12 Jenis Marmut Beserta Gambar dan Harganya No Terakhir Paling Unik

Berbicara soal binatang peliharaan memang tidak ada ujungnya, karena ada banyak sekali hewan lucu di dunia ini yang dapat kita rawat di rumah. Selain kucing, anjing, kelinci atau hamster, masih ada hewan lain yang lucu dan menggemaskan. Salah satunya adalah marmut, atau di luar negri disebut guinea pig.

Guinea pig merupakan jenis hewan yang mirip hamster dari sisi muka dan mirip kelinci dari sisi postur tubuh. Hanya saja dia tidak sekecil hamster dan tidak selincah kelinci. Mengenai klasifikasi dan morfologi marmut bisa anda baca pada artikel sebelumnya: Mengenal Hewan Marmut Secara Klasifikasi dan Morfologi Dilengkapi Gambarnya

Spesies marmut sendiri bukan cuman satu jenis, di dunia ini hampir ada puluhan jenis marmut yang lucu dan bisa dipelihara di rumah. Nah di bawah ini hobinatang.com sudah merangkum jenis jenis guinea pig yang populer dan banyak dipelihara hobis. Yuk simak artikelnya sampai habis.

Jenis Marmut Beserta Gambar dan Harganya Terbaru (Guinea Pig)


Berikut jenis marmut disertai harga terbaru dan foto fotonya:

1. Jenis Marmut Lokal atau American


Jenis Marmut Lokal atau American

Yang pertama dan paling sering ditemui adalah jenis marmut lokal atau sama dengan marmut american (Loh, kok bisa?). Ya sejatinya mereka sama saja yang membedakan hanyalah tempat peranakannya saja. Kalau lahir di Indonesia maka disebut lokal, kalau di habitat aslinya Amerika maka disebut American. Jadi jangan bingung ya. Bentuknya pun sama, ada yang kepalanya agak lancip ada pula yang gak. Silakan lihat gambar di atas.

Jenis Marmut Lokal atau American

Marmut lokal bentuknya hampir mirip seperti tikus namun tentu saja lebih lucu. Bulu marmut lokal juga sedikit tidak sebanyak bulu kelinci dan tikus. Selain itu ukuran bulunya juga pendek pendek guys. Untuk harganya lumayan murah mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 100.000/ekor. Anda bisa mendapatkannya di pasar hewan, di sana sangat mudah ditemukan jenis marmut lokal.

Kalau yang jenis american (impor) mungkin harganya lebih mahal. Bedanya sama lokal ada pada bulunya yang lebih panjang dan postur yang lebih besar. Harganya mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 700.000

2. Jenis Marmut Abbysinian


Jenis Marmut Abbysinian

Yang kedua adalah jenis marmut yang berbulu panjang dan memiliki banyak pusaran di tubuhnya. Jika dilihat kurang lebih ada 7 pusaran atau rossete. Uniknya lagi bulu bulu tersebut kadang sampai menutupi sebagian wajahnya dan postur badannya juga gemuk menggemaskan. Harganya cukup mahal bisa mencapai Rp. 1 juta.

3. Marmut Peruvian


Marmut Peruvian

Jenis marmut peruvian ini termasuk marmut yang harganya cukup mahal. Namun hal itu sangatlah wajar karena postur tubuhnya bagus, pendek namun panjang serta bulu bulunya halus dan panjang sekali. Sampai sampai kalau jalan bulunya ikut jatuh ke tanah. Wow, keren kaannn...untuk mendapatkannya anda harus menyiapkan budget sebesar Rp. 2000.000 loh.

4.  Marmut Texel


Jenis Marmut Texel

Marmut texel juga diminati banyak orang namun sayangnya sangat susah didapatkan alias jarang yang membudidayakannya. Marmut jenis texel ini memiliki tubuh yang sangat menggemaskan sekali, gemuk dan lucu. Harganya cukup mahal berkisar Rp. 3.000.000.

5. Marmut Alpaca


Jenis Marmut Alpaca

Jenis marmut alpaca juga bagus dan lucu hampir mirip dengan marmut texel. Hanya saja ia lebih pendek dan lebih bulat. Bulu bulunya agak keriting. Namun sayangnya marmut alpaca ini tingkat bertahan hidupnya cukup rendah, sehingga membutuhkan perawatan yang super bagus agar tetap bertahan hidup lebih lama. Harganya untuk saat ini berkisar Rp. 2.000.000 sampai Rp. 3.000.000.

