HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Menjinakkan Musang Liar atau Baru Beli (Khusus Pemula)

Musang liar atau musang yang baru dibeli dan umurnya sudah mencapai 3 bulan ke atas biasanya susah untuk dijinakkan bagi para pemula. Hal itu karena pada dasarnya musang adalah binatang liar yang hidup di pepohonan. Namun, sebenarnya melatih musang agar jinak itu sangatlah mudah apabila kita mengetahui caranya, sebab musang adalah hewan yang cerdas dan pintar, maka tak heran jika komunitas-komunitas musang sudah tersebar dimana-mana.

Bagaimana cara menjinakkan musang yang tepat?

Dear musang lovers, sebelum menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya perhatikan dulu poin-poin di bawah ini, sebab Anda tidak akan pernah berhasil menjinakkan musang, baik jenis musang pandan, musang akar, musang bulan atau jenis musang lainnya sebelum tahap ini dilakukan:

1. Jangan Membeli Musang Jika Tidak Siap Menerima Resiko


cara menjinakkan musang liar dan baru beli

Banyak para pemula yang memelihara musang karena mengikuti tren atau sekedar ikut-ikutan sahabat terdekatnya, sehingga membelinya pun terkesan dipaksakan tanpa ada niat untuk merawat. Nah jika memang seperti itu, maka jual saja musang yang baru anda beli, sebab akan menyiksa si musang jika kurang perawatan.

Memelihara musang itu harus menerima resiko-resiko, seperti digigit, dicakar dan kencing serta pup sembarangan, maka saran dari kami untuk para pemula, belilah musang yang masih bayi kira-kira usianya di bawah 3 bulan karena gigitannya belum terlalu kuat, dan untuk menjinakkannya pun lebih mudah. Namun jika anda terlanjur membeli musang yang liar atau masih galak, maka perhatikan poin berikutnya.

2. Hilangkanlah Rasa Takut saat Menjinakan Musang dan Bersabarlah

cara menjinakkan musang liar, digigit musang

Jauhkan perasaan takut anda terhadap musang saat melatihnya, karena semakin banyak digigit maka akan semakin terbiasa, jika sudah terbiasa maka pada akhirnya ketika anda digigit musang, rasanya sudah seperti digigit semut. Selain itu, kalian harus bersabar, karena untuk menjinakkan musang membutuhkan waktu 1 atau 2 pekan. Bahkan jika kurang maksimal bisa satu bulan lebih.

3. Merawat Musang Dengan Kasih Sayang


Hal ini memang terlihat agak lebay, namun si musang memang membutuhkan kasih sayang dari kita. Semakin disayang maka dia akan semakin mengenal owner atau pemiliknya. Jangan sekali-kali memangkur (memotong sebagian atau seluruh gigi) musang karena hanya akan menyiksanya, bayangkan jika gigi utama kita juga dipangkur, bagaimana rasanya?

4. Memberi Makan Musang Dengan Tangan Kita (handsfeed)


Untuk mempercepat proses penjinakkan maka sebaiknya kalian harus sering-sering memberi makan musang dengan cara disuapin, sebagaimana kita menyuapin si Dewi, tetangga sebelah.

Bukan hanya meletakkan makanan di kandang lalu ditinggal pergi. Mana kasih sayang dan perhatiannya bro? tenang bro, kalau dia dah seneng dan jatuh cinta, tidak bakal mengecewakan kamu ko'. So, jalan terbaik para jomblo adalah memelihara musang.

5. Memberikan Nama pada Si Musang


Selain bayi, musang juga harus diberi nama juga loh. Terserah mau dikasih nama Tarno, Surimi atau yang lainnya. Hal ini agar si musang bisa mendekat saat dipanggil dengan namanya (bonding). Enak bukan?

Nah, itulah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum mempraktekan tips dan trik cara menjinakkan musang.

Cara Paling Efektif Dalam Menjinakkan Musang Peliharaan


Cara yang akan saya tulis ini hasil dari sharing teman-teman musang lovers di forum-forum facebook (Musang Lovers Indonesia). Tentunya ini sudah dipraktekkan oleh mereka, sehingga benar-benar efektif dan ampuh.

