HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

17 Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Muda Agar Kuat dan Sehat

Bagi Anda yang sedang memelihara bangkok aduan wajib memperbanyak pengetahuan tentang perawatan dan pelatihan ayam bangkok muda, sehingga ayam tersebut tumbuh dengan sehat, kuat dan bisa menjadi juara. Apalagi di zaman yang modern ini kalian bisa dengan mudah mencari informasi di mana saja dan kapan saja melalui internet. Salah satunya adalah yang ada di hadapan Anda saat ini.

Seperti yang anda lihat, di sini hobinatang.com akan membahas secara lengkap tentang bagaimana cara merawat ayam bangkok aduan yang masih muda supaya tumbuh sehat dan optimal. Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Masih Muda


Untuk membuat ayam bangkok aduan anda kuat dan tangguh diperlukan perawatan dan pelatihan yang benar sejak ia masih muda, yakni terhitung setelah menetas sampai usia 10 bulan, namun ada pula yang mengatakan 6 bulan. Manakala ayam tersebut mendapat perawatan yang intensif sejak dini, maka ia akan tumbuh optimal dan bisa jadi juara saat dewasa.

Sayang sekali banyak peternak ayam aduan yang melalaikan hal itu, mereka cenderung meremehkan soal perawatan ayam saat masih berusia muda, atau dia tidak meremehkan namun melakukan kesalahan saat merawat dan melatihnya, sehingga yang terjadi ayam malah jadi rusak dan pertumbuhan tidak optimal.

Apa saja kesalahan kesalahan yang sering dilakukan pemula dalam merawat ayam aduan muda?

1. Kesalahan fatal merawat ayam bangkok muda


Cara merawat ayam bangkok muda

Baiklah poin pertama akan dibahas kesalahan-kesalahannya dulu, baru setelah itu soal perawatan dan pelatihan:

  • Penyediaan tempat yang buruk buat ayam atau kondisi kandang yang tidak ideal sehingga tidak nyaman buat ayam bangkok dan mengakibatkan stress.
  • Jenis pakan yang diberikan kurang bagus, dan mengakibatkan pertumbuhannya buruk.
  • Ayam muda sering mendapat perlakuan diskriminasi dari ayam lain atau ayam yang sudah dewasa, sehingga membuat mentalnya lemah ketika bertarung.
  • Ayam muda kerap melakukan pertarungan demi merebut kepemimpinan antara satu dengan yang lain.
  • Kesalahan terakhir mengawinkan ayam muda terlalu dini, padahal usianya belum mateng.

Itulah beberapa kesalahan yang harus anda hindari. Nanti juga ada kesalahan pelatihan ayam, tapi akan kami bahas di poin terakhir. Jadi baca saja sampai lengkap.

2. Menyiapkan kandang induk dan anak ayam bangkok


Cara merawat ayam bangkok aduan muda

Saatnya ke perawatan ayam, sudah menjadi hal yang utama dan penting adalah persiapan kandang. Induk ayam sebaiknya dipisah dengan anaknya. Karena model kandang mereka juga berbeda, untuk kandang induk ayam didesain sedikit terbuka supaya sinar matahari pagi bisa masuk dan mengenai induk ayam bangkok. Sedangkan kandang anak ayam bangkok didesain tertutup namun tetap hangat. Dengan begitu anak ayam bangkok bisa bertahan lama dan tidak mudah mati kedinginan.

Selanjutnya apabila ada salah satu ayam bangkok yang mental bertarungnya menurun maka segera pisahkan dari teman temannya. Biarkan ia menyendiri dahulu untuk memperbaiki kondisinya. Dan anda harus segera memberikan asupan makanan agar ia cepat pulih dan kembali siap bertarung.

3. Faktor makanan ayam bangkok muda harus diperhatikan


Cara merawat ayam bangkok aduan

Anda harus rutin setiap hari memberi makan ayam bangkok muda namun juga tepat waktu sesuai jadwal. Contohnya apabila sobat biasa memberinya makan pukul  7 pagi maka setiap hari harus rutin jam  7 pagi juga.

Lalu seperti apa makanan ayam bangkok?

