Bagaimana cara memandikan kucing persia? Kucing persia merupakan jenis kucing yang berbulu lebat dan halus, sehingga merawat dan memandikan kucing persia menjadi hal mutlak agar bulunya tetap terjaga dan sehat. Walaupun sebenarnya dia juga bisa menjilati bulunya sendiri, tapi tetap saja membutuhkan perawatan tambahan dari pemiliknya. Mengapa? Karena cara kucing persia merawat bulunya tidak seperti kucing kampung yang bisa lebih bersih.
Selain itu, memandikan kucing persia juga bisa melindunginya dari serangan penyakit endogen maupun exogen. Penyakit tersebut dapat merusak bulu dan mengurangi keseimbangan tubuh. So kalian jangan sampai malas untuk memandikannya ya?
Setelah kucing dimandikan jangan lupa disisir supaya rambut yang longgar dan kusut bisa rapi seperti sediakala.

Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

Baiklah langsung saja, di bawah ini tips memandikan kucing persia yang dapat mengintensifkan kucing kesayangan anda. Cara ini juga dapat diterapkan pada semua jenis kucing persia, seperti himalaya, peaknose, flatnose dan medium.

A. Menyiapkan Alat-Alat yang Diperlukan saat Memandikan Kucing

Pastikan sobat sudah menyiapkan alat-alat mandinya sebelum memulai memandikan si kucing persia:

  1. Ember beserta airnya (sangat disarankan menggunakan air hangat)
  2. Sisir (Berguna untuk menyisir bulu kucing setelah selesai mandi)
  3. Sampo khusus kucing (dilarang menggunakan shampo rambut manusia)
  4. Bedak khusus kucing
  5. Handuk kasar dan handuk lembut 
  6. Blower (sebaiknya pakai ini dibanding Hair Dryer)
  7. Cottonbuds (Befungsi untuk membersihkan kotoran yang ada disela-sela tubuhnya seperti telinga_
  8. Baby Oil
  9. Bedak bayi (alternatif jika tidak ada bedak khusus kucing)
  10. Kanebo (alternatif jika tidak ada handuk)

B. Langkah-Langkah Memandikan Kucing Persia yang Benar

Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

1. Kondisi Kucing Persia yang Mau Dimandikan Harus dalam Keadaan Sehat

Cara pertama adalah memastikan kucing anda dalam keaadaan sehat. Jangan sampai si kucing dimandikan sedangkan dia lagi sakit atau baru disuntik vaksin.

Apabila dia baru saja divaksin, maka sebaiknya ditunggu dulu hingga 7 hari, setelah itu baru boleh dimandikan.

2. Memandikan Kucing Persia di Waktu yang Tepat

Memandikan kucing itu tidak sembarangan, kalian juga harus memperhatikan waktu yang sesuai, jangan terlalu pagi dan jangan juga terlalu sore. Lalu kapan?

Waktu yang tepat memandikan kucing ialah sekitar jam 09.00-15.00 sebab suhu pada saat itu cukup stabil, sehingga tidak terlalu dingin. Memandikannya pun cukup 2 minggu sekali, jangan terlalu sering. Kecuali dalam keadaan terpaksa seperti terkena kotoran atau yang lainnya.

3. Proses Memandikan Kucing Persia

Jika langkah di atas sudah terpenuhi maka selanjutnya proses memandikannya:

Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar

  • Siapkan bak beserta air hangat yang sudah disediakan
  • Lalu basahi tubuh kucing tersebut dengan air hangat secara merata dan jangan sampai terkena mata atau masuk telinga
  • Setelah dibasahi sekarang tinggal kalian tuangkan shampo kucing ke arah tubuhnya, banyaknya sahmpo sesuai keinginan kalian masing-masing yang jelas jangan sampai terkena mata, hidung dan mulut
  • Jika dirasa sudah bersih, maka langsung dibilas dengan air bersih yang hangat, supaya busa shampo hilang beserta kotoran-kotorannya
  • Kemudian dikeringkan menggunakan handuk halus yang sudah disediakan tadi, lakukan secara perlahan-lahan sambil dipijat-pijat penuh kasih sayang, selain menggunakan handuk kalian juga bisa menggunakan blower. Disarankan jangan menggunakan hair dryer sebab kucing tidak terlalu suka, meskipun itu boleh-boleh saja.
  • Kalau yang terakhir adalah membersihkan bagian-bagian yang sempit seperti telinga dll memakai Cattonbuds dengan hati hati
  • Untuk kucing yang baru diadopsi, mungkin kucing akan memberontak bila anda mandikan, soalnya dia belum mengenal anda dan belum terbiasa terhadap suasana pemilik barunya. Maka solusinya kalian bisa merestrain (mengamankan) kucing tersebut dengan tali kain untuk mengikat bagian mulut, atau bisa juga menggunakan collar ellizabeth, yang jelas aman dan tidak menyakitinya.

4. Memakai Bedak Kucing setelah Selesai Mandi

Nah jika semua beras, gunakanlah bedak kucing agar bisa membasmi parasit yang bersembunyi ditubuh kucing persia. Anda bisa menggunakan bedak dorrish yang bisa dibeli di toko hewan terdekat.

Baca juga: Inilah Trik Merawat Kucing Persia agar Gemuk dan Sehat

Itulah cara memandikan kucing persia yang baik dan benar beserta langkah-langkahnya secara lengkap untuk pemula. Silahkan dishare jika dirasa bermanfaat

Tags:

2 responses to “Cara Memandikan Kucing Persia yang Baik dan Benar”

  1. Ratih Adzahra Avatar
    Ratih Adzahra

    Kk kalo ngatasi kucin yang dikit2 gigit itu gmna sih, risih megangnya mau dimandiin malah gigit dia

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Itu namanya gigit gigit manja Kak. Biarin geh, nanti kamu bakal kangen digigit manja sama kucing Loh hehe.. malah buatku itu yang membuat selalu kangen pingin main sama kucing

Leave a Comment