1. Yang pertama kali harus kalian lakukan adalah melakukan pendekatan kepada musang, sebab musang galak karena dia belum mengenal pemilik barunya. Sentuhlah pelan-pelan menggunakan kayu, botol atau semacamnya. Hal ini agar terhindar dari gigitan, kalau memang sudah master mah tidak masalah.

2. Tarohlah pakaian bekasmu di dalam kandang musang, supaya si musang mengenal bau pemiliknya. Bila perlu yang habis dipakai dan masih ada keringatnya. Jika dipakai tidur musang justru malah lebih bagus, meskipun sedikit jorok tapi tak apalah, demi musang.

3. Saat memberi makan dengan tangan atau saat melakukan pendekatan, sebaiknya dengan hati-hati, perlahan dan tidak membuat si musang kaget. Karena hewan peliharaan yang satu ini mudah terkejut.

4. Ketika sedang memberi makan dengan tangan atau mengelus, sebaiknya jangan takut atau kaget saat si musang mau menggigit atau bersuara, sebab sebenarnya dia sedang menguji apakah kita ini musuh atau bukan. Sehingga jika kita kaget, apalagi langsung menarik tangannya sambil teriak, maka si musang tersebut akan menganggap kita sebagai musuh, dan proses penjinakannya bisa lebih lama.

4. Biasakan memanggil nama si musang ketika memberi makan atau saat santai. Jangan lupa untuk gosok gigi supaya nafas lebih segar.

5. Jika tahap satu sampai empat sudah paham, maka tahap berikutnya adalah membelai si musang sedikit demi sedikit, jangan pernah ragu untuk melakukan ini. Jika anda merasa si musang lebih jinak, maka bisa dilakukan eksperimen dengan menggendongnya di atas pundak kita.

cara menjinakkan musang liar dan baru beli

6. Apabila sudah bisa digendong, cobalah untuk memandikan si musang, minimal 2 kali sehari. Karena dengan memandikan musang, akan membuatnya lebih jinak.

7. Yang terakhir yaitu, lakukanlah proses penjinakan di atas dengan rutin, sabar dan terus berjuang. Nikmati terus prosesnya, jika sudah berhasil anda juga yang senang, karena bisa dibawa kemana-mana.

Nah, itulah 7 proses menjinakkan musang. Yang paling penting, kalian bisa membaca pendapat para master musang tentang cara menjinakkan biar si musang bisa akrab, diambil dari grup facebook Musang Lovers Indonesia, semoga bermanfaat.

Tips Menjinakkan Musang dari Komunitas Grup Facebook (MLI)


Cara Menjinakkan Musang dari Ray Animale

cara menjinakkan musang liar, memotong kuku musang

"Kalau mau menjinakkan musang remaja atau dewasa, maka proses pertama yang paling aman adalah memberikan makan hingga stabil dan mengebal dengan kita. Kemudian, menggunting kukunya, tapi hati-hati jangan sampai kena pembuluh darahnya. Memotongnya bisa dibawa ke dokter. Kemudian balut tangan kanan pakai glove kulit, lalu pegang dan sentuh seluruh bagian badan musang. 
Setelah itu mandikan si musang, baik disemprot maupun diguyur. Ulangi terus sampai beberapa hari, jika sudah lumayan, tarohlah dibadan terus menerus. Oh ya, agar telinga kita tidak digigit maka pakai saja kupluk di kepala yang menutupi kuping, jika yakin sudah tidak menggigit tidak pakai tidak masalah"