Adapun soal jenis pakan ayam bangkok maka disesuaikan usia mereka. Dan kami sudah memberikan ulasan di bawah mengenai perawatan ayam bangkok di setiap usia mereka beserta makanan yang tepat untuk pertumbuhannya.

Namun pakan yang paling baik untuk ayam bangkok adalah jagung dan beras merah. Bagi pecinta sabung ayam biasanya memberikan tambahan vitamin dan nutrisi agar menjadi petarung yang hebat. Mereka memberi multivitamin B kompleks dua hari sekali pada malam hari. Sebab, di malam hari kondisi ayam sedang tenang, sehingga multivitamin tersebut lebih mudah dicerna dan lebih cepat menjadi tenaga tarung untuknya.

Adapun untuk ayam bangkok yang sedang menurun mental bertarungnya, sudah tidak agresif lagi maka kami sarankan untuk memberinya makanan tambahan berupa pakan hidup seperti jangkrik, kroto hidup dan anak tikus. Dengan begitu ayam bangkok anda akan segera pulih dan kembali agresif.

Baiklah berikutnya kami akan menjelaskan satu persatu terkait perawatan ayam bangkok berdasarkan umurnya.

4. Merawat ayam bangkok usia 0 bulan


Cara merawat ayam bangkok aduan muda

Menjadikan ayam bangkok kuat dan tangguh harus dimulai perawatannya sejak dini yakni saat menetas. Umumnya induk ayam mengerami telurnya hanya butuh waktu 21 hari. Lalu setelah telur itu menetas maka diusia 1 hari biasanya biasa ayam harus diletakkan di sebuah wadah/box yang hangat dengan diberi lampu kecil sebagai sarana penghangat tubuh bayi ayam bangkok tersebut.

Untuk makanannya bisa diberikan konsentrat ataupun yang berukuran kecil kecil di dalam wadah.

5. Merawat anak ayam bangkok usia 1-2 bulan


Cara merawat ayam bangkok muda

Di usia 1-2 bulan, ayam bangkok mulai berkembang dan tentunya anda harus menyediakan tempat yang lebih besar lagi supaya ayam tetap nyaman. Berhubung ayam sangat rentan terhadap penyakit, maka kami harapkan agar selalu menjaga kebersihan kandang. Adapun pakan ayam usia 1-2 bulan, anda bisa memberikan poor dan kosentrat yang berukuran kecil serta vitamin yang membantu pertumbuhan si ayam. Di samping itu sobat juga harus rutin memberinya makan dan minum setiap hari supaya tumbuh kembangnya berjalan dengan lancar dan sempurna.

Atau lebih lengkap Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara merawat anak ayam bangkok agar cepat besar dan jadi juara.

6. Merawat ayam bangkok usia 3 bulan


Cara merawat ayam bangkok aduan muda

Di usia 3 bulan ini, sifat asli ayam bangkok mulai terlihat. Ia mulai berusaha melawan dan bertarung dengan temannya untuk mendapatkan daerah kekuasaan. Sehingga pada usia tersebut, anda sudah bisa mulai melatihnya. Untuk makanannya anda bisa memberikan kosentrat ukuran besar, campuran beras, dedak dan jagung.

7. Cara merawat ayam bangkok usia 6-10 bulan


Cara merawat ayam bangkok aduan

Seperti yang sudah saya tulis di atas, agar tidak ada pertikaian maka mulai usia 6 bulan ke atas, silakan ayam tersebut dipisah dengan yang lain. Khawatir jikalau terjadi sesuatu, sebab mereka belum benar benar terlatih dengan baik. Selain itu di usia 6 -10 bulan ini kesempatan anda untuk memulai pelatihan yang diawali dengan relaksasi. Yakni membiarkan ayam bangkok keluar bebas dari kandang untuk mandi tanah.

Hal itu bertujuan agar otot otot ayam bangkok tidak kaku serta dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulangnya. Untuk makanannya, sobat sudah bisa memberinya pakan kombinasi dan vitamin yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan tulangnya. Selain itu, usia 10 bulan di mana ayam bangkok sudah mulai nyulam alias pertumbuhan bulu.

