Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Kucing Tidak Berantem Beserta Cara Mengatasinya

Kucing memang sangat menggemaskan dan memberi hiburan tersendiri mengisi rumah menjadi lebih hidup. Apalahi penghuni kucing di rumah kita itu banyak. Namun terbayang nggak sih kalau kucing di rumah kita berantem terus, sebel kan pastinya denger suara raungan kasar.

Agar Kucing Tidak Berantem Beserta Cara Mengatasinya

Kucing yang berantem sebenarnya hal yang biasa, namun perlu disadari jika kucing berantem juga akan menimbulkan luka pada kucing, dan kalau fatal bisa pada bunuh-bunuhan. Ngeri kan. Jadi kalau ada kucing catlovers yang berantem segera lerai ya. Berikut dari hobinatang.com memberikan tips mengatasi kucing agar tidak berantem.

Agar Kucing Tidak Berantem


Tak dapat dipungkiri lagi semua hewan pasti adakalanya akan berantem, entah berebut makanan maupu tempat. Namun bagi kalian yang mencintai hewan, hendaknya tidak membiarkan hal itu terjadi. So, cegah kucing anda berantem dengan melakukan hal hal berikut ini.

1. Biarkan Saling Melihat Terlebih Dahulu


Ini adalah cara awal. Kucing baru jangan langsung dibiarkan masuk rumah anda bertemu dengan kucing lama. Beri tempat sendiri untuk kucing baru, semisal dikandang. Biarkan kucing lama dan kucing baru saling melihat terlebih dahulu, mengendus aroma masing-masing, dan kucing lama dapat menginvestigasi kucing baru, memastikan jika penghuni baru tidak berbahaya.

2. Biarkan Saling Mengenal


Yang kedua, pastikan kucing anda tidak saling kontak fisik terlebih dahulu. Anda sebagai tuannya mengenalkan dengan membiasakan melihat, bisa dengan anda mengajak kucing lama menemui kucing baru di kandangnya. Coba juga dengan memberikan benda yang beraroma kucing baru dan berikan kepada kucing lama, semisal kain yang diduduki kucing baru, setelah itu berikan juga untuk duduk kucing lama. Begitu juga sebaliknya. Hal ini untuk membiasakan pengenalan melalui aroma.

3. Berikan Perhatian Yang Sama


Jangan sampai memberikan perhatian yang berbeda pada kucing, apalagi kalau memberikan perhatian lebih pada kucing baru, akan menimbulkan ketidak sukaan kucing lama terhadap kucing baru. Hal ini akan menimbulkan konflik.

4. Berikan Kandang yang Berbeda


Kandang yang berbeda di sini untuk awal datangnya kucing baru di rumah anda, pemisahan ini agar kucing lama tidak merasa tempatnya diambil pendatang baru. Kandang ini juga sebagai pemisah awal agar kucing tidak kontak fisik dulu untuk menghindari konflik.

5. Perhatikan Bahasa Tubuh Kucing


Sebelum anda menyatukan kucing-kucing anda, coba perhatikan awal mereka bertemu. Apabila terlihat menaikkan badannya, mendesis, mengerang atau merasa tidak nyaman, segera pisahkan sebelum mereka bertengkar.

6. Ajak Bermain Bersama


Upaya mengajak bermain bersama anda akan memberikan kedekatan di antara kucing-kucing anda. Bermain di sini sederhana saja, bermain dengan tali, dengan bola, atau dengan benda lain yang dapat mengeksplorasi permainan, libatkan semua kucing anda secara bersamaan dalam bermain. Di tahap awal sering-sering ajak kucing-kucing anda bermain bersama dengan anda yang menemani.

7. Beri Pujian dan Kudapan Ketika Kucing Akur


Setelah adanya permainan bersama, apabila dalam permainan tidak ada petengkaran puji mereka, sesekali beri apresiasi berupa hadiah. Setelah usai permainan biarkan mereka bersama dengan pengawasan anda.

8. Berikan Tempat Makan Sendiri


Selama masa awal dan kalau belum terlihat keakraban di antara kucing-kucing anda pisahkan tempat makan mereka. Hal ini untuk menghindari ajang berebut makanan yang bisa mengakibatkan pertengkaran.

9. Pisahkan Kucing Jika Mendesis Atau Merasa Tidak Nyaman


Ketika anda melihat kucing anda mulai agresif, alihkan perhatian mereka dan pisahkan di ruangan yang berbeda. Mengalihkan perhatian bisa dengan mainan, atau semprotkan mainan air pada kucing-kucing anda. Jangan gabungkan lagi mereka jika belum ada tanda kenyamanan.

10. Alihkan Bila Terlihat Agresif


Ketika kucing anda melepaskan kucing anda bersama dan lama kelamaan mulai agresif seperti mendesis, meraung, atau mencoba mencakar coba alihkan dengan permainan, jangan buru-buru mengandang salah satunya. Hal ini sebagai bentuk pembiasaan. Yang terpenting dalam mendamaikan kucing adalah kesabaran anda sebagai pemilik kucing.

11. Lerai Jika Kucing Adu Fisik


Ketika mulai terjadi adu fisik di antara kucing anda segera lerai dan jauhkan satu dengan yang lainnya sebelum ada yang terluka. Lerai dengan tepukan tangan yang keras, dengan mainan, atau bisa juga dengan semprotan mainan air.

12. Pisahkan dengan Cara Halus


Ketika kucing anda bertengkar, pisahkan dengan cara halus dan pisahkan di ruang yang berbeda. Jangan berteriak apalagi melempar benda pada kucing yang sedang bertengkar. Hal itu dapat menyebabkan kucing stres dan bisa semakin bertengkar. Sabar saja menghadapi kucing anda, lama-lama nanti akan terbiasa dan saling akrab.

Demikian tips-tips dari hobinatang.com agar kucing tidak berantem. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk catlovers yang memelihara lebih dari satu kucing di rumah. Sebagai catatan, sebenarnya sebelum kucing berantem pasti ada tanda tandanya sob. Silakan baca tanda tanda kucing akan berantem.

Berlangganan via Email