HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

7+ Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas dan Cara Mengatasinya

Salah satu hal yang sering terjadi pada peternak jangkrik dan membuatnya sedikit sedih adalah saat saat telur jangkrik tidak menetas. Sebab jika telur telur banyak yang gagal otomatis tingkat keuntungan yang akan diperoleh semakin sedikit atau bahkan rugi. Memang di setiap usaha pasti kadang mengalami kegagalan, namun bukan berarti kita menunggu datangnya kegagalan.

Justru kita dituntut untuk belajar dari kegagalan tersebut. Yaitu dengan cara mengetahui apa saja penyebab penyebab telur jangkrik tidak menetas. Misalnya penyebab telurnya menghitam dan busuk, atau penyebab lainnya yang membuat tidak menetas. Nah kebetulan sekali di sini mimin mau berbagi ilmu dari para master jangkrik terkait telur yang gagal menetas. Baiklah langsung saja mari kita ulas satu persatu penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas


Berikut ada beberapa faktor penyebab telur jangkrik anda tidak menetas. Yang pasti faktor di bawah ini sudah pernah dialami oleh para suhu yang lama berkecimpung di dunia perjangkrikan.

1. Penanganan yang kurang baik


Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas  dan Cara Mengatasinya

Perawatan telur jangkrik yang kurang bagus dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan penetasan telur. Misalnya Anda kurang memperhatikan suhu dan kelembaban telur telur yang ada di dalam media, akibatnya banyak yang gagal atau tidak berhasil menetas. So, tingkat kelembaban dan suhu ruangan harus stabil agar tetap lembab dan hangat sehingga telur-telur terjaga dengan bagus.

Selain itu perhatikan kondisi box penetasan dan kandang harus dalam keadaan baik. Belajarlah banyak hal tentang cara menetaskan telur jangkrik. Terutama buat anda para pemula.

2. Indukan kurang bagus


Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas  dan Cara Mengatasinya

Untuk menanam bibit haruslah dari indukan yang bagus dari segi kesehatan, kenormalan fisik dan sebagainya. Jika telur tersebut tidak menetas maka bisa jadi induk jangkrik yang menghasilkan tersebut kurang bagus. Mungkin saja karena cacatnya fisik si indukan jangkrik atau kurang memperhatikan pemberian pakan selama proses induk jangkrik bertelur.

Untuk menghasilkan telur jangkrik yang bagus, anda harus memberikan pakan yang sehat dan menjaga indukan jangkrik agar tetap normal. Maka nantinya telur yang dihasilkan juga bagus dan akan menetes dengan baik pula.

3. Media penetasan kurang bagus


Penyebab ketiga adalah media yang digunakan untuk menetaskan telur jangkrik. Umumnya proses penetasan telur jangkrik menggunakan media pasir. Usahakan memakai pasir kali atau sungai yang masih baru dan sudah dicuci. Jangan gunakan pasir bekas dari penetesan telur jangkrik sebelumnya dan pasir yang mengandung garam alias pasir laut serta pasir dari letusan gunung. Karena pasir pasir tersebut yang menyebabkan gagalnya telur jangkrik menetas. Biar berhasil sebaiknya kalian baca juga tutorial kami sebelumnya yaitu cara menetaskan jangkrik menurut para ahli.

4. Telur terlalu lama di perjalanan


Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas  dan Cara Mengatasinya

Kalau juragan mengambil bibit telur jangkrik dari penjual online usahakan memilih ekspedisi tercepat untuk sampai di rumah anda. Karena bibit telur yang terlalu lama di dalam perjalanan akan merusak kualitas telur tersebut. Sehingga bukan tidak mungkin lagi jikalau nantinya telur telur itu akan gagal menetas. Kecuali si pedagang pintar membuat telur tetap terjaga meski jarak pengirimannya jauh.

5. Kondisi atau suhu ruangan dan kelembaban


Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas  dan Cara Mengatasinya

Mengatur suhu ruang khusus penetasan telur jangkrik bisa dibilang sangat penting. Inilah penyebab paling sering terjadi kegagalan. Bahkan anda harus berusaha supaya telur tersebut tetap hangat lembab tapi tidak terlalu panas. Karena jika suhu ruang penetasan terlalu panas maka biasanya telur akan gagal menetas.

Ingat perhatikan bener poin ini. Walaupun kalian sudah melakukan dengan baik dan benar, namun kalau suhu dan kelembaban tidak cocok maka akan percuma. Jika suhu terlalu panas maka telur akan kempes dan menghitam, sebaliknya kalau terlalu dingin maka akan lambat menetas. Begitu pula jika terlalu lembab, akan menyebabkan telur berjamur dan busuk. Akhirnya gagal panen.

6. Kondisi telur jangkrik kurang bagus


Sebelum menetaskan telur jangkrik dengan cepat dan sempurna, pastikan dulu telur tersebut dalam keadaan bersih. Karena jika masih kotor dan langsung ditempatkan pada ruang penetasan maka bisa kemungkinan telur akan berjamur dan berujung gagal menetas.

7. Telur tidak diperam lebih dahulu


Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas  dan Cara Mengatasinya

Kesalahan yang sering terjadi adalah ketika telur jangkrik masih muda dan belum layak masuk dalam tahap penetasan. Sebab, seharusnya melalui tahap pemeraman terlebih dahulu agar telur telur tersebut matang kemudian masukkan ke tahap penetasan setelah sekiranya sudah cukup matang dan tidak terlalu muda.

Baca juga: cara ternak jangkrik untuk pemula sampai sukses

Itulah beberapa faktor atau penyebab telur jangkrik tidak bisa menetas secara maksimal. Tapi bisa juga telur tidak menetas dikarenakan adanya serangan penyakit atau parasit, bisa juga karena tidak ada yang membuahi sehingga telur-telur kosong. Nah jika ada tambahan berdasarkan pengalaman kalian, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terimakasih

0 Komentar 7+ Penyebab Telur Jangkrik Tidak Menetas dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top