Hallo Kak panggil saja aku Yulianti (bukan nama asli), sebelumnya saya ucapkan terimakasi sama Mimin karena sudah mau ngepost kiriman yang kemarin saya kirim ke email hobinatang@gmail.com. Di sini saya akan berbagi pengalaman berharga bagaimana mengobati sugar glider yang digigit hewan predator seperti tikus.

Mengobati Sugar Glider yang Luka Akibat Digigit Tikus atau Semacamnya

Awal Juli 2017, saya merasakan pengalaman terpahit sepanjang sejarah selama memelihara sugar glider. Yaitu sugar glider saya dimakan/digigit tikus, tepatnya di bagian kaki dan ekor. Tapi ini semua karena kesalahan saya sendiri.

Mengobati Sugar Glider yang Luka Akibat Digigit Tikus atau Semacamnya

Waktu itu saya melepas sugar glider tanpa pengawasan, akibatnya datang seekor tikus, “Hap hap” lalu menggigit. Oh nooooo… Apa yang harus saya lakukan? Bingung, cemas dan khawatir, itulah yang ada dipikiran saya.

1. Bertanya di grup komunitas sugar glider indonesia

Tidak lama kemudian saya sadar kalau saya adalah anggota grup KSGI. Langsung deh saya tanyakan teman-teman di sana, beberapa menit lalu saya mendapat respon dari teman-teman.

Mengejutkan, ternyata banyak juga yang mengalami SG nya digigit tikus. Malah ada yang lebih parah dari saya. Misalnya ada yang lehernya digigit sampai mati, berantem sama tikus sampai mati atau malah ada yang lalai dan SGnya diserang kucing sampai mati.

Pokoknya saya sarankan bagi kalian yang masih belum terkena musibah ini, harus lebih waspada soal ini. Jangan sembarang lepas SGnya kacuali dengan pengawasan kita.

Baik kembali ke tema. Alhamdulillah saya mendapat banyak masukan, rata-rata mereka menyarankan agar SGku diberi propolis, minol, minyak tawon, betadin, alkohol, minyak zaitun dan masih banyak lagi. Karena banyak masukan yang datang, saya pun malah jadi  kebingungan hehe Akhinya saya memakai cara salah satu teman yang jawabannya cukup masuk akal. Bagaimana?

2. Mengobati luka gigitan tikus dengan Alkohol, Betadin atau Minyak Tawon

Inilah langkah-langkah yang saya lakukan ke sugar glider kesayanganku:

Pertama saya pegang SGnya dan membersihkan luka gigitan dengan alkohol (ada juga yang menyarankan dengan air hangat) tapi saya lebih sreg ke alkohol.

Setelah diberi alkohol, tidak langsung saya lepas. Tapi dipegang terus sampai alkoholnya kering. Pokoknya jangan sampai SG menjilatinya.

Ketika sudah kering, saya kasih betadin namun jangan langsung dilepas. Tunggu betadinnya kering. Biar tidak dijilat, bahaya kalau dijilat.

Selain betadin, minyak tawon juga ampuh mengobati luka. (Tapi ada juga yang melarang, karena minyak tawon sifatnya panas)

Tidak lama kemudian (2 hari) lukanya sudah kering.

Nah itulah cara-cara mengobati SG luka akibat serangan predator. Hal semacam ini harus segera diatasi, karena mulut tikus mengandung banyak bakteri dan penyakit. Kalau tidak SG bisa lumpuh (katanya), kalau sudah terlanjur lumpuh sebaiknya diberi/dipijat pakai minyak tawon. Karena minyak tawon berguna untuk menyembuhkan bekas luka dan untuk pijat, meskipun sifatnya agak panas. 🙂

Itulah pengalaman Yuli saat mengatasi sugar glider terluka berdarah. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran. Kalian boleh share pengalaman ini ke grup atau ke teman kamu yang sedang mengalami hal yang sama. Terimakasih mimin

Tags:

One response to “Mengobati Sugar Glider yang Luka Akibat Digigit Tikus atau Semacamnya”

  1. saodol.id Avatar
    saodol.id

    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Leave a Comment