Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Hai teman teman hobinatang.com barangkali di antara kalian ada yang hamsternya sakit namun masih bingung mengidentifikasi jenis penyakit yang diderita oleh hamster anda. Apabila sebelumnya kami sudah membahas ciri ciri hamster sakit maka di sini kami telah menuliskan beberapa jenis penyakit hamster beserta penyebab dan cara mengatasinya.

Perlu diketahui setiap penyakit yang dialami hamster memiliki ciri yang berbeda. Jadi buat teman teman pecinta hamster harus jeli dalam memantau kesehatan hamster mulai dari yang sepele hingga paling parah. Baiklah simak ulasan kami berikut ini.

Jenis Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya


Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Ada banyak sekali macam macam penyakit yang dialami hamster. Meski bertubuh mungil, mereka bisa terserang berbagai penyakit yang juga dialami manusia loh. Apalagi hamster termasuk binatang yang imun tubuhnya agak lemah. Penyakit, bakteri dan kuman akan lebih mudah menyerang tubuhnya.

1. Flu Pada Hamster


Penyebab hamster mengalami flu ialah faktor kedinginan, berada di cuaca dingin dan dimandikan. Ciri ciri hamster yang terkena flu yaitu sering bersin, hidung sering basah, sering duduk membungkuk, dan nafas terdengar berat. Apabila dibiarkan saja bisa menyebabkan penyakit lainnya dan mati. Untuk itulah harus segera diatas dengan cara berikut ini.

  • Letakkan kandang hamster di tempat kering dengan suhu normal.
  • Jauhkan dari air atau tetesan air hujan yang dapat mengenai tubuh hamster.
  • Jangan memandikan hamster.
  • Jangan memegang hamster saat anda sedang flu.
  • Berikan makanan yang lembut.
  • Berikan minuman dengan campuran madu.
  • Atau berikan susu hangat untuk hamster.
  • Berikan alas yang hangat dalam kandang hamster agar cepat sembuh.

Bagaimana, mudah bukan mengatasinya?

2. Urine Hamster Berwarna Merah


Jika anda mendapati urine hamster berwarna merah maka penyebabnya bisa karena ada yang salah pada pemberian pakannya. Mungkin saja ada bahan yang kurang baik dalam kemasan makanan hamster. Solusinya adalah dengan mengganti makanan lain yang alami. Apabila sudah ganti makanan namun urine masih berwarna merah maka bisa kemungkinan terkena infeksi pada kandung kemih atau kencing batu. Segera bawa ke dokter hewan yaa.

3. Kencing Batu Pada Hamster


Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, urine merah pada hamster merupakan salah satu gejala kencing batu, selain gejala tersebut, hamster akan terlihat kesakitan saat kencing dan terlihat lemas. Ada banyak sebab mengapa hamster bisa terkena kencing batu, salah satunya kekurangan asupan cairan atau kurang minum.

Cara mengatasinya anda harus membuat si hammy mengeluarkan urinenya dengan lancar yakni memberinya daun dandelion yang bisa anda beli di warung sayuran. Selain cara tersebut anda bisa menggunakan campuran garam pada air minum atau makanannya lalu tambahkan sedikit jus buah supaya tidak terasa asin. Makanan yang dapat membantu mempercepat kesembuhannya bisa dengan sayuran, jus buah, roti basah yang dilarutkan dengan air jus serta berikan vitamin C.

4. Hamster Diare


Penyebab diare pada hamster ialah karena makanan atau minuman yang sudah basi atau kotor, tempat tinggal yang becek, lembab dan basah, makanan tidak cocok, tidak teratur dan pemberian buah atau sayuran secara berlebihan tanpa selang seling.

Ciri ciri hamster diare yaitu fases berwarna hijau, lembek, bau dan ukuran tidak seperti biasa alias lebih besar. Cara mengatasinya jangan memberi makanan yang basah dan berair, berikan roti kering, pakan kering atau nasi. Untuk minumannya sementara ganti dengan teh hitam atau teh chamomile. Ganti pakan dan minumnya 3 kali sehari sampai hamstee sembuh, lalu bersihkan kandang dan ganti alas dengan yang baru.

5. Penyakit hamster Kista


Bakteri adalah penyebab utama terjadinya penyakit kista pada hamster. Biasanya menyerang di bagian leher. Hal itu menyebabkan hamster kesulitan menelan makanan. Kista merupakan benjolan yang berisi udara atau air namun teksturnya keras. Dan kista juga sewaktu waktu akan semakin membesar.

