalah hal yang harus bisa dilakukan.

Kekurangan CO2 DIY resiko gagal menghasilkan gas dari bahan yang dipakai sangat tinggi, bisa menimbulkan bakteri apabila selang atau botol mengalami kebocoran. Jadi, apabila sobat ingin mengguanakan CO2 dalam jangka panjang maka sebaiknya gunakan gas tabung saja. Resikonya sangat sedikit hanya biaya awal saja yang mahal

Lalu bagaimana langkah langkah membuat CO2 DIY untuk aquascape?

Ada 2 cara, pertama dengan bahan utama CISOD (Citrum dan Soda), yang kedua dengan bahan utama RAGUL (Ragi dan Gula)

1. Membuat CO2 dengan teknis CISOD DIY


Cara membuat CO2 aquascape

Langkah-langkahnya bisa anda lihat di bawah:

a.) Siapkan bahan bahan untuk membuat CO2 aquascape CISOD


Pertama kalian wajib menyediakan bahan bahan di bawah ini, (kalau pingin lihat bentuknya sebaiknya lihat videonya yang ada di bawah nanti):

  • 2 Botol fanta yang ukuran 1 liter, (disarankan jangan botol Aqua tapi botol yang soda biar kuat). Harus 2 botol karena yang satu botol citrun yang satu untuk baking soda/soda kue.
  • Pilih botol yang pabrikan (recomended, soalnya kalau rakit sendiri kadang bocor). Beli di Olshop banyak atau toko aquascape.
  • Alat diffuser (yang ada airnya dalam)
  • Selang untuk bensin motor/selang biasa buat aerator.
  • Selang yang kaku (beli aja di toko aquascape "selang aquascape")
  • Air biasa saja (ada juga yang nyaranin air hangat, tapi aku pake air biasa)
  • Alat flow control (kalau flow control anda bocor, berarti karet sealnya rusak, ga paham ya? kwkw nanti tonton videonya aja)
  • Sitrun perbungkus 50 gram.
  • Soda kue (murah kok) kalau Baking soda mahal.
  • Alat "T" buat selang, gunanya untuk mengeluarkan angin dari botol sitrun ke soda biar tekanan seimbang.

Nah itulah bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat CO2 dari CISOD (Citrum Soda), kalau RAGUL (Ragi Gula). Untuk RAGUL akan di bahas di bawah.

b.) Proses pembuatan CO2 dengan CISOD (Citrum dan Soda)


Langkah kedua ini paling penting, bagaimana menyusun agar jadi alat CO2 yang sederhana dan murah.

  • Masukkan citrum dan soda di masing-masing botol yang sudah disediakan. Ukurannya disamakan saja, dengan takaran 250 gram, 
  • Lalu isi air pada botol sitrun dan dikocok sampai sitrunnya habis. Tinggi airnya setengah botol lebih ya.
  • Untuk botol isi soda, diisi air lebih sedikit 1/4 botol saja. Ingat jangan dikocok nanti meledak wkwk.
  • Jika sudah diisi air dan cisod, selanjutnya rakit selang dan tutup botol. Jika sudah dirakit tinggal pasang tutupnya, untuk botol soda ada "T" selangnya untuk sitrun gak ada "T". Bla..blaa

Baiklah biar tidak pusing, langsung lihat videonya saja ya, sudah saya upload di youtube dengan seizin mas Melki. (Jangan pelit kuota hehe).


Video di atas hanya 7 menitan, semoga paham ya Gan! Ok sekarang tinggal pembuatan CO2 diy dengan sistem RAGUL.

2. Cara Membuat CO2 Aquascape dengan RAGUL (Ragi Gula)


Cara membuat CO2 aquascape

Sebenarnya tidak jauh beda sama di atas, yang membedakan hanyalah bahan utamanya saja. Kalau pakai cisod bisa bertahan 1 pekan on 24 jam.

a.) Alat dan yang diperlukan:

  • Satu botol besar kira kira ukuran 1-2 liter dan satu botol kecil kira kira ukuran 500 ml - 250 ml.
  • Obeng.
  • Selang silikon/bening.
  • Check Valve dua buah (bisa beli di toko meubel atau elektronik)
  • Lem khusus yang kuat.
  • Ragi atau fermipan 1/2-1 sendok teh
  • Tepung agar agar tanpa warna 1/4-1/2 sendok teh
  • Gula pasir 250 gram
  • Baking powder 1/4-1/2 sendok teh
  • Air panas kurang lebih 800 ml.

b.) Cara membuat tabung CO2 aquascape dengan RAGUL:

  • Lubangi tutup botol besar (ukuran 1 liter) sebanyak satu lubang dengan menggunakan obeng yang sudah dipanasi.
  • Pastikan diameter obeng sama selang silikon berukuran sama. Karena tujuan melubangi tutup botol adalah untuk memasukkan selang ke dalam botol tersebut.
  • Lubangi tutup botol kecil (ukuran 250 ml) sebanyak dua lubang, gunakan obeng yang dipanaskan.
  • Kemudian masukkan selang ke dalam botol besar sedalam 2-3 cm.
  • Masukkan sisi selang atau sambungkan selang tersebut ke dalam botol kecil melalui lubang ke satu hingga mencapai dasar botol.
  • Lalu ambil selang lain dan masukkan ke lubang kedua dari botol kecil tersebut.
  • Rekatkan semua selang yang telah masuk ke botol dengan lem agar tidak ada celah sedikitpun dari lubang tuutp botol. Agar tidak terjadi kebocoran gas.
  • Terakhir sambungkan selang kedua tadi ke arah akuarium sebagai penghantar CO2 nya.
Akhirnya selesai juga tutorial tentang CO2 aquascape DIY, pokoknya rasanya lega banget akhirnya bisa berbagi ke teman-teman. Jangan lupa share ke grup-grup atau ke mana saja terserah kalian. Kalau mau copas sertakan sumber ya.

0 Komentar Cara Membuat CO2 Aquascape DIY Murah, Mudah dan Tahan Lama Beserta Videonya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top