8. Memandikan ayam bangkok muda


Banyak yang menganggap remeh dalam hal memandikan ayam, padahal kalau dilakukan asal asalan bisa merusak bulu dan kualitas bertarungnya. Maka dari itu ikutilah langkah langkah dari kami cara memandikan ayam yang benar:
  • Mandikan ayam pada pukul 8 pagi dengan cuaca sedang tidak hujan.
  • Siapkan air bersih dari sumur, jangan air hangat bisa merusak jaringan pertumbuhan bulu ayam.
  • Jangan memakai sabun.
  • Pegangi ayam, dielus elus sampai ia tenang.
  • Ambil air sedikit, usap di bagian kepala.
  • Siram dengan air dari leher hingga pangkal tengkuk.
  • Ambil kain atau handuk lalu usap air yang ada di leher tadi sampai ke bagian ujung bawah (tujuannya agar leher tidak terlalu banyak terkena air maka cukup diusap dengan kain atau handuk saja).
  • Bersihkan area kloaka, di sana terdapat banyak kotoran maka harus benar benar bersih.
  • Basuh punggung, ketiak, kaki dan sayap ayam dengan handuk yang sudah dibasahi. Ingat cukup dilap saja jangan disiram air, karena merusak bulu dan keindahan warnanya.
  • Terakhir, bersihkan dubur ayam hingga bersih.

Itulah cara memandikan ayam yang benar. Mudahkan? Jadi agan harus benar benar hati hati, jangan asal dicelupkan ke air atau disiram layaknya memandikan manusia. Setelah mandi, keringkan ayam bangkok anda.

9. Menjemur ayam bangkok


Cara merawat ayam bangkok muda

Setelah mandi keringkan ayam dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Makanya kami sarankan memandikan ayam pada pukul 8 supaya habis mandi bisa dijemur. Masukkan ayam ke dalam kurungan, jangan lupa beri alas berupa kayu atau bebatuan untuk menghindari ayam guling guling dan kotor lagi. Kemudian letakkan di luar rumah yang terdapat sinar matahari. Cukup jemur hingga pukul 10 pagi saja. Selebihnya, sinar matahari sudah tidak mengandung vitamin D lagi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan bulu ayam bangkok.

10. Melatih ayam bangkok muda


Cara merawat ayam bangkok muda

Semua perawatan yang ada di poin atas bisa membuat ayam bangkok anda sehat, akan tetapi sehat saja belum cukup, jika anda menginginkan ayam aduan Anda tangguh dan kuat maka harus melatihnya terlebih dahulu. Lakukan latihan fisik seperti pernafasan dan otot, misalnya dengan melatih lompatan, kliter, renang dan lain sebagainya. Perhatikan juga kadar kesanggupan ayam anda jangan terlalu berlebihan malah bisa merusak ayamnya.

Kesalahan melatih ayam bangkok muda:

  • Menjemur ayam terlalu lama
  • Memandikan ayam yang belum cukup umur
  • Memandikan ayam memakai air hangat
  • Melatih ayam dengan cara mengangkat dan melemparnya ke udara
  • Melatih ayam dengan barbel atau pemberat kaki
  • Mengangkat ayam dengan memegang bulu ekornya
  • Mengabar ayam belum cukup umur
  • Mengabar ayam secara berlebihan
  • Memilih lawan abar yang tidak sesuai
  • Kurangny perawatan seusai latihan
  • Kesalahan saat melagakan ayam

Itulah beberapa kesalahan yang harus anda hindari.

11. Melakukan sparing (abar) dengan ayam lainnya


Untuk menguatkan mental ayam dan pernapasan kalian bisa melakukan sparing antara ayam muda satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa mengasah mental dan teknik ayam bangkok menjadi juara, tapi perhatikan juga usia lawan, kalau bisa harus sepadan, selain itu durasi sparingnya cukup 5 sampai 10 menit saja.

