Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Burung Merpati Paling Akurat

Hai sahabat hobinatang, burung adalah salah satu hewan yang sering dipelihara oleh sebagian masyarakat. Selain lucu, mudah dipelihara juga bisa dijadikan teman loh.

Ada banyak sekali jenis burung yang bisa anda pelihara di rumah. Mulai dari yang harganya murah sampai termahal. Nah, diantara jenis burung yang sangat rekomended adalah merpati. Yang kayak gimana sih merpati itu? berikut ciri ciri burung merpati.

Ciri Ciri Burung Merpati Paling Akurat


Jika melihat ciri ciri merpati hanya dalam satu sisi, tidak akan memuaskan guys. Dan belum tentu itu merpati. Karena semua burung pastinya memiliki ciri khas. So, baca ciri ciri merpati di bawah ini sampai selesai dan paham.

Bentuk Tubuh


Ciri-ciri burung merpati yang pertama bentuk tubuhnya gempal dan diselimuti bulu halus yang memiliki banyak corak warna, namun ada juga yang satu warna tanpa corak, seperti merpati putih.

Bentuk Kepala



Bentuk kepala dari burung ini cukup unik, kepalanya memiliki batok. Batoknya ini menjadi nilai yang bisa diketahui jelek bagusnya kualitas merpati.

Batok kepala dilihat kemiringan antara batok kepala depan dengan pangkal hidung memiliki kemiringan 45 sampai dengan 60 derajat, hal ini lah yang menentukan kelincahan dari burung ini.

Bentuk Paruh


Paruh dari ciri-ciri burung ini yaitu bentuknya kecil dan lancip. Idealnya ukuran paruh merupakan ciri bagus atau tidaknya kualitas dari burung ini. Ukuran ideal itu ukuran yang tidak kecil dan tidak besar. Maka teman-teman bisa memastikan untuk memilih merpati yang bagus itu seperti apa.

Warna Mata


Ciri yang ke-4 adalah warna mata, warna mata dari burung ini tidak tunggal. Yang artinya Ia memiliki dua warna mata. Seperti manusia, merpati memiliki pupil dan kornea yang berbeda warna, perpaduan warnanya pun berbeda beda antara lain ada yang putih dengan merah muda, hijau tua dengan merah tua, hutan dengan kuning dan masih banyak lagi.

Di dalam matanya juga terdapat cincin lingkar. Cincin melingkar di Sisi bawah antara pupil dan kornea. Anda bisa melihat warna matanya dengan jelas di tempat yang redup.

Leher Panjang


Leher burung merpati lumayan panjang daripada burung lainnya. Leher yang panjang ini untuk memudahkan burung merpati melihat tempat yang akan dituju ketika terbang. Ukuran yang pas pada leher merpati tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Sayap Burung Merpati


Sayap burung merpati cenderung lebih besar dan lebih banyak bulunya. Sayap burung ini juga termasuk lebih panjang daripada burung yang lainnya untuk memiliki kemampuan terbang yang optimal.

Bentuk Hidung


Bentuk hidung dari buru g merpati ada bermacam-macam, kenali ciri-cirinya sebagai berikut..

Bentuk hidung dari merpati cirinya panjang, lumayan besar agak menggembung. Biasanya bentuk hidung yang seperti ini memiliki warna kapur pekat dan pangkal bagian bawah menjorok ke belakang.

Bentuk hidung besar, panjang dan trepes (melekat ke paruh). Biasanya memiliki warna kapur pekat yang memiliki garis samar-samar yang sejajar dengan warna kemerahan.

Bentuk hidung yang lebih kecil dan menggembung. Biasanya memiliki warna kapur pekat dan pangkal hidungnya menjorok ke belakang. Ada juga untuk ukuran ini memiliki pangkal hidung yang lurus, jenis merpati yang memiliki hidung ini dapat terbang tinggi tanpa butuh jarak yang jauh.

Macam Macam Bentuk Dada Merpati


Bentuk dada pada merpati ada tiga; V, O, dan elip. Bentuk dada ini yang menentukan kecepatan terbang merpati. Dan burung merpati yang bagus memiliki bentuk dada V. Karena merpati ini berpotensi menjadi merpati balap.

Ciri-ciri lain dari burung merpati yang harus kamu ketahui juga:
  • Memiliki tulang di belakang yang dekat dengan ekor, bentuknya seperti sapit udang.
  • Memiliki brutu dan pinggang yang cukup besar.
  • Memiliki kaki yang panjang, berjari 3, dan berwarna merah.

Ciri-ciri di atas bisa anda temui untuk memastikan burung merpati yang kamu miliki, atau sekadar kamu ingin tahu saja. Perhatikan baik-baik ya setiap cirinya biar gak salah burung. Semoga bermanfaat ya dears... 

Berlangganan via Email