HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Pakan Entok yang Bagus Sesuai Urutan Umur Agar Cepat Besar

Dalam memelihara entok kebutuhan yang paling utama adalah makanan. Makanan yang bergizi dan sehat dapat mempengaruhi pertumbuhannya, selain itu juga akan berpengaruh pada daging telur dan kualitas keturunannya. Memang sejatinya entok bisa mencari makan sendiri, namun hal itu tidak disarankan. Sebab entok merupakan binatang yang akan makan apa saja demi mempertahankan hidupnya tanpa memikirkan kebutuhan gizinya.

Misalnya apabila entok dibiarkan berkeliaran di luar rumah dan tidak menemukan makanan yang bergizi, maka ia akan memakan apa saja yang bisa dimakan. Bahkan tidak sedikit entog yang memakan benda-benda berbahaya. Benda benda tersebut justru akan mempengaruhi kesehatan pencernaannya.

Jika pencernaan terganggu otomatis tumbuh kembangnya juga akan terganggu sehingga daging yang dihasilkan tidak enak telurnya tidak bagus dan bahkan anaknya juga kurang berkualitas. Oleh sebab itu Anda harus belajar benar benar terkait asupan nutrisi dan protein yang akan diberikan pada entok.

Semakin entok cepat besar maka akan semakin menguntungkan, pertama kalian bisa menghemat durasi waktu beternak entok, kedua kalian akan menghemat biaya pengeluaran pakan entok seiring bertambahnya umur entok. Nah berikut ini Hobinatang.com sudah merangkum informasi tentang jenis jenis pakan entok yang bagus, murah namun berkualitas.

Pakan Entok  yang Bagus Agar Cepat Besar dan Sehat


Pakan Entok  yang Bagus Agar Cepat Besar dan Sehat

Makanan entok tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan usia entok tersebut. Sama seperti manusia yang harus melalui tahapan dalam hal pemberian makan. Berikut ini tahapan makan yang harus diberikan pada entok sesuai umurnya:

1. Pakan Entok Usia 0-2 Minggu


Seperti unggas pada umunya, usia entok yang baru menginjak 0-2 minggu atau 14 hari sebaiknya difokuskan pemberian pakan yang banyak nutrisi, vitamin, kalsium dan protein. Makanan yang mengandung kalsium dan protein akan mempercepat pertumbuhannya dan menambah sistem kekebalan tubuhnya. Mengingat anakan hewan sangat mudah sekali terserang penyakit atau virus. Nah, adapaun jenis pakan yang tepat di usia ini adalah berupa konsentrat ayam alias voor yang sudah dilembutkan supaya mudah dicerna.

2. Pakan Untuk Usia 2 Minggu - 1 Bulan


Pakan Entok  yang Bagus Agar Cepat Besar dan Sehat

Jika entok sudah menginjak usia 1 bulan, maka asupan nutrisinya bisa dikurangi. Mereka lebih membutuhkan pakan yang banyak mengandung energi untuk menambah berat badan dan kalsium serta protein untuk pertumbuhannya. Untuk itulah makanan yag tepat ialah tetap konsentrat alias voor dengan tambahan dedak atau ampas tahu atau jagung. Takarannya bisa disesuaikan jumlah entok dan kebutuhannya dalam sehari. Ampas tahu cukup murah tapi bagus buat tambahan voor.

3. Pakan Entok Usia 1-2 Bulan


Di usia 1-2 bulan ini entok sudah mulai beranjak dewasa. Kebutuhan pakan mereka semakin tinggi untuk mempertahankan pertumbuhannya dan kesehatannya. Mereka lebih banyak membutuhkan asupan mineral dan vitamin. Kebanyakan para peternak lebih memilih membuat pakan sendiri alami dengan campuran bekatul, enceng gondok, keong, ampas tahu, nasi aking dan sebagainya.

pakan entok alami murah

Hal itu dilakukan untuk menghemat biaya. Di usia entok yang sudah dewasa kebutuhan pakannya sangat banyak dan tinggi sehingga sudah pasti mengeluarkan biaya untuk membeli pakan yang cukup mahal terutama pakan konsentrat. Akan tetapi kalau anda malas membuat pakan sendiri bisa membeli konsentrat dengan tambahan pakan lainnya seperti jagung, dedak, bekatul dan sebagainya supaya entok tetap sehat, kuat dan segera bisa dipanen.

4. Pakan Entok Termurah, Ampas Tahu


Pakan entok dengan harga yang terbilang murah bisa anda dapatkan dari pakan ampas tahu. Ampas tahu bisa kita beli di pabrik pembuatan tahu terdekat. Tentu kalau anda langsung ke pabriknya akan mendapatkan harga yang murah sehingga hemat biaya pengeluaran. Setelah ampas tahu didapat maka tinggal membuat fermentasinya yakni dengan memberi campuran cairan EM4 yang berfungsi sebagai bioaktivator bakteri fermentasi.

pakan entok alami murah

Sebelum memakai cairan tersebut baca petunjuk penggunaanya terlebih dahulu agar tidak over dosis. Untuk membeli cairan EM4 bisa di toko pertanian. Selajutnya camprkan dedak padi atau konsentrat sebagai serat kasarnya. Menurut pengalaman, apabila tidak dicampur dengan serat kasar maka bisa menyebabkan diare pada entok.

Baiklah itu saja 4 tahapan pemberian pakan entok biar cepat besar dan sehat. Ingat ya harus sesuai tahapan jangan asal memberi makan tanpa mengetahui tahapan yang benar karena nanti akibatnya entok anda akan lambat tumbuh kembangnya dan tidak segera besar malah jadi kurus tak terawat. Apabila ada saran makanan yang bagus untuk entok silakan tulis di kolom komentar ya..

0 Komentar Pakan Entok yang Bagus Sesuai Urutan Umur Agar Cepat Besar

Posting Komentar

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top