HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Hamster Rontok

Bulu hamster rontok- Memelihara hamster memang sangat menyenangkan, sebab hamster merupakan hewan mungil dan lucu serta menggemaskan, selain itu bulunya juga halus dan memiliki corak warna yang cantik. Tapi di balik itu semua kadang ada saja masalah yang harus dihadapi saat merawat hamster, salah satu masalahnya ialah bulu hamster yang rontok.

Tak sedikit para pemula yang baru memelihara hamster langsung khawatir, bingung dan panik saat melihat bulu hamster pada rontok. Apalagi rata-rata pemelihara hamster didominasi oleh kalangan perempuan dan anak-anak yang kebanyakan mereka suka khawatiran dan panik saat terjadi sesuatu yang aneh. Dalam keadaan khawatir si cewek itu langsung membuka internetnya dan bertanya kepada guru besar google "bulu hamster rontok kenapa?" atau, "mengapa bulu hamster bisa rontok?"

Dari sinilah hobinatang.com akan menjawab pertanyaan di atas secara jelas dan mudah dipahami. Sehingga bulu hamster tidak rontok lagi.

Penyebab Bulu Hamster Rontok


cara mengatasi bulu hamster rontok

Semua permasalahan pasti ada sebabnya, kadang kita perlu mengetahui sebuah sebab bukan untuk menambah luka tapi agar bisa mengambil pelajaran dan bisa mengatasinya. Nah begitu juga dengan rontoknya bulu hamster, pasti juga ada penyebabnya yang kemudian dapat diatasi setelah mengetahuinya. Lalu apa penyebab rontotnya bulu hamster?

1. Kurang Vitamin E

Faktor pertama yang menyebabkan kerontokan bulu hamster adalah kurangnya pemberian vitamin E pada binatang peliharaan anda. Vitamin E sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan bulu hamster, bahkan bukan hanya hamster saja tapi binatang lainnya juga menggunakan ini demi kesehatan rambutnya. Misalnya kucing, sugar glider dan lainnya.

2. Hamster Anda Terkena Alergi

Kasus ini pernah saya alami saat pertama-tama memelihara hamster. Jadi ketika itu kami baru membeli hamster dari toko hewan terdekat, tapi tiba-tiba setelah 7 hari kemudian bulu hamsternya malah rontok dan akhirnya di bagian tertentu mengalami pembotakan (jadi botak).

Kami bingung dan panik "duh' bagaimana nih cara menumbuhkan bulunya yang rontok", setelah ditanyakan pada penjualnya ternyata karena alergi, bisa dari makanannya atau dari serbuk kayu pinus.

3. Faktor Usia si Hamster

Selain karena kurangnya vitamin, alergi, rontoknya bulu hamster juga bisa disebabkan karena usianya yang sudah tua. Misalnya anda sudah lama memelihara hamster, sejak dari bayi sampai umur 2 tahun, lalu tiba-tiba bulunya rontok satu persatu, maka kalian tidak perlu khawatir karena bisa jadi memang usia hamster anda yang sudah tua. Yang seperti ini adalah kejadian yang wajar dan alamiah (sudah takdirnya). Tapi Insyaallah masalah ini juga bisa diatasi dengan mudah, silakan baca sampai selesai nanti kalian akan menemukan caranya.

4. Faktor Serangan Kutu Hewan

Penyebab terakhir dari rontoknya bulu hamster adalah karena serangan dari kutu hewan. Bila hamster sampai memiliki kutu tentu dia akan merasa gatal-gatal dan tidak nyaman sehingga si hamster tersebut akan menggaruknya lalu bulunya rontok ke bawah.

Nah, itulah 4 penyebab bulu hamster rontok, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Bulu Hamster yang Rontok


1. Kurang Vitamin E

Bagi hamster-hamster yang kekurangan vitamin E, sebaiknya bisa langsung beli vitamin berbentuk cair di pet shop atau apotik terdekat. Tapi harusnya kalian sudah memilikinya sejak pertama kali membeli hewan ini. Karena biasanya si penjual hamster pasti menawarkannya.

Sebagaiman saya dulu ketika membeli hamster di toko hewan lalu ditawari vitamin hamster oleh penjualnya, maka langsung kami ambil, sebab saya berfikir jika penjual lebih tahu tentang hamster dibandingkan kita yang nubi (pemula).

Untuk aturan pemakaian, kalian cukup memberikan vitamin E satu tetes selama 2 hari sekali.

2. Karena Alergi

Jika diberi vitamin ternyata masih rontok juga, bisa jadi dia terkena alergi makanan. Maka solusinya kalian harus menggantinya dengan makanan lainnya atau makanan sebelumnya yang tidak membuat si hamster alergi.

Ingat menangani kerontokan rambut hamster akibat alergi butuh ketelitian dan perhatian yang kuat dan tepat.

3. Faktor Tua

Sebagaimana sudah disinggung di atas bahwa bulu hamster yang rontok karrna faktor usia juga bisa diatasi dengan mudah. Caranya sama seperti penyebab no satu (kekurangan vitamin). Berilah vitamin E supaya stabilitas tubuhnya seimbang dan bulunya bisa tumbuh lagi seperti sediakala.

4. Kutu Hamster

Pasti kalian semua sudah tahu kan bagaimana mengatasi kutu hewan? Ya, caranya adalah dengan memberi obat sesuai dosis dari dokter. Kalian jangan tanya belinya ya?! karena admin tidak akan ngasih tahu jika beli obatnya di apotik atau pet shop. #eh

Ok, it is simple! Selamat mencoba dan salam sukses.

Itulah informasi tentang tips/cara mengatasi bulu hamster yang rontok beserta penyebab-penyebabnya, semoga ini bermanfaat. Share

0 Komentar Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Hamster Rontok

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top