Setelah selesai latihan sparing, maka ayam langsung diistirahatkan selama 2 Pekan namun tetap melakukan perawatan yang baik seperti memandikan ayam, menjemur dan mengobati bekas luka pasca sparing. Kemudian setelah 2 pekan Anda boleh melakukan sparing lagi yang kedua kalinya,  dengan durasi yang lebih lama sekitar 15 menit. Ingat jangan memaksakan diri dengan memilih lawan yang lebih dewasa dan tangguh.

12. Memberikan jamu pada ayam bangkok


Cara merawat ayam bangkok muda

Pemberian jamu termasuk bagian dari perawatan ayam bangkok muda, karena jamur dapat meningkatkan stamina dan gairah dalam bertarung. Akan tetapi pastikan jamu tersebut merupakan ramuan alami yang diambil dari kunyit, madu dan gula merah. Selain kamu berikan juga nutrisi, vitamin atau suplemen tambahan agar dapat mempercepat pertumbuhan  ayam, biasanya suplemen atau vitamin tersebut dicampur dengan air minumnya.

13. Melatih lari ayam bangkok


Cara merawat ayam bangkok aduan muda

Latihan lari merupakan latihan fisik yang dapat membantu otot dan pernafasan, ada banyak cara bagaimana melatih lari pada ayam bangkok. Salah satunya dengan menyediakan kurungan roda putar dan membiarkan ayam berlari mengelilingi alat tersebut. Akan tetapi banyak juga yang menggunakan teknik manual, dimana ayam dikurung sedemikian rupa lalu dibuat berlari mengelilingi kurungan yang sudah disediakan tadi. Lakukan latihan lari ini selama kurang lebih 30 menit namun kalau kurang dari itu sudah kelelahan maka jangan dipaksakan.

14. Sediakan kandang isolasi untuk ayan bangkok muda


Arti dari kandang isolasi adalah kandang yang tertutup bebas penglihatan yang ada di luar kandang. Kandang ini digunakan manakala ada salah satu ayam aduan berusia muda yang mentalnya lemah dan rusak, sampai tidak berani lagi bertarung atau bahkan bergaul dengan ayam betina sekalipun. Maka sebaiknya ayam tersebut ditaruh di dalam kandang isolasi selama beberapa hari, biarkan dia memulihkan diri dan mendapatkan mental bertarungnya.

15. Kadangkala ayam bangkok diberi pakan alami


Cara merawat ayam bangkok muda

Seperti yang sudah saya singgung diatas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan merawat ayam bangkok anda harus memperhatikan makanannya. Supaya lebih ganas dan agresif disarankan bukan hanya diberi pakan buatan, tapi bisa juga menambahkan pakan alami yang hidup seperti jangkrik dan kroto, selain menyehatkan makanan alami juga bisa menambah agresivitas ayam.

16. Mencabut bulu anak ayam bangkok


Sebenarnya poin ini sudah kami jelaskan di pembahasan cara merawat anak ayam bangkok tapi mengapa kami mengulang kembali. Bulu ayam yang terlalu banyak dapat menghambat pertumbuhan karena nutrisinya tidak bisa terserap secara maksimal. Nah agar nutrisi bisa terserap secara maksimal maka cabut bulu ayam, untuk ayam usia 3 minggu cukup dicabut di bagian ekor dan sayap. Kalau sudah berusia 2 bulan cabut bagian dada dan paha.

17. Sabar dan disiplin saat merawat ayam bangkok


Inilah poin terakhir yang sangat sangat penting. Perawatan dan pelatihan ayam aduan tidaklah mudah terbilang cukup rumit dan dibutuhkan proses yang panjang, maka diperlukan kesabaran dan kedisiplinan yang ekstra untuk memperoleh kunci kesuksesan. Jika botoh tidak sanggup merawatnya maka silakan beli yang siap bertarung atau sudah jadi ketimbang merawatnya dari kecil.

Baiklah demikian penjelasan lengkap tentang cara merawat ayam bangkok aduan muda yang baik dan benar agar kuat dan sehat. Semoga bermanfaat, dengan adanya tulisan ini bukan berarti saya menyarankan anda mengadu ayam. Karena saya sendiri suka memelihara ayam bangkok bukan untuk diadu tapi dijadikan hobi saja. Oke see u next time!

0 Komentar 17 Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Muda Agar Kuat dan Sehat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top