HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen

Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar- Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis ikan air tawar yang satu ini? Hampir semua orang menjadikan ikan gurame sebagai primadona masakan di rumah, karena ikan ini memang rasanya sangat gurih, dan bisa dibikin berbagai macam menu. Ada gurame bakar, ungkep, balado, sambal  dan masih banyak lagi.

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen
Foto facebook Sari Permana

Banyaknya penggemar terhadap ikan konsumsi satu ini, membuka peluang tersendiri bagi yang ingin berbisnis di dunia perikanan. Tidak ada salahnya kalian mencoba membudidayakan ikan gurame di rumah atau di lahan yang masih kosong. Saya yakin di luar sana sudah banyak para petani gurame yang meraup jutaan bahkan sampai ratusan juta dari ternaknya.

Perlu kalian ketahui, budidaya ikan gurame itu sangatlah mudah, ada banyak sekali alternatif yang bisa dijadikan sebagai media pemeliharaannya. Mulai dari kolam terpal, kolam tanah, kolam beton atau bahkan kolam plastik yang banyak dijual di toko plastik. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk ragu mencoba usaha ini, mungkin awalnya bisa dijadikan sampingan. Jika memang menjanjikan, bisa langsung dijadikan usaha pokok anda.

Di artikel ini, anda akan dipandu bagaimana cara budidaya ikan gurame agar cepat panen secara detail dan lengkap. Tips ini sangat cocok untuk semua jenis kolam, bukan hanya terpal saja tapi semua. Dengan demikian kalian yang pemula bisa langsung meraup untung dari penjualan di pasar-pasar. Tapi tentunya semua tergantung pada usaha anda, sebab kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil.

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar


Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen
Panen ikan gurame by Awali Putri

Ikuti langkah-langkah di bawah ini sesuai urutan, teknik budidaya gurame bisa berhasil jika kalian disiplin dan kerja keras:

1. Membuat Media Kolam untuk Ternak Gurame


Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen

Yang pertama dan paling utama untuk membudidayakan ikan gurame ialah membuatkan tempat . Kalian boleh menggunakan kolam terpal, tembok, beton atau tanah, tapi yang jelas biasanya gurame hidup di dataran rendah dan langsung terkena sinar matahari, maka sebaiknya buatlah kolam maksimal 800 m dari atas permukaan laut. Dengan suhu 25 hingga 28 derajat Celsius yang terkena sinar matahari secara langsung.

Apabila kalian menggunakan media kolam tanah sebaiknya carilah yang jenis tanah liat atau tanah lempung yang tidak berporos, sebab tanah jenis ini sangat bagus untuk dibuat sebagai kolam tempat pemeliharaan ikan gurame. Selain itu disarankan untuk memilih tanah yang memiliki kemiringan 3 sampai dengan 5 %, agar aliran air ke kolam bisa lebih mudah secara gravitasi dan juga dilapisi anyaman bambu pada dinding samping.

Bagaimana cara membuat kolam gurame yang baik dan benar?

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen
Gambar by facebook Cristian Susanto

Untuk budidaya ikan gurame supaya cepat besar, anda perlu menyediakan setidaknya 3-4 kolam yang berbeda. Kolam untuk pemijahan (jika memijahkan sendiri), pembenihan (jika langsung beli bibitnya tanpa memijahkan), pendederan dan pembesaran.

Tahap pertama buatlah kolam dengan luas  sesuai dengan seberapa banyak jumlah benih yang mau dibesarkan. Contohnya untuk 100 kilogram benih gurame disarankan untuk diletakkan di dalam kolam yang luasnya kira-kira 500 m2 (hanya contoh). Tapi sebelum benih dimasukkan lakukan dulu pengeringan pada dasar kolam. Setelah kering bisa diberi kapur 150-250 gr/m2 dan juga pupuk kandang 600-1.000 gr/m2.

Fungsi pupuk untuk untuk menyuburkan tanah sekaligus menumbuhkan pakan alami seperti Fitoplankton, zooplankton. Selain itu juga pupuk kandang mudah terurai dan kandungan amoniak yang tidak terlalu tinggi. Adapun untuk air kolam diusahakan airnya tidak boleh tercemari dengan bahan-bahan kimia yang beracun serta tidak boleh tercemari oleh limbah dari industri dan pabrik.

2. Memilih Bibit Ikan Gurame yang Unggulan supaya Cepat Besar


Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen
Facebook Rinus Unggara

Benih atau bibit yang berkualitas baik dan sehat akan menentukan cepat tidaknya pertumbuhan si gurame. Umumnya benih yang baik mempunyai bobot 100gr atau kurang lebih berumur 1 (satu) tahunan. Jika sudah 6-7 bulan Insyaallah bisa mencapai 500gr bobotnya.

Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen

Ciri-ciri dalam memilih benih gurame yang baik:
  • Ukuran semua benih sama alias seragam.
  • Kondisi sehat tidak ada luka atau cacat serta penyakitan.
  • Tubuh tidak kaku, dan kondisi sisik normal.
  • Pastikan kalian membelinya di daerah anda agar mudah adaptasi.

3. Memberi Makanan yang Baik untuk Ikan Gurame


Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen
Gurame 5 kg by Deby Amelia

Ini dia cara yang paling ampuh dalam ternak ikan gurame supaya cepat panen. Memang yang paling menentukan semuanya adalah faktor makanan, asupan pakan gurame harus mengandung protein nabati dan hewani yang seimbang.

Oleh sebab itu disarankan untuk memberikan makan protein hewani sebesar 25% lalu sisanya protein nabati seperti daun singkong, kangkung, selada air atau yang lain-lain. Jika ingin mempercepat pertumbuhannya lagi, maka anda bisa menambahkan enzim komplek pakan pabrik sebanyak 2% saja.

Pemberian pakan dapat dilakukan di pagi hari dan sore hari (2x sehari) sebanyak 3% sampai 5% dari berat tubuh gurame yang sedang kalian pelihara. Namun bagi pemula sebaiknya melakukan eksperimen karena kuantitas atau jumlah pakan yang diberikan akan mengalami perubahan setiap bulan, jadi untuk mendapatkan gambaran pertumbuhannya, ambilah 5 ekor sampai dengan 10 ekor ikan gurame sebagai sampel kemudian ditimbang.


Nah itulah ketiga cara budidaya ikan gurame agar cepat besar dan cepat panen. Bagi saya langkah di atas sudah sangat umum dilakukan oleh para peternak ikan. Intinya jaga terus kesehatan ikan, perhatikan jika ada yang sakit sebaiknya dipindahkan. Terimakasih salam sukses

0 Komentar Cara Budidaya Ikan Gurame agar Cepat Besar dan Panen

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top