Cara Menjinakan Musang dari LuckyYoga Adhiyana

"Susahnya menjinakkan musang ini seperti yang saya alami dulu waktu pertama kali membelinya. Kalau mau akrab dengan musang maka ketika di dalam kandang jangan posisikan tangan kita tepat di depan wajahnya, sebab itu artinya ancaman bagi si musang sehingga kalau bisa ketika musang di dalam kandang tangan kita langsung menyentuh punggungnya sambil dibelai-belai.
Kalau musang membalikkan kepala dan seolah-olah menggigit maka dihindarkan saja dan dielus lagi, pokoknya seperti itu dibiasakan terus menerus, jika masih galak maka jangan meletakkan makanan di dalam kandang, sediakan saja pisang atau pepaya dan diiris sebesar mulut si musang kemudian disuapka satu persatu.
Kalau mau mengambil dan menggendong si musang maka jangan langsung diambil badan atau ekornya karena pasti dia langsung pegangan dengan erat dan membuat si musang bisa stres, yang benar adalah tangan kita masuk ke antara kaki depan sampai ke paha belakang, nanti dia pasti lepas pegangan dan langsung memeluk tangan kita, pokoknya sering-sering di handsfeed dan digendong, itu versi saya lho..."

Cara Menjinakkan Musang Versi Ode Lita

"Ketika saya membaca keluhan tentang musang-musang yang belum jinak dan suka menggigit sampai berdarah-darah, saya jadi teringat saat menaklukan bobo. Dulu tangan saya memegang ekornya dan tangan kiri mencoba membelai kepala belakangnya. Ketika dia mau menggigit, maka saya cepat-cepat menyodorkan ekornya ke mulutnya akhirnya diapun merasa kesakitan dan dia kapok akhirnya jinak deh..."

Cara Menjinakan Musang dari Saudara Egi Zainal

"Kalau mau menjinakan musang liar maka dilihat dulu usianya, misalkan kita dapat musang yang dewasa maka cara menjinakannya dengan sering memandikannya karena dapat mengurangi insting kebuasannya, bertatapan langsung ketika memberi makan karena dapat mengenal pemiliknya."
Nah, akhirnya selasai juga tips dan trik cara menjinakkan musang liar atau baru beli yang sangat efektif dan terbaik, disertai panduan lengkap dari komunitas MLI. Terimakasih mli atas referensinya #salamwangi

13 Komentar Cara Menjinakkan Musang Liar atau Baru Beli (Khusus Pemula)

  1. Hahaha, jujur dulu sempat bete banget sama musang. Soalnya punya piaraan burung dara banyak, tiap malam suka ada musang ngedatengin buat makan tu burung dara. Untuk gambar musangnya, baru tau ada musang putih.

    ReplyDelete
  2. ane sih takut bener sama musang, anak pitik dirumah sering dicuri entah dmkan ato apalah
    ane kecil pernah kecakar musang

    ReplyDelete
  3. Saya mau taya saya beli musang umurya 11 bulan mas .kataya dulu pernah jinak .karna kurang ke hendel skrg galak lagi mas .saya mau taya .klu biar jainak lagi gimana mas .

    ReplyDelete
  4. Saya mau taya saya beli musang umurya 11 bulan mas .kataya dulu pernah jinak .karna kurang ke hendel skrg galak lagi mas .saya mau taya .klu biar jainak lagi gimana mas .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan cara menjinakkan musang di atas mas, dulu ada juga anggota musang lovers yang sebelumnya jinak dan jadi galak gara2 kurang diajak main trus kembali lagi dijinakan seperti di atas. Akhirnya bisa jinak kembali

      Delete
  5. Mas saya mau tanya musang saya galak tpi sekarang udh bisa dielus biasanya gk bisa dan kalau digigit itu terkadang dan pas saya perhatikan entah kenapa kayak ada luka di kakinya entah itu jamur atau apalah gambarnya itu putih ke cokpatan dan itu kayak ngelupas pas saya baru beli sehat aja itu gimana cara nyembuhinnya mas atau harus ke dokter hewan kalau kesana habis brapa ya itu aja makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau biaya dokter hewan sepertinya tergantung pada domisili masing-masing mas. Di sini konsultasi saja nyampe 30-50, belum lagi obatnya. Kira kira 100-150 an mas. Itu tergantung pada tingkat ke parahannya ya. :) dan syukur-stukur dapat dokter hewan yang konsultasi gratis.