Apabila kista membesar maka hamster semakin sulit menelan makanan dan minuman. Oleh sebab itu anda harus segera mengatasinya dengan cara mengosongkan benjolan tersebut, walaupun nantinya akan muncul kembali. Caranya tersebut bisa dilakukan oleh vetenarian. Dan bila kista telah pecah segera olesi dengan minyak zaitun agar cepat mengering.

6. Pneumonia atau Radang Paru Paru


Radang paru paru merupakan salah satu gejala penyakit yang disebabkan karena kekurangan protein. Tak hanya itu saja, efek kekurang protein bisa juga terlihat dari bulunya yang sering rontok, kuku kuku yang rapuh, mengalami keterlambatan pada pertumbuhan dan tidak subur. Cara mengatasinya cukup mudah berikan makanan yang mengandung protein seperti daging sapi rebus yang dicacah, telur rebus, kedelai rebus, keju dan daging ayam.

7. Infeksi Telinga Hamster


Penyebab telinga hamster infeksi adalah karena adanya kutu telinga yang bersarang disana. Sebab kutu itulah, hamster menjadi sering menggaruknya dan terjadi infeksi. Jika dibiarkan terus menerus maka kutu kutu tersebut akan menyebar ke wajah dan kaki. Dan apabila sudah terinfeksi maka kulit telinga menjadi tebal, keras dan berwarna hitam.

Cara mengatasinya apabila belum keras atau ada borok dengan memberikan suntikan cairan berupa Ivermectin atau dengan cara oral sebanyak satu kali dalam seminggu. Gunakan krim dari dokter hewan untuk mengurangi rasa gatal pada telinga hamter. Adapun bila sudah menjadi borok maka olesi dengan minyak tawon, minyak zaitun, minyak bawang putih, lavender, rosemary atau daun teh.

8. Ambeien Pada Hamster


Seperti biasa, bakterilah penyebab hamster terkena ambein. Ciri cirinya adalah sebagian dubur hamster keluar dari anus. Hal itu menyebabkan hammy akan kesakitan saat buang kotoran. Yang dapat mengatasinya biasanya dokter hewan. Mereka akan membius dubur tersebut dan dimasukkan secara paksa ke dalam anus lalu menjahit sebagian anus untuk mencegah dubur keluar lagi. Atau jika dubur yang keluar tersebut sudah rusak maka akan dioperasi dan diambil.

9. Hamster Diabetes


Penyebab diabetes adalah asupan gula yang berlebihan. Ciri cirinya yaitu hamster terlalu sering buang air kecil, sering minum, kebanyakan tidur, terlihat lemas, suka bermain jogging whell, badang terlihat gemetar, bulu bagian perut dan tangan rontok, serta kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis.

Untuk mengatasinya cukup mudah, kurangi makanan yang mengandung gula seperti buah dan makanan kemasan pabrik. So, berikan yang mengandung protein tinggi seperti keju, kacang kedelai, dan telur rebus. Jangan lupa sediakan selalu air minum yang bersih supaya hamster tidak dehidrasi.

10. Sembelit pada Hamster


Penyebab hamster sembelit ada dua yaitu kekurangan cairan dan penyumbatan pada usus besar. Biasanya juga karena jarang makan yang berair. Hamster yang mengalami sembelit akan terlihat tidak nyaman, sakit perut dan mogok makan. So, atasilah dengan cara memberikan makanan berair seperti buah, sayuran dan teteskan minyak sayur atau zaitun langsung ke mulut hamster.

11. Obesitas pada hamster


Penyebab hamster terkena obesitas biasanya karena pemberian makanan yang salah. Misalnya terlalu banyak mengandung glukosa. Sehingga badan hamster terlihat sangat gemuk dan ia semakin malas bergerak. Jika dibiarkan saja maka bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Untuk itulah cara mengatasinya bisa dengan membuat hamster terpaksa olahraga, caranya sediakan bola hamster. Atau biarkam hamster berlarian di sekitar rumah dengan penjagaan yang memadai. Di samping itu, anda juga mengurangi makanan manis manis yang sob. Berikan makanan berupa sayuran.

12. Kutu Kulit


Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Penyebab adanya kutu kulit pada hamster biasanya karena kurang menjaga kebersihan kandang atau tertular dengan binatang lainnya. Kutu kulit merupakan parasit yang bentuknya mirip dengan laba laba tapi sangat kecil sekali. Dan bahayanya lagi, kutu tersebut bisa masuk ke dalam kulit hamster sehingga membuat si hammy gatal gatal dan sering menggaruk tubuhnya.

