HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mengobati Musang Gemetaran, Jalannya Merunduk, Pincang dan Kejang Kejang

Dahulu awal awal pelihara musang, saya pernah merasakan kekhawatiran atas musibah yang menimpa musang saya berusia 3 - 4 bulan, entah kenapa tiba-tiba musang saya sering gemetaran, jalannya merunduk, pincang dan kadang malah kejang-kejang. Apa penyebab itu semua?

Setelah tanya kemana mana akhirnya saya mendapat jawaban terkait penyebab dan solusinya. Yang menjawab adalah orang yang ahli di bidangnya seperti para dokter yang ada di Vet dan suhu suhu berpengalaman di grup. Alhamdulillah 1 bulan kemudian musang saya sembuh total.

Namun yang mengejutkan ternyata banyak sekali para hobis yang mengalami nasib serupa seperti saya, sehingga dapat disimpulkan bahwa gejala ini rawan terjadi pada musang, khususnya yang masih berusia 2-4 bulan.

Oleh sebab itu saya berkeinginan kuat untuk menulis dan berbagi pada teman teman bagaimana cara mengobati musang yang gemetaran, kejang kejang dan jalannya merunduk.

Cara Mengobati Musang Gemetaran, Jalannya Merunduk, Pincang dan Kejang Kejang


Cara Mengobati Musang Gemetaran, Jalannya Merunduk, Pincang dan Kejang Kejang

Saya hanyalah pembaca situs ini yang ingin berbagi tulisan ke hobinatang.com tentang cara mengatasi musang gemetaran, pincang dan jalannya merunduk. Jika anda mendapat tiga hal seperti ini, jangan cemas. Memang gejala tersebut seringkali menyerang musang musang muda di bawah usia 4 bulan, karena di usia tersebut musang rawan kekurangan vitamin B1 atau yang biasa dikenal sebagai thiamine/tiamin.

1. Gejala musang kekurangan vitamin B1


Berikut gejala bayi musang kekurangan tiamin:

  • Musang sering kejang-kejang.
  • Seluruh tubuhnya gemeteran.
  • Saat jalan kadang mundur mundur.
  • Jalannya merunduk.
  • Kalau sudah parah bisa lumpuh total di seluruh tubuhnya.

Apabila kamu sedang melihat gejala diatas harus segera ditangani apabila tidak segera ditangani dengan baik dapat berakibat buruk. Biasanya badan musang menjadi kurus kecil, kemudian bisa mengakibatkan lumpuh permanen di persendian kaki, hingga akhirnya dapat mengakibatkan kematian.

Adapun untuk mengobati gejala-gejala di atas ada tahapan-tahapan tersendiri, tergantung sejauh mana gejala yang sudah dialami oleh musang Anda.

2. Musangnya baru gemetaran, kepalanya merunduk dan jalan mundur


Cara Mengobati Musang Gemetaran, Jalannya Merunduk, Pincang dan Kejang Kejang

Jika gejalanya masih sampai tahap ini cukup diberikan vitamin B1 ipi, yang bisa anda beli di apotik terdekat, harganya cuma Rp.5000 gambarnya bisa anda lihat di atas. Vitamin ini rasanya pahit, jadi cara memberikannya bisa dihancurkan dahulu kemudian dicampur dengan pisang atau bubur.

Dosisnya 1/2 tablet saja sebanyak 2x sehari. Saya memberikannya mulai hari pertama sampai ke-4. Jadi 4 hari berturut-turut. Umumnya dalam 7 atau minimal tiga hari sudah sembuh.

Jika 4 hari sudah diberikan vitamin B1 Ipi, selanjutnya Anda boleh memberikan vitamin B Complex selama 5 hari, dosis pemberian nya sama seperti vitamin B1 Ipi. Untuk mempercepat kesembuhan Anda harus rutin menjemur musang selama 7 hari berturut-turut durasinya cukup 10 menit saja. Dijemur dari jam 07.00 sampai 09.00 pagi, jangan terlalu lama karena dapat mengakibatkan katarak pada musang.

3. Musang mengalami gejala kejang-kejang


Apabila sudah mencapai kejang-kejang Anda harus lebih memberikan porsi lebih saat penanganannya. Pengobatannya kurang lebih sama seperti di atas, yaitu diberi vitamin B1 setengah tablet sebanyak 2 kali sehari dalam 5 hari berturut-turut. Hanya saja di hari ke-2 Anda boleh memberikan satu tetes antibiotik cefixime 100 mg. Berikan 2 kali dalam sehari.

Lalu di hari ke-3 dan ke-4 bisa dikasih vitamin C, vitamin B12, dan vitamin B kompleks dengan dosis yang sama hingga 7 hari berturut-turut, terkhusus untuk vitamin C sebaiknya hentikan pada hari ke-5.

Saya rasa itu saja sudah cukup selanjutnya lakukan rutinitas menjemur musang selama 10 hari dengan durasi waktu yang sama seperti di atas, yaitu 10 menit hingga 15 menit saja.

4. Musangnya sudah lumpuh


Ini adalah kondisi yang paling parah, tapi biasanya diawali oleh gejala-gejala diatas. Oleh sebab itu kalian jangan telat mengobatinya. Kalau musang sudah lumpuh dia akan berjalan secara merangkak, terlihat sangat kasihan. Cara mengatasinya dengan memberikan vitamin B1 setengah tablet selama 7 hari, dosisnya sama seperti di atas 2 kali sehari.

Pokoknya kurang lebih tidak jauh beda dengan cara yang kedua, yang membedakan waktu penjemuran ditambah menjadi 15 hari. Selama terlihat sudah membaik maka lanjutkan prosesnya.

Apabila sudah 10 hari berturut-turut tapi belum terlihat adanya perbedaan yang signifikan, maka hentikan pemberian vitamin, beralih diberikan makanan yang bergizi dan bervariasi. Tentu saja yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

Seperti musang saya, karena terlambat menangani ada efek samping yang sampai sekarang belum hilang yaitu pincang saat berjalan.

Baiklah demikian penyebab penyebab dan cara mengobati musang yang berjalan merunduk, gemeteran, lumpuh, pincang atau berjalan mundur. Salam Musang Lovers, Latifah. Terimakasih hobinatang!

0 Komentar Cara Mengobati Musang Gemetaran, Jalannya Merunduk, Pincang dan Kejang Kejang

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top