HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Pakan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar Beserta Cara Pemberiannya

Dalam menjalankan usaha ternak jangkrik ada beberapa tahapan yang harus anda lalui, salah satu tahapan penting adalah mengilmui jenis jenis pakan jangkrik yang baik. Kenapa demikian? Untuk mendapat hasil maksimal anda harus memberikan makanan yang sudah terbukti efektif dalam mempercepat pertumbuhannya. Dengan begitu jangkriknya bisa cepat besar dan juga cepat panen.

Tentu dengan pemberian pakan yang tepat akan lebih efisien dan kalian akan mendapat 2 keuntungan, yang pertama kalian bisa menghemat durasi waktu beternak jangkrik, yang kedua kalian bisa menghemat pengeluaran biaya pakan yang tidak terlalu banyak seiring bertambahnya usia jangkrik.

Maka dari itu di sini hobinatang.com akan merangkum jenis makanan untuk jangkrik yang bisa mempercepat pertumbuhannya. Cara ini sudah banyak dilakukan para mastah yang ada di grup komunitas.

Pakan untuk Jangkrik Supaya Cepat Besar


Pertumbuhan memang sudah pasti akan tetapi untuk menghasilkan keuntungan yang banyak, maka gunakanlah makanan jangkrik yang benar benar berkhasiat supaya jangkrik anda cepat besar. Umumnya jangkrik bisa dipanen manakala berumur 28-30 hari. Namun jika diberi asupan makanan yang baik maka bisa dipanen 22-25 hari. Berikut pakan jangkrik yang bagus:

1. Makanan Voor untuk Jangkrik


Pakan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar

Kalian semua tentu sudah sering mendengar tentang makanan voor yang biasanya diberikan untuk ayam. Ya, memang voor merupakan makanan wajib yang harus anda sediakan untuk jangkrik. Makanan konsentrat ayam alias voor ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan gizi yang cocok untuk mempercepat pertumbuhan jangkrik.

Kami sarankan beli voor dengan produk Phokpan 511 atau merk lainnya seperti Melinda. Sebab kualitas voornya sangat bagus (kandungan protein dan karbohidratnya tinggi), lembut dan mudah dihaluskan serta harganya cukup terjangkau. Voor ini diberikan pada jangkrik sejak ia masih sangat kecil kecil hingga sudah dewasa. Hanya saja kalau sudah dewasa diberi makanan tambahan berupa sayuran hijau yang sudah kami jelaskan di atas.

Adapun jika anda tidak ingin menggunakan voor atau tidak tersedia voor di kota anda, bisa diganti dengan makanan yang memiliki kandungan sama dengan voor, misalnya puyuh yang telah dihaluskan. Yang terpenting jangan sampai salah dalam pemberian pakan, contohnya pakan yang memiliki kandungan protein hewani. Hal itu sangat tidak baik buat jangkrik.

2 & 3. Sayuran dan Makanan Alami seperti Gedebok Pisang


Pakan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar

Poin kedua dan ketiga adalah sayuran hijau dan gedebok pisang. Di habitat aslinya, jangkrik terbiasa memakan sayuran hijau berupa rumput seperti krokot dan dedaunan yang segar. Namun sayuran ini bukanlah makanan pokok, hanya makanan pendamping saja sebagai asupan tambahan agar tetap tidak kekurangan cairan. Karena jangkrik jarang sekali minum sehingga cukup dengan memakan sayuran segar, kebutuhan cairan dalam tubuhnya tetap tercukupi.

Pakan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar

Sayuran hijau yang bisa anda berikan untuk jangkrik adalah sawi putih, daun ketela, daun pepaya, buah pepaya yang sudah diiris kecil kecil, lalu gambas, krokot dan sebagainya. Akan tetapi pakan sayuran ini belum boleh diberikan pada jangkrik yang masih sangat kecil sekiar usia 1-10 hari. Jika sudah lebih dari 10 hari silakan diberi sayuran.

Selain sayuran daun pisang dan batang pohon pisang alias gedebog juga bagus dijadikan pakan jangkrik. Gedebog banyak dipakai peternak dengan cara diiris kecil-kecil lalu disebar di samping jangkrik.

4. Ampas Tahu


Pakan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar

Ampas tahu juga kadang jadi alternatif buat pakan jangkrik. Ampas tahu bisa menekan biaya pakan, selain itu bagus buat mempercepat pertumbuhan. Pemberiannya bervariasi ada yang diberikan 2 hari sekali, ada yang memberikan setiap hari dari nol, ada juga yang diberikan di usia 3 minggu agar bisa menghemat voor. Harga ampas tahu sendiri tergolong murah, 10 ribu bisa dapat 1 waring dan ampasnya yang basah bukan yang kering.

Itulah 4 jenis pakan jangkrik yang dapat mempercepat pertumbuhan, namun intinya kalian harus rutin memberi makan. Pakan ada terus pagi, siang, malam. Dan cepat tidaknya panen jangkrik juga tergantung pada jenis yang dipelihara, jangkrik kalung 23-24 sudah bisa dipanen, kalau alam paling cepat 25-26 hari. Kemudian jangan lupa berikan vitamin yang bagus untuk pertumbuhan jangkrik. Adapun vitamin jangkrik bisa anda dapatkan di toko hewan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Sekian terimakasih.

0 Komentar 4 Pakan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar Beserta Cara Pemberiannya

Posting Komentar

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top