Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina Beserta Perawatannya

Sebelum dimulai, teman teman perlu tau nih seperti apa sih burung perkutut itu? Ya, burung perkutut sangat dipercaya di beberapa kalangan masyarakat dapat memberikan kesuksesan dan rasa damai. Tetapi itu hanyalah sebuah keyakinan zaman dahulu yang sampai sekarang masih diyakini oleh sebagian masyarakat.

Sehingga ia memiliki daya tarik tersendiri, sebab sangat jarang orang memelihara burung perkutut ini. Karena kicauannya kurang menarik alias sangat monoton. Meskipun perkutut termasuk burung kicau. Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua burung kicau itu bagus ya guys.

Namun tidak ada salahnya jika kalian memelihara burung yang bernama latin Geopelia Sriata tersebut. Burung Perkutut memiliki banyak spesies, tetapi yang sering hadir di kalangan masyarakat hanya 2 jenis saja yaitu perkutut lokal dan perkutut bangkok.

Apa perbedaan dari dua spesies tersebut? Perkutut lokal kurang memiliki suara kicau yang bagus namun lebih dipercaya membawa kesuksesan, sedangkan perkutut bangkok memiliki suara kicau yang cukup bagus. Wah, ternyata tidak semua perkutut bersuara monoton ya teman teman. hehehe
Baiklah di artikel kali ini, kami akan membahas terkait cara merawat burung perkutut beserta cara membedakan jenis kelamin perkutut.

Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina


cara membedakan burung perkutut jantan dan betina

Sebenarnya membedakan jenis kelamin burung kicau itu susah susah gampang. Kalau untuk pemula mungkin akan sedikit sulit ya, maka dari itu anda sangat tepat berada di artikel kami ini. Berikut beberapa poin cara membedakan jenis kelamin burung perkutut.

1. Ukuran atau Bentuk Kepala Burung Perkutut


Cara pertama yang paling mudah adalah dengan memperhatikan bentuk kepala si perkutut. Ukuran kepala perkutut jantan lebih besar daripada kepala perkutut betina. Akan tetapi hal ini bukanlah patokan yang pasti karena ada kemungkinan kepala betina lebih besar lantaran lebih gemuk dari pejantan meski usianya sama. Jadi silakan lihat opsi selanjutnya ya.

2. Ukuran Tubuh Perkutut


Sama seperti bentuk atau ukuran kepala ya. Kita bisa lihat dari sisi besar tubuh perkutut. Apabila ukuran tubuh pejantan lebih besar maka tubuh si betina lebih kecil atau mungil.

3. Pandangan atau Bola Mata


Jika kurang yakin dengan dua poin sebelumnya maka sobat bisa melihat dari bola mata. Ya, mereka memiliki bola mata yang berbeda. Milik pejantan cenderung lebih menonjol keluar dan pandangannya cukup tajam sedangkan bola mata milik betina cenderung ke dalam dan sayu.

4. Suara Kicau Burung Perkutut


Kalau sobat mau pelihara perkutut karena kicauannya, maka saya sarankan yang jantan. Karena suara kicau pejantan lebih keras dan nyaring sedangkan betina monoton dan kurang menarik.

5. Tulang Sumpit


Yang terakhir jika anda masih belum yakin juga bisa perhatikan tulang sumpitnya yang terletak di dubur. Milik pejantan teksturnya lebih keras dan sempit dan milik betina lebih lembek dan merenggang.

Nah, setelah sobat tau perbedaan kelamin burung perkutut lalu membelinya. Maka harus dirawat sebaik mungkin. Artikel kami ini khusus untuk pemula yang masih benar benar belum paham terkait perawatan burung. Berikut tips atau cara merawat burung perkutut.

Cara Merawat Burung Perkutut

cara merawat burung perkutut

Merawat burung perkutut sama halnya dengan merawat burung kicau lainnya. Sehingga tidak ada perawatan khusus untuk perkutut ini. Bagaimana caranya? Berikut ulasan dari kami.

1. Rajin Memandikan


Burung perkutut juga perlu mandi ya teman teman. Tetapi mandinya bukan dengan cara diguyur langsung dengan air. Sobat bisa membeli alat semprot atau spray lalu di isi air bersih dan rutin disemprotkan pada tubuh si burung setiap pagi hari. Tidak usah pake sabun ya. Cukup air biasa aja sudah bersih kog.

2. Menjemur Burung Perkutut


Seperti biasa ya teman teman, setelah dimandikan, jemur perkutut pada pukul 8 sampai 10 pagi. Minimal 15 menit sambil ditemani agar perkutut tidak bosan sendirian. Selama menjemur, jauhkan dari predator yang dapat mengganggu kenyamanannya.

3. Memberi Makanan yang Bergizi


Agar perkutut tetap sehat dan kuat, anda wajib memberikan pakan yang kaya protein dan vitamin. Bisa berupa pakan pabrik atau racikan sendiri. Biasanya makanan racikan sendiri itu berupa milet dan jewawut. Adapun makanan tambahannya bisa berupa beras merah dan ketan hitam yang sudah ditumbuk.

4. Berikan Multivitamin


Untuk tetap menjaga imun tubuh burung perkutut agar selalu kuat, maka berikan juga vitamin yang cukup. Vitamin burung bisa didapatkan di toko toko burung ya guys.

Nah itulah beberapa poin cara membedakan jenis kelamin perkutut beserta cara merawatnya dengan mudah dan murah asalkan telaten dan sabar. Baiklah, sampai di sini dulu terimakasih.