Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Cacingan Menular ke Manusia, Ini Buktinya!

Tidak kita pungkiri kucing merupakan hewan lucu, kendati demikian bukan berarti kucing selalu bersih terutama kucing kampung yang bukan rumahan. Maka seyogyanya bagi penggemar kucing yang sayang sama hewan peliharaannya pastilah menjaga kesehatan dan kebersihan si kucing.

Menjaga kucing dari kebersihan dan kesehatannya sangat penting agar kucing terhindar dari penyakit berbahaya untuk kucing dan pemiliknya, termasuk penyakit cacingan. Lantas yang jadi pertanyaan, apakah kucing cacingan dapat menular pada manusia?

Kucing Cacingan Menular ke Manusia

Kucing Cacingan Menular ke Manusia

Kucing yang cacingan bisa menularkan penyakitnya ke manusia. Makanya harus hati-hati dalam merawat kucing agar terhindar dari bahaya penyakit yang menular yang disebabkan oleh kucing. Simak penjelasan dari hobinatang.com tentang bukti penularan kucing cacingan ke manusia:

1. Penularan Telur Cacing 


Infeksi cacingan yang disebabkan oleh cacing tambang dan cacing pita pada kucing. Penularan ini melalui tanah atau pasir yang terkontaminasi dengan kotoran kucing, kulit yang terkena tanah tersebut lantas telur cacing mengenai makanan manusia akan masuk ke perut dan menginfeksi saluran pencernaan manusia.

Maka dari itu ketika mencuci sayur buah harus bersih, dan ketika memasak dipastikan sampai matang untuk membunuh semua parasit yang menempel pada makanan kita.

2. Penularan Cacing Melalui Kulit 


Penularan ini biasanya disebabkan ketika membersihkan kandang kucing. Cacing yang keluar bersamaan dengan fases dapat masuk ke tubuh manusia melalui kulit. Hal ini akan menimbulkan gatal yang luar biasa dan rasa sakit. Apabila tertelan menyebabkan peradangan, sakit perut, dan pendarahan. Infeksi cacing dapat disembuhkan dengan meminum obat antiparasit.

3. Penularan Ketika Membelai Kucing


Cacing pita pada kucing dapat ditularkan melalui kutu kucing. Kutu kucing membawa telur dari cacing. Jadi memang sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah membelai kucing. Meski kucing tidak memiliki kutu, kucing yang sudah terinfeksi cacingan dapat membawa parasit tersebut melalui sisa kotoran yang menempel di tubuh kucing, apalagi kalau kucing jarang dimandikan.

Hal yang harus diperhatikan untuk menghindari penularan yaitu, memastikan kucing sehat, bersih, dan jangan lupa selalu cuci tangan setelah bersentuhan dengan kucing. (Admin/Alfi)

Berlangganan via Email