Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ciri-ciri Kucing Mixdome dan Kelebihannya Semua

Kucing merupakan hewan dengan karakter penghuni rumah yang menggemaskan. Kucing dapat menjadi sahabat ketika di rumah, menghilangkan penat pekerjaan, tugas, dan aktivitas padat di luar rumah. Kucing yang lucu bisa mengembalikan mood agar baik kembali.


Di sisi lain empus ini memiliki banyak jenis, salah satunya kucing mixdome. Seperti apa sih kucing mixdome dan apa saja kelebihan dan ciri cirinya? Yuk sama sama mengenali jenis kucing yang satu ini.

Mengenal Kucing Mixdome


Kucing mixdome adalah kucing yang tercampur genetiknya. Di bumi ini kucing mixdome memiliki populasi terbanyak, yakni 70% hingga 80%. Jenis ini sendiri ada bermacam-macam. Di hobinatang.com akan menjelaskan ciri-ciri dan Kelebihan dari kucing mixdome.

Kucing mixdome adalah kucing hasil dari perkawinan silang. Mix dari bahasa inggris yang berarti campuran sedangkan dome adalah domestik, maka mixdome diartikan domestik campuran. Adapun jenis mixdome sendiri memiliki 6 jenis lainnya yaitu: mixdome persia, mixdome anggora, mixdome himalaya, mixdome siam, mixdome bengal, dan mixdome caluca.

Ciri Ciri Umum Kucing Mixdome

Sama seperti kucing pada umumnya, namun ada sedikit perbedaan. Silakan baca ciri ciri berikut ini

1. Bulu ekor yang panjang 


Bulu ekor dari kucing mixdome dengan ras persia dan anggora akan terlihat pada ekornya. Karakteristik ini menjadi ciri umum dari kucing mixdome.

2. Lehernya pendek 


Leher dari kucing jenis ini cenderung pendek. Jadi seperti tidak punya leher gitu. Lucu kayak boneka. Tapi tidak semua mixdome seperti ini. Hanya beberapa saja dari perkawinan ras tertentu.

3. Bentuk wajah oval


Bentuk wajah dari kucing mixdome umumnya oval ke samping. Ciri ini dimiliki oleh mixdome siam persia dan mixdome anggora. Kalau mixdome bengal cenderung bulat.

4. Bulu kepala dan tubuhnya pendek 


Tubuh pendek adalah ciri-ciri khas dari perkawinan dengan ras persia atau anggora. Dan bulu yang pendek di kepala itu genetika dari kucing lokal.

Di atas adalah ciri-ciri dari kucing mixdome yang bisa ditemui di sekitar kita, untuk umumnya sangat mudah dikenali dengan bulu ekornya yang panjang dan tebal, namun tidak untuk badan dan kepalanya. Kucing mixdome lebih mendominasi sekarang ini daripada kucing domestik.

Kelebihan Kucing Mixdome


1. Mudah beradaptasi dengan manusia 


Kucing mixdome sifatnya yang lebih manja menjadikannya mudah bergaul dengan manusia. Karena tingkahnya yang suka nempel-nempel jadi mudah akrab dengan pemiliknya.

2. Aktif bila diajak bermain


Kelebihan lain dari jenis ini yaitu aktif, serunya kalau bermain sama meong satu ini bisa menghilangkan penat pekerjaan atau kebosanan waktu di rumah tidak ada teman ngobrol.

3. Lebih Menggemaskan Bentuknya


Bulu tebal di ekor ini ciri-ciri dari mixdome Persia yang sering kali mimin temui di jalan. Dan banyak yang memiliki jenis kucing jenis mixdome Persia. Bentuknya menggemaskan karena bulunya banyak hanya di bagian ekor aja.

4. Jarang mengeong 


Kelebihan ke empat kucing mixdome itu jarang mengeong loh. Jadi tidak bikin berisik apalagi gaduh. Cocok untuk peliharaan yang bersifat tenang.

5. Tidak terlalu manja


Kucing mixdome manja tapi kadar manjanya tidak banyak. Karena ada genetika keturunan kucing domestik yang cenderung mandiri. Jadi jenis kucing ini tidak terlalu banyak minta dipangku atau minta dielus sama pemiliknya.

6. Mudah dilatih dan pintar 


Seru aja kalau punya hewan peliharaan seperti kucing mixdome. Hebatnya kucing jenis ini mudah dilatih untuk suatu permainan. Coba saja latih tangkap bola atau lempar bola, biasakan aja nanti lama lama faham.

7. Setia dengan pemiliknya 


Hampir semua kucing itu setia kepada pemiliknya kalau pemiliknya udah sayang sama dia. Tak terkecuali kucing mixdome yang memiliki keturunan kucing ras yang suka bermalas-malasan di rumah dan tidak berani keluar rumah jauh-jauh.

8. Matanya indah, berwarna biru dan bulat


Sebagian kucing mixdome dengan keturunan ras tertentu memiliki khas warna mata yang indah. Biru dan bulat. Yang membuat keindahannya lebih terlihat dan memiliki daya tarik lebih.

9. Fisiknya kuat 


Fisik dari mixdome ini kuat. Dengan fisiknya yang kuat kucing jenis ini tidak mudah sakit. Karena ada keturunan dari kucing domestik yang memberi genetika fisik yang kuat dengan cuaca lokal.

10. Mudah bergaul dengan kucing lain.


Kelebihan dari kucing mixdome juga menjadi alasan masyarakat lebih memilih untuk diadopsi, selain tidak terlalu rewel seperti kucing ras, dia memiliki perawakan yang cukup bagus untuk menjadi teman di rumah.

Harga Jual Kucing Mixdome 


Harga kucing mixdome kisaran 100.000-500.000
Sebenarnya harga dari kucing mixdome tergantung dari keindahannya. Semakin menarik semakin mahal. Begitu juga dengan perkawinan rasnya. Semakin bagus rasnya semakin mahal.

Berlangganan via Email