Mengenal Burung Kenari, Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Tidak diragukan lagi burung kenari merupakan salah satu burung yang banyak digemari oleh masyarakat karena kemerduan suara dan keindahan warnanya. Dan di artikel hobinatang  ini, kami ingin berbagi informasi terkait klasifikasi burung kenari beserta ciri-ciri, karakter, jenis makanan dan perawatannya. Semoga tulisan di bawah membantu kawan kawan pencinta burung dalam mengenali asal muasal kenari, perawatan dan karakternya. Mari simak bersama sama.

Mengenal Burung Kenari dari Habitat, Ciri Ciri sampai Perawatan


Saya yakin di situs lainnya ada yang sudah menyajikan informasi terkait kenari, akan tetapi di sini saya mencoba menyajikan data yang lebih mudah dipahami dan lebih lengkap tentunya.

1. Klasifikasi Ilmiah Burung Kenari (Sarinus Canaria)


Mengenal Burung Kenari, Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Burung kenari ditemukan pertama kali oleh seorang laki laki pelaut yang berasal dari Perancis. Nama penemu tersebut Jean de Berthan Cout di kepulauan Canary pada abad ke 15. Sedangkan nama latin dari burung kenari ialah Serinus canaria. Ia termasuk keluarga Fringillidae.

Dahulu belanda terkenal suka mengekspor burung kenari di Indonesia yang mana dulunya mereka mengambil burung kenari dari Inggris dan Belgia untuk dikawinkan dengan beberapa jenis kenari liar. Lalu muncullah banyak jenis burung kenari lainnya.

Baca juga: 22 Jenis Burung Kicau dan Namanya

2. Habitat Burung Kenari


Habitat asli burung kenari ialah kepulauan Canary. Sehingga tidak ada hubungannya dengan buah kenari yang kita kenal. Kepulauana Canary sendiri juga memiliki nama latin yaitu Canarias yang bermakna anjing. Sebab dahulu kala, pulau tersebut cukup banyak ditempati puluhan ekor anjing.

3. Karakter Burung Kenari


Mengenal Burung Kenari, Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Burung kenari memang menjadi burung peliharaan favorit masyarakat. Karena ia memiliki karakter unik yang menyenangkan. Di antaranya adalah:


  • Burung kenari suka menyanyi. Meskipun ia dirawat dengan perawatan yang biasa saja, suaranya akan tetap merdu dan tetap bernyanyi dengan baik.
  • Burung kenari mudah beradaptasi. Mereka berasal dari Eropo namun masih tetap bisa hidup di Indonesia dengan baik dan tetap ceria. Walaupun sering berpindah pindah tempat, mereka juga tetap santai dan tetap suka bernyanyi.
  • Burung kenari tidak mudah stres. Ya, seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa burung kenari sangat mudah beradaptasi sehingga sudah tentu mereka tidak akan stres meski berpindah pindah tempat. Sifatnya kalem dan tenang.
  • Suka mengadu suara. Antar burung kenari jantan dengan temannya suka sekali beradu suara. Apabila ada burung kenari sedang berkicau merdu maka yang lain juga akan menunjukkan kemerduan suaranya. Sehingga mereka sering kali adu suara masing masing.
  • Salah satu karakter burung kenari ialah jinak. Mereka tidak suka menggigit dan mau dibawa kemana saja. Sehingga memudahkan kita untuk memeliharanya tanpa harus menjinakkan terlebih dahulu 
  • Birahinya mudah naik. Saat pejantan bersuara gacor dan merdu untuk menarik perhatian si betina maka pada saat itulah si betina juga langsung tertarik. Sehingga mereka segera saling mendekati lalu kawin. Birahi mereka cukup mudah sekali muncul dan naik. So, sangat memudahkan para peternaknya untuk mengembang biakkan burung kenari. 


