HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mengatasi Sisik Ikan Arwana Lepas Akibat Penyakit Borok

Cara Mengatasi Sisik Ikan Arwana Lepas-Ikan arwana merupakan jenis ikan hiasq air tawar yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, kemewahan serta keindahan sisiknya membuat daya tarik tersendiri bagi mereka, dan setiap masing-masing jenis ikan arwana memiliki corak sisik yang berbeda yang nantinya akan menentukan kualitas dari ikan itu sendiri, semakin bagus sisiknya maka akan semakin tinggi harganya.

Jadi sisik memang benar-benar menentukan kualitas dan harga jual ikan awrana itu sendiri, maka tak heran pemiliknya akan pusing tujuh keliling jika ada satu keping sisik ikan arwana yang terkelupas dan copot.

Apa penyebab sisik ikan arwana lepas? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada obat khusus untuk sisik ikan arwana yang terkelupas?

Penyebab Sisisik Arwana Lepas dan Copot


Sahabat hobinatang.com hampir semua pemelihara ikan arwana pasti pernah mengalami masalah ini, malah kadang sebab hilangnya sisik arwana tersebut tidak diketahui secara pasti oleh pemiliknya, padahal mengetahui penyebab terkelupasnya sisik arwana sangat penting, karena untuk mengatasinya kita harus tahu pasti sebabnya.

Kami membagi penyebab copotnya sisik arwana menjadi dua bagian.

Sisik Arwana Yang Lepas Karena Hal Wajar

Cara Mengatasi Sisik Ikan Arwana Lepas Akibat Penyakit Borok
ilustrasi, gambar asli moccia.blogspot.com

Jika terkelupasnya sisik ikan arwana anda disebabkan karena berbenturan dengan kaca atau terkena jaring, maka anda tidak perlu khawatir dan pusing-pusing memikirkan cara mengobatinya, karena secara alami sisik yang lepas tadi akan tumbuh kembali dengan sendirinya bagaikan rambut yang habis dicukur, meskipun proses pertumbuhannya juga membutuhkan waktu lama.

Sisik Arwana Terkelupas Karena Penyakit


Nah untuk yang ini anda perlu khawatir dan harus segara diobati. Ok mari simak penjelasan di bawah ini:

Penyakit Borok

Cara Mengatasi Sisik Ikan Arwana Lepas Akibat Penyakit Borok

Penyakit borok kadang bisa menyerang ikan kesayangan kita, dan untuk mengetahui ciri-cirinya anda cukup melihat bintik-bintik merah yang ada di perut ikan, biasanya sisik terkelupas mulai dari pangkal ekor lalu sebagian besar kulitnya berwarna kemerah-merahan dan juga akan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh yang terserang serta sisik di sekitarnya terlihat berdiri.

Penyakit borok pada ikan arwana muncul karena bakteri lernea, yang meresap ke lapisan daging ikan melalui sela-sela sisik. Jika anda tidak segera mengobatinya, sisik yang tersebut akan lepas dan timbul borok di daerah yang terserang. Bagaimana cara mengobatinya?

Cara Mengobati Penyakit Borok Pada Ikan Arwana


Cara mengatasi penyakit borok pada ikan arwana yang belum terlalu parah bisa diobati menggunakan Tetracicline, Furazan Gold atau gold 100 berbentuk bubuk dengan dosis 0,5 gram dalam 10 liter air dan bisa dikurangi seiring dengan proses penyembuhan. Atau anda juga bisa menambahkan garam ikan sebanyak 10-25 sendok makan tapi semua tergantung pada ukuran akuarium.

Lakukanlah cara di atas selama 5 hari berturut-turut dengan pergantian air setiap 24 jam. Selama proses penyembuhan sebaiknya selalu diberi makanan yang bergizi pada ikan arwana, seperti katak, jangkrik dan belalang. Hindari memberi makan daging ikan karena dikhawatirkan daging tersebut mengandung bakteri Argullus indicus atau lernea yang akan memperburuk kondisi ikan anda.

Itulah tips lengkap cara mengatasi sisik ikan arwana yang lepas karena penyakit borok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi para pencinta ikan arwana di Indonesia. #salambasah thanks to tipsikan.blogspot.com

2 Komentar Cara Mengatasi Sisik Ikan Arwana Lepas Akibat Penyakit Borok

  1. Trims artikelnya..untung sisik aro punyaku sudah mulai tumbuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama om, moga ikannya sehat terus. Kalau ada masalah tanyakan saja om, tim kami akan menjawab.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top