Karena garukan tersebut menyebabkan bulu hamster rontok serta luka pada kulitnya yang bisa infeksi. Nah, untuk mengatasinya anda cukup bersihkan kandang lalu semprot dengan spray anti kutu. Selain itu beri juga tubuh hamster spray namun jangan langsung mengenai tubuhnya. Caranya semprotkam spray nya ke kapas atau cutton bud baru dioles ke badan hamster sampai basah lalu keringkan. Atau bisa juga dengan minyak zaitun, caranya juga sama. Lakukan hal iyu 2-3 kali sehari sampai kutu kulit hilang dan hamster sembuh.

13. Kanker dan Tumor


Adanya kanker atau tumor pada tubuh hamster biasanya diakibatkan karena usianya yang sudah tua dan inbreeding alias pembiakan yang terjadi dengan keluarga sendiri. Maksudnya adalah mengawinkan hamster dengan saudaranya atau sedarah. Meskipun kanker atau tumor sudah diangkat tetap saja nanti akan tumbuh lagi.

So, biarkan saja karena mereka tetap bisa hidup seperti biasa. Hanya saja, hindarkan hamster penderita tumor atau kanker dari benda tajam. Karena dikhawatirkan benjolan kanker atau tumor pecah. Namun jika terlanjur pecah, segera olesi dengan minyak zaitun.

14. Glukoma Pada Hamster


Penyebab glukoma pada hamster umumnya karena  tangan pemegang hamster kotor, terlalu kuat membawa hamster di bagian lehernya serta karena berkelahi. Tanda tandanya adalah bola mata hamster rusak, rongga mata membesar dan penglihatan hamster terganggu.

Sayangnya hamster yang terkena glukoma sedikit sulit disembuhkan karena matanya sudah terganggu. So, anda bawa saja ke dokter hewan nanti akan dikasih obat tetes mata untuk melembabkan mata hamster supaya tidak memperparah keadaan.

15. Hamster Sakit Mata


Jenis Penyakit Hamster Beserta Penyebab dan Cara Mengobati

Alergi debu atau bedding yang berdebu menjadi penyabab mata hamster sakit dan kelebihan cairan. Jika kelebihan cairan maka mata hamster menjadi lengket dan susah dibuka sehingga bila dipaksakan akan muncul kemerahan pada bola matanya.

Karena alergi yang membuat mata hamster gatal lalu hamster akan menggaruknya sehingga kondisi mata semakin parah. Cara merawatnya anda bisa membersihkan mata hamster dengan kain bersih yang sudah dicelupkan ke dalam air panas dan sudah tercampur dengan obat tetes mata seperti Euphrasia.

Selain itu untuk penyembuhannya, anda bisa memakai obat pereda rasa sakit dengan obat yang diteteskan ke dalam air minumnya, seperti obat pulsatilla. Anda bisa membeli obat obatan tersebut ke dokter hewan. Dan hindarkan hamster dari bau asap rokok, bau pembersih lantai serta ganti bedding dengan kertas atau tissu toilet.

16. Gangguan Pernapasan


Sudah sangat umum sekali terjadi pada makhluk hidup adanya gangguan pernapasan disebabkan karena debu atau asap. Hamster yang terkena gangguan pernapasan akan terlihat lesu, terengah engah seperti sangat kecapekan sekali padahal tidak, suka rebahan, napas berbunyi dan napas terlihat pelan.

Cara mengatasinya ganti bedding dengan kertas atau tissue, hindarkan dari asap dan debu, ambil alat olahraganya agar hamster istirahat dulu serta berikan antibiotik sesuai anjuran dokter.

17. Hamster Lumpuh


Mayoritas terjadinya kelumpuhan pada hamster disebabkan karena terjatuh dari tempat yang tinggi. Sehingga kaki atau tangannya mengalami cidera yang membuat hamster pincang dan bisa lumpuh. Penyakit lumpuh bisa sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja anda harus menjaganya agar pemulihan lebih cepat dan maksimal. Caranya hindarkan hamster dari tempat keramaian supaya ia tenang dan bisa istirahat, tempatkan kandang di cuaca hangat, jangan diletakkan di kandang tingkat khawatir mereka jatuh lagi dan semakin parah serta beri vitamin khusus untuk kesehatan tubuhnya.

Demikianlah jenis-jenis penyakit hamster yang umum dialami oleh para hobbies. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi rekan-rekan yang lagi kebingungan karena hamsternya sakit. Thanks U...