HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membedakan Jangkrik Jantan dan Betina Paling Mudah Beserta Gambarnya

Hallo heppy Weekend, di waktu luang ini hobinatang.com akan membahas hal hal yang ringan dulu saja, yaitu tentang cara membedakan jangkrik jantan dengan jangkrik betina. Membedakan kelamin jangkrik amatlah mudah, semudah membedakan kucing jantan dan betina.

Tapi masalahnya sebagian pemula masih kesulitan untuk membedakannya. Mungkin bagi yang masih awam semua jenis jangkrik terlihat sama semua, bahkan sampai tak terlihat dan sulit diketahui jenis kelaminnya. Padahal kalau mau dicermati lebih detail lagi akan nampak jelas mana jangkrik yag jantan dan betina.

Maka dari itu di sini mimin akan membantu anda mengetahui perbedaan jangkrik jantan dan betina. Ingat artikel ini kami khususkan untuk yang belum tahu saja alias masih pemula. Kalau suhu atau master mungkin sudah tahu dan sangat tahu seperti apa jangkrik jantan dan betina itu.

Cara Membedakan Jangkrik Jantan dan Betina dan Gambarnya


Cara Membedakan Jangkrik Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jangkrik Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jangkrik Jantan dan Betina

Cara Membedakan Jangkrik Jantan dan Betina

Mengetahui perbedaan antara jangkrik jantan dan betina lebih mudah diketahui kalau sudah dewasa. Namun jika postur tubuhnya masih kecil kadang membuat kita sedikit repot kalau harus meneliti bagian bagian dalam. Nah agar lebih mudah pelajari perbedaannya di bawah ini:
  • Umumnya bentuk tubuh jangkrik jantan lebih kecil dan lebih ramping daripada jangkrik betina.
  • Jangkrik jantan dewasa memiliki bulu yang agak kasar, seperti bergelombang sedangkan betina bulunya halus.
  • Jangkrik yang masih kecil bisa dilihat pada bagian pantatnya, jangkrik betina memiliki 1 sungut yang panjang di tengah sedangkan jantan tidak,
  • Atau ekor jangkrik jantan ada 2 (ekornya mirip sungut), sedangkan ekor jangkrik betina ada 3 (nah yang di tengah itulah yang panjang).
  • Jangkrik jantan lebih sering mengeluarkan suara atau bunyi. Apalagi kalau musim kawin, pejantan akan terus menggoda betina untuk diajak kawin dengan cara mengeluarkan bunyi.
Itulah kiat kiat membedakan antara jangkrik jantan dan betina baik yang masih kecil maupun dewasa. Bagimana sangat mudah kan? Lihat gambarnya saja mungkin sudah paham hehe. Cukup dilihat dari bentuk tubuh, jumlah ekor dan juga bunyinya saja sudah ketahuan jenis kelaminnya apa. Oke sampai di sini dulu. Terimakasih.
Back To Top