      Kalau untuk menyembuhkan jamur Silahkan baca,

      Cara mengatasi jamuran pada musang

      Delete
  6. Musang saya usia 2 bln semalam lepas itu kira2 bisa balik lagi ke landang gak ya..?? Dan musangnya semi jinak
    Mohon di komentar para suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semi jinak usia 2 bulan lepas. Saya kira susah untuk kembali. Tapi bisa kembali. Semoga musang mas cepat kembali ke rumah.

      Sebaiknya dipancing mas. Biasanya di rumah di kasih makan apa. Coba pancing biar mau kembali. Kalau lepasnya di atas pohon, bisa di taroh di bawah atau d ranting. Terimakasih

      Delete
  7. saya mau tanya ini gan, sebelummya kenalin nama ane setiawan blogger newbie yang sedang belajar bikin artikel tentang musang.

    apakah sebelum musang mengerti dengan panggilan yang kita kasih ke musang kita, kita belum bisa lanjutkan cara penjinakkan untuk digendong, dielus atau kita pegang?

    ane masih belum paham betul cara yang pasti untuk menjinakkan musang yang galak ataupun masih liar.
    ane pernah jinakkin musang tapi nggak begitu jinak kepada orang lain, yang bisa kita sebut oneman.

    mohon penjelasannya ya gan, terima kasih sudah boleh mampir dimari.
    boleh mampir2 gan, barangkali ada saran ataupun kritik untuk blog ane.
    sebelumnya mohon dijawab dulu pertanyaan ane ini gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemberian nama dan panggilan hanyalah isyarat agar anabil paham bahwa pemilik nya sedang memanggilnya. Tapi untuk memperoleh ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar,

      Ada salah satu musang saya yang sudah jinak dan tidak menggigit, tapi saat dipanggil masih belum merespon.

      Makanya penting nya memanggil saat memberikan makan.

      Terus berkarya Mas.

      Delete
  8. Anonymous15 August

    Pwrkenalkan dulu nama saya septiar aziz.

    Mas mau nanya kan saya baru beli nih musang akar jantan umur 2 bulan lebih 18 hari .. nah si musang ini galaknya minta ampun kalo di pegang suka gigit2, tangan saya ampe berdarah ���� .. nah tapi kalo taro di pundak anteng banget. Gimana ya mas biar cepet jinaknya . Ownernya bilang si semi jinak.. tapi di elus gamau kalo di elus kepalanya malah ngigit . Di elus di perutnya (badannya) sama ngiggit juga .. dan kadang dia suka bunyi gitu. Sayanya bingung. Ini pertamakalinya saya miara muskar mas. Sebelumnya saya juga punya muspan semi 4 bulan . Tapi galaknya ga separah ini. Kalo ini de elus masih mau.. dan sya bilang ke ownernya katanya setres di perjalanan.. emang ngaruh ya mas? Haaha maaf saya banyak nanya . Oh iya satu lagi mas . Emang ngaruh juga ya kalo poopnya cair karna setres . Tapi pas poop ke 2 dan ke 3 nya ga cair . Ya sama kaya warna makanannya (pisang).(apa itu wajar?) mohon di jawab ya mas ���� terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar om kalau masih suka gigit, kan baru beradaptasi sama owner barunya. Untuk saran pertama, dipakein harnes dulu, pegangnya pake elap atau kaos tangan. Lalu dimandikan, kalau sudah kering kasih makan biar kenyang . Baru hendel pake tangan, diusap dulu dari belakang jangan dari depan, sampai selanjutnyah begitu...

      Lalu seterusnya di kasih pisang potong dulu jangan lupa saat memberikan makan pisang sambil panggil namanya. Lakukan setiap hari, maka lambat laun akan jinak..

      Yang terpenting jangan berpikir untuk menyakitkan, soalnyah karakter semua hewan membaca pikiran kita semua. Sering2lah di taro di atas dada kita atau diatas kandang, selama seminggu biarkan dikandang dahulu biar beradaptasi sama lingkungan barunya.

      Jika sudah seminggu dikeluarkan pakai kandang, jangan takut kabur kan pakai hernes ( tali bwt hewan )?! Supaya tidak kabur ajaklah jalan2 naek motor beradaptasi dengan keramaian slamat mencoba.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top