4. Ciri Ciri Burung Kenari


Sekarang kita sampai di pembahasan ciri kenari. Ciri ciri umum burung kenari adalah bertubuh kecil dengan panjang badan kurang lebih 11-15 cm. Warna bulu bagian depan tubuhnya kuning sitrun dengan garis garis gelal. Sedangkan bagian belakang berwarna kuning cerah.

Adapun bagian sayap ekornya nya berwarna hijau kekuningan, paruhnya berwarna keemasan. Untuk membedakan kenari jantan dan betina  cukup sulit sebab warna bulu, bentuk tubuhnya dan karakterya sama semua.

5. Makanan Burung Kenari


makanan burung kenari

Ternyata penyebab suara burung kenari selalu merdu dan bagus karena ia menyukai beberapa jenis makanan. Di antaranya adalah buah apel, yang mana buah apel ini berfungsi untuk membersihkan tenggorokan sehingga bisa memiliki suara yang jernih dan nyaring. Biji bijian juga disukai burung kenari salah satunya biji mix yaitu campuran dari millet merah dan putih. Selain itu ada juga telur puyuh rebus yang mengandung banyak kalori, kroto, ulat hongkong, biji niger yang berwarna hitam di dalamnya mengandung protein dan lemak  yang menguatkan stamina tubuhnya sehingga menjadi makanan favorit burung kenari, selain itu kenari juga menyukai daun mengkudu muda.

6. Perawatan Burung Kenari


Mengenal Burung Kenari, Klasifikasi Ciri Ciri dan Perawatannya

Setiap pecinta burung pastinya menginginkan peliharannya tetap sehat dan bersuara bagus kan. Nah untuk itulah kalian harus bisa merawatnya dengan baik. Caranya mudah dan tidak banyak membutuhkan biaya.

  • Memberikan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi wajib diberikan pada burung kenari agar suaranya tetap terjaga dengan baik. Untuk jenis pakan yang bergizi sudah kami sebutkan di atas ya. Dan perlu anda ketahui burung kenari jantan tidak boleh gemuk, sebab ia akan menjadi malas berkicau.
  • Rajin memandikan. Agar terlihat cantik dan bersih, anda harus rajin memandikan burung kenari dengan cara disemprot di pagi hari sekitar pukul 07.00. Mandikan burung kenari 2-3 kali dalam seminggu. 
  • Menjemur burung kenari. Setelah burung kenari mandi, jemur  mereka di bawah matahari pagi sekitar pukul 08.00-10.00 pagi ya. Supaya tulang mereka sehat dan tubuhnya kuat sehingga suaranya tetap indah dan merdu. 
  • Membuat burung nyaman. Kalau kandang kotor, air minum jarang tersedia, banyak predator di sekelilingnya itu akan membuat si kenari tidak nyaman dan menjadi jarang bernyanyi. 
  • Memelihara lebih dari satu. Burung kenari termasuk jenis burung yang suka memiliki banyak teman. Karena dengan begitu mereka akan saling beradu suara dan saling bersahutan. Kalau mereka sendirian kemungkinan bernyanyi akan menjadi sangat jarang.
  • Memberikan suplemen tambahan. Tidak hanya makanan pokok saja yang harus diberikan pada burung kenari. Anda juga harus memberikan vitamin dan suplemen agar tubuhnya tetap sehat dan bugar. Contoh suplemen yang bagus adalah testobirdbooster. 
  • Melakukan pemasteran. Apa itu pemasteran? Bisa dikatakan melatih suara agar mempunyai banyak variasi suara. Anda bisa menggunakan mp3 yang berisikan suara suara unik. Lakukan pemasteran ini pada saat mereka masih kecil karena mereka akan lebih mudah menghafal banyak suara. 

Baiklah kami sudahi sampai di sini dulu pembahasan tentang burung kenari yang sudah kami lengkapi gambar dan cara perawatannya. Bagi yang mau belajar ternak burung kenari silahkan baca tulisan saya sebelumnya. Ok, semoga  artikel ini bermanfaat. Terimakasih.