HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Memandikan Musang yang Baik Menurut Para Ahli

Bagaimana cara memandikan musang? Memandikan musang adalah sebuah kewajiban bagi pemeliharanya. Dengan dimandikan secara teratur, si musang akan sehat, bersih dan terhindar dari penyakit. Tapi tentunya tidak dilakukan secara sembarangan, karena di sana ada teknik khusus dalam memandikannya agar tidak menyerang, menggigit dan merasa nyaman. Apalagi musang yang belum jinak atau galak, hemt pokoknya hati-hati deh.

Maka dari itu, hobinatang.com di sini akan berbagi tips memandikan musang yang baik, menurut saya pribadi dan para ahli member-member grup MLI (Musang Lovers Indonesia) yang mereka semua sudah sangat berpengalaman. Cara ini cocok untuk semua jenis musang, baik pandan, bulan, rase, akar dan biul. Dan juga cocok disemua usia serta keadaan, baik dewasa, baby, galak, liar dan lain sebagainya.

Cara Memandikan Musang dengan Baik


Sebelum musang dimandikan kalian harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menyediakan Perlengkapan Mandi untuk Musang


Yups, yang pertama kali harus kalian siapkan adalah peralatan mandi. Alat dan bahan di bawah ini harus tersedia lengkap supaya tidak menyulitkan kalian ketika memulai memandikan musang, karena mungkin beberapa musang suka berontak jika sedang dimandikan.

  • Selang yang sudah menyalur di kran, atau boleh juga menggunakan gayung beserta baknya.
  • Sarung tangan dari bahan kain tebal (jika musang masih suka menggigit)
  • Shampo khusus kucing atau shampo apa saja yang penting tidak pedih di mata (jangan shampo orang dewasa)
  • Hair lotion yang untuk bayi
  • Handuk khusus (untuk mengeringkan bulunya)

2. Langkah-Langkah Memandikan Musang


Cara Memandikan Musang yang Baik dan benar
Foto by Seftian Pratama

Cara Memandikan Musang yang Baik dan benar
Gambar Musang Mandi by Rozie Rhamadhan


Cara Memandikan Musang yang Baik dan benar
Gambar by Rydho Zaluku

Apabila persedian sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah proses memandikannya. Silahkan ikuti dan cermati:

  • Sediakan kandang khusus untuk memandikan musang, sebab musang dimandikan di dalam kandang tapi ada juga teman grup MLI yang langsung dimandikan di dalam bak karena sudah jinak.
  • Lalu pindahkan musang ke kandang khusus tadi, jangan lupa untuk melepaskan aksesoris yang ada ditubuhnya. Bila perlu dipotong dulu kukunya, minta bantuan 1-2 orang untuk memegangi.
  • Siram musang dari luar kandang menggunakan selang yang tersalur air kran, dengan tekanan air tidak terlalu deras dan tidak pula terlalu pelan tapi sedang-sedang, yang mau pake gayung juga boleh.
  • Apabila dirasa sudah basah merata, tuangkan sedikit shampo bayi ke tangan anda lalu usapkan ke musangnya sambil dipijat-pijat sampai busanya merata. (Jika sudah jinak disarankan jangan menggunakan kaos tangan) tapi jika susah, tarik ekornya pelan-pelan sambil diusap.
  • Bilas sampai semua busanya hilang, lalu dilap pakai handuk khusus atau bisa juga dijemur. Apabila sudah setengah kering maka diambil lagi.
  • Kemudian dioleskan pakai hair lotion di bagian tubuhnya hingga merata.
  • Dan terakhir cara yang terakhir, dijemur kembali sampai kering kira-kira 5 menit.

3. Waktu yang Tepat untuk Memandikan Musang


Cara Memandikan Musang yang Baik dan benar
Arezz Harazuku

Kapan waktu yang pas untuk memandikannya? Waktu yang tepat untuk memandikan musang adalah saat pagi hari, kira-kira antara jam 07.00 sampai 08.30.  Karena sinar matahari di saat itu mengandung vitamin D yang bagus untuk kulit dan tulang, selain itu bisa juga membunuh bakteri yang ada ditubuhnya.

Sebaigian teman-teman ada yang bilang, jangan memandikan musang jika masih kecil antara umur di bawah 2 bulan atau 3 bulan . Karena dikhawatirkan belum kuat menahan dinginnya air akibatnya dia bisa mati. Musang dimandikan 1 X dalam satu minggu atau dua minggu.

4. Manfaat Memandikan Musang


Mungkin dari kalian ada yang berfikir, "memang apa sih manfaatnya?". Manfaatnya sangat banyak mas, selain menjaga kesehatan juga bisa melatih musang supaya bonding dan jinak. Sebagaimana yang pernah dibahas pada artikel, cara menjinakkan musang baru beli.

Video memandikan musang 2 bulan:


Nah, makanya jangan malas-malas merawat hewan kesayangan kita yak. Baiklah kami akhiri panduan cara memandikan musang yang baik menurut ahlinya. Silahkan di share jika berkenan. Thanks for my friends in MLI #salamwangi

2 Komentar Cara Memandikan Musang yang Baik Menurut Para Ahli

  1. kalo siang hari mandiin nya boleh nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja, tapi baiknya saat ada sinar sebat kak biar jemurnya sehat

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top