Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Hai pecinta hewan, seperti yang sudah kita ketahui burung kakatua memiliki dua varian yakni kakatua jambu kuning dan jambul putih. Sebenarnya keduanya bisa dibilang sama saja dari sisi perawatan, yang membedakan hanyalah jambul yang ada di atas kepala burung kakatua tersebut.

Baca: Mengenal Kakatua Jambul Kuning dan Putih Beserta Videonya

Kakatua merupakan satwa yang dilindungi. Sehingga tidak sembarangan orang bisa memeliharanya. Jika ingin memeliharanya harus mendapatkan izin dari pemerintah. Mengingat perawatannya yang tidak mudah dan murah maka sangat wajar apabila pemerintah akan sedikit ketat dalam hal memelihara kakatua.

Merawat burung kakatua memang susah susah gampang, Karena ada banyak resiko yang harus dihadapi dan kita harus sabar akan hal itu. Namun di sisi lain, merawat atau memelihara kakatua juga ada keseruan tersendiri. Kalau anda tidak menyukai atau bukan pecinta burung sebaiknya jangan memeliharanya. Kasian si burung hanya akan mendapatkan perawatan luar saja tanpa adanya kasih sayang yang tulus.

Cara Merawat Burung Kakaktua Jambul Kuning dan Putih


Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Berikut ini cara merawat burung kakatua jambul kuning dan putih yang benar. Buat pecinta burung dan masih baru mencoba memeliharanya khususnya burung jenis kakaktua maka sangat perlu diperhatikan tutorial berikut ini. Meski begitu tetap saja sobat harus sering berkonsultasi kepada ahlinya supaya lebih maksimal.

1. Kandang Kakatua


Yang pertama tentu soal kandang. Kalian harus menyediakan kandang yang layak untuk kakatua. Terkait peletakannya, taruh saja kandangnya di tempat terbuka yang banyak dilintasi manusia. Karena kakatua lebih suka berada di tempat umum daripada sendirian. Selain itu kakatua juga lebih suka tinggal satu sangkar bersama pasangan atau teman temannya.

2. Menyediakan Tempat Bertengger Kakatua


Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Jika memelihara kakatua, yang kedua kalian harus menyiapkan tempat bertengger. Seperti yang sudah kita ketahui semua jenis burung akan senang sekali bertengger untuk bersantai. Sehingga sangat kami anjurkan untuk menyediakan tempat bertengger buat si kakatua saat ingin bersantai. Gunakan kayu yang keras namun bertekstur lembut serta usahakan diameter ukurannya 3 cm agar tidak beresiko termakan.

Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Tenggeran bisa dikatakan di dalam kandang, namun ada juga tenggeran khusus untuk free room/di luar kandang. Biasanya yang di taroh luar kandang untuk yang sudah jinak pada pemiliknya. Atau untuk berjemur.

3. Memberi Makan Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih


Memberi makan setiap hari dengan jenis makanan yang beraneka ragam merupakan salah satu bentuk perawatan yang baik untuk kakatua. Dengan begitu, kakatua anda akan merasa diperhatikan sekali. Untuk jenis makanannya anda bisa memberinya makanan instan yang bisa dibeli di toko burung, buah buahan seperti pisang, pepaya dan jangan memberinya alpukat, daging, dan makanan mengandung pengawet serta bumbu penyedap makanan (tapi lebih bagus yang alami saja). Selain itu anda juga bisa memberinya sayuran segar seperti wortel. Perlu diperhatikan gunakan wadah makanan yang terbuat dari bahan stainess steel, jangan yang berbahan plastik atau kayu khawatir termakan.

4. Makanan Tambahan atau Cemilan Sehat Kakatua


Untuk makanan pokok yang diberikan sehari hari bisa menggunakan buah atau sayur, sebab kakatua termasuk jenis herbivora. Namun, kalian juga boleh memberinya makanan tambahan atau cemilan seperti keju yang dicairkan lalu dicampur ke dalam makanan sehari harinya atau telur rebus yang dipotong kecil kecil. Hal itu agar si kakatua mendapatkan protein yang cukup. Jangan lupa beri vitamin setiap 2 minggu sekali untuk menjaga stamina tubuh kakatua.

5. Mengasah Paruh dan Cakar Kakatua


Cara Merawat Burung Kakatua Jambul Kuning dan Putih dengan Benar

Paruh dan cakar burung kakatua merupakan dua hal yang penting untuk diperhatikan. Apabila dirasa sudah runcing maka segera asah cakar dan paruhnya agar tidak merusak sangkar atau tenggeran saat memanjat dan menggigit. Asahlah keduanya setiap 2 hari sekali. Selain itu jika cakar dan paruhnya tumpul akan membuat anda merasa lebih nyaman saat membawanya.

6. Memandikan Kakatua Jambul Kuning dan Putih


Perawatan yang terakhir adalah memandikan burung kakatua yang anda pelihara setiap 3 hari sekali dengan cara membuat hujan hujanan. Misalnya anda menyiram dari lantai atas, sehingga burung kakatua akan mengira bahwa sedang turun hujan. Dengan begitu kakatua akan mandi sepuasnya dengan hujan buatan tersebut. Selain itu sediakan baskom minum di sangkarnya agar kakatua bisa mandi sendiri dengan cara menceburkan dirinya ke dalam baskom minum tersebut. Jika anda ingin memandikannya usahakan saat pagi hari sebelum jam 9, agar nantinya setelah mandi bisa dijemur di bawah terik matahari pagi yang bagus untuk tubuh dan kesehatan tulangnya.

Itulah 6 cara merawat burung kakatua jambul kuning dan putih yang baik dan benar. Keduanya sama saja dalam hal perawatan. Bedanya hanya ada pada warna jambulnya saja. Tetapi alangkah baiknya jika kakatua jambul kuning hidup bersama dengan jambul kuning juga, jangan campur dengan jambul putih.