6. Jenis Marmut Coronet


Jenis Marmut Coronet

Selanjutnya ialah jenis marmut coronet. Dari namanya saja sudah terlihat unik. Ya, memang marmut jenis yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Ia mampu bertahan lama berada di suhu ruang yang dingin. Di sisi lain, banyak yang mengatakan kalau marmut coroner mirip sekali dengan tupai. Mereka juga suka sembunyi di balik pepohonan dan batu seperti tupai. Harganya sangat mahal, perekornya bisa mencapai Rp. 4.000.000. Wow....

7. Jenis Marmut Silkie/Shilky/Sheltie


Jenis Marmut Silkie/Shilky/Sheltie

Silkie/selthie/silky terserah anda mau menyebut yang mana. Ia memang memiliki 3 sebutan nama namun bentuknya hanya satu saja. Kalau dilihat sekilas mirip marmut jenis peruvian. Bedanya adalah bulu marmut silky lebih tertata rapih, mukanya terlihat jelas karena tidak tertutupi oleh bulu bulunya yang panjang. Harganya untuk saat ini berkisar Rp. 2.000.000/ekor.

8. Marmut Jenis Sheba


Marmut Jenis Sheba

Sebenarnya marmut jenis sheba ini jarang dipelihara sebagai binatang hias. Mereka masih hidup liar bebas di alam aslinya. Bentuknya sama seperti marmut pada umumnya, warna bulu putih dan hitam. Dan bulu tubuhnya sedikit keriting dan pendek. Apabila marmut sheba ini ditangkap dan dijadikan hewan hias maka harganya bisa lebih mahal daripada marmut jenis coronet yakni berkisar Rp. 5.000.000.

9. Marmut Jenis Teddy


Marmut Jenis Teddy

Dinamakan teddy karena postur tubuhnya kayak teddy bear alias panda lucu. Badannya mungil dan tentu sangat menggemaskan sekali. Sayangnya, jenis teddy jarang ditemui di Indonesia. Bulu yang dimilikinya cukup halus dan lembut sekali. Kalau anda berhasil menemuinya biasanya harga dibanderol berkisar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 3.000.000

10. Marmut Abyruvian


 Jenis Marmut Abyruvian

Dari namanya saja sudah cukup jelas kalau jenis marmut yang satu ini merupakan hasil perkawinan silang antara marmut Abyssinian dengan marmut Peruvian. Postur tubuhnya hampir sama seperti indukannya. Bulunya halus dan panjang. Hanya saja jarang yang memeliharanya dan cukup sulit ditemukan di Indonesia. Harganya mulai drai Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000.

11. Jenis Marmut White Crested/ American Crested


Jenis Marmut White Crested/ American Crested

Jenis marmut white crested termasuk jenis marmut american. Hanya ada perbedaan sedikit yakni ia memiliki bulu putih di kepalanya yang menyerupai mahkota sehingga terlihat sangat lucu dan menggemaskan sekali. Badannya gemuk dan bulat serta hidungnya bulat hampir menyatu dengan moncong mulutnya. Harganya umum seperti yang lainnya alias anda tetap menyiapkan uang jutaan. Berkisar Rp. 6.000.000

12. Marmut Skiny


Jenis Marmut Skiny

Mirip dengan marmut sheba yaitu sama sama masih liar dan jarang yang menangkarnya kecuali jika kita yang memesan lalu dicarikan langsung di alam aslinya. Postur tubuhnya lebih besar daripada marmut sheba dan harganya juga lebih mahal berkisar Rp. 7.000.000. Tetapi dengan harga sekian sudah cukup memuaskan dengan kita melihat kelucuan dan lembutnya marmut jenis skiny. Di Indonesia sendiri jarang ada yang punya.

Kurang lebih ada 12 jenis marmut yang cukup terkenal di Indonesia dengan kisaran harga yang sesuai dengan keunggulan dan kualitas si marmut. Ada yang murah dan ada yang mahal. Semakin bagus jenisnya maka semakin mahal pula harganya. Baik itu saja dari kami terimakasih.