HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Penyakit Jamuran pada Musang

Apakah musang sobat sedang terserang penyakit jamuran? Jamuran adalah salah satu jenis penyakit musang yang bisa membahayakan tubuhnya. Penyakit ini bisa terjadi karena diakibatkan oleh kondisi kandang yang kotor, kurang dirawat dan kurang diberi makanan yang bernutrisi.

Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Penyakit Jamuran pada Musang
Foto musang jamuran by grup Musang Lovers A/N AldinoRomanda

Apabila sobat malas membersihkan kadangnya lantas si musang terserang penyakit jamur, maka ini murni kesalahan kalian. Jadi sebaiknya mulai hari ini teman-teman lebih perhatian dan lebih sayang lagi sama binatang peliharaan musang Anda. Supaya tidak ada bakteri yang tumbuh berkembang di kadangnya. Merawat musang itu simpel, perhatian, sayang dan telaten.

Seperti apa ciri-ciri penyakit jamuran pada musang? Bagaimana cara mengatasinya?

Ciri Ciri Penyakit Jamur pada Musang dan Cara Mengatasinya


Berikut ini adalah gejala musang yang terkena jamur:

  1. Musang sering menggaruk-garuk kulitnya sendiri di bagian yang terkena jamur. Sehingga musangnya jadi korengan.
  2. Setelah itu akan muncul bintik-bintik merah di tubuhnya.
  3. Kemudian jika tidak segera ditangani akan mengoreng dan membusuk.

Cara Mengatasi Penyakit Jamur Pada Musang


Setelah kita mengetahui penyebab terjadinya penyakit jamuran pada musang, sekarang bagaimana cara menghilangkan jamur pada musang:

Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Penyakit Jamuran pada Musang
Foto telinga musang jamuran by grup Musang Lovers A/N Guntur A.Gabe

  • Keluarkan musang dari kandang.
  • Kemudian bersihkanlah kandang musang dengan air, lalu dijemur di bawah terik matahari. Dan untuk mencegah supaya kuman tidak tumbuh lagi, disarankan agar di lap dengan Karbol or Bayclin setelah dijemur, lalu diolesi minyak ikan setiap hari. Intinya jaga selalu kebersihan kandang.
  • Mandikan musang dengan air dan antiseptik cair, tapi jangan pakai dettol nanti malah bisa terjilat musang dan keracunan akhirnya meninggal dunia. Silahkan baca, "cara memandikan musang yang baik dan benar" supaya tidak salah dalam memandikannya.
  • Namun saya lebih menyarankan untuk dimandikan dengan air hangat daun sirih.

Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Penyakit Jamuran pada Musang
Musang jamuran dimandikan by Perdi Pertama

  • Setelah mandi, berikan obat salep khusus untuk hewan, bisa dibeli di petshop terdekat atau apotek. (Beberapa hobbis memberikan revanol atau minyak VCO setelah dimandikan air hangat). Tapi menurut saya lebih bagus pakai obat khusus.
  • Tunggulah beberapa hari, apakah ada perubahan atau tidak, jika tidak sebaiknya langsung di bawa ke dokter hewan.

Nah itulah tips mengenali ciri ciri penyakit jamur pada musang dan cara mengatasinya. Kalian perlu mencermati Apakah jamuran atau korengan pada musang anda disebabkan oleh jamur biasa atau scabies.

15 Komentar Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Penyakit Jamuran pada Musang

  1. Anonymous16 December

    Mas kok muspanku kalo jilatin tubuhku kok aku jadi gatal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bakteri mas, layaknya kuku musang yang kotor dan mengakibatkan gatal gatal pada kulit manusia apabila terkena.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Anonymous17 December

      Solusi nya gimana dok

      Delete
    4. Gatal gatal itu cuma ruam mas, dulu musang kami suka naik punggung dan nyakar kulit. Akhirnya gatal dan ruam, cukup kasih bedak herosin, ruam merah di kulit hilang sendiri.

      Untuk musang, berilah makanan yang higenis. Kalaupun pisang, berilah pisang segar, dan lain sebagainya.

      Semoga membantu..

      Delete
  2. Mas muspan saya itu ada bintik merah kayak jamur gtu tp kering.. Ttp katak tips diatas kah ngatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kering, mungkin sudah jadi koreng mas. Iya caranya persis seperti yang kami tulis di atas. Usahakan jangan termakan ya detolnya.

      Delete
  3. mas kalo musang yg masih spet,boleh ga dimandiin basah?apa cuman dilap aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang mengatakan musang usia 2 sampai 3 bulan tidak boleh dimandikan. Karena belum bisa nahan dingin. Tapi kami sendiri memandikan musang usia 2 bulan, Meskipun tidak sering. Cukup dua kali atau satu kali dalam seminggu.

      Kalau takut, bisa pakai tisu basah dulu.

      Delete
  4. Obat tradisional untuk ngilangin jamur musang di punggung pake apa yah selain pake daun sirihh

    ReplyDelete
  5. Ada banyak cara mengobati jamuran pada musang. Pertama mandi dengan sampo musang ,terus dikasih lidah buaya atau semacam minyak telon kalau dia kutuan.

    ReplyDelete
  6. Mas muspan saya jamuran tapi sudah kering apa boleh saya beri jamur kulit tsb d oles kan salep nosip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jamuran gampang saja mas. Mandiin saja pake air rebusan sirih. Kalau diolesi biasanya teman teman memakai minyak kelapa kalau tidak VCO. Ritin saja om

      Delete
  7. mas Ko Musang Saya Kulitnya Pada Terkelupas Dan Mengeluarkan Banyak Cairan Hijau Seperti Itu Ya yang biasa Disebut dengan Nanah.Kira Kira Itu Penyakit Apa Ya Mas Kasian Saya Liat Musang Saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti jamuran itu Om rebusin air hangat daun sirih biar lebat lagi dikasih minyak kemiri. Simpel aja Om nanti normal lagi bulunya

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top