HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Cara Merawat Kucing Persia- Kucing persia adalah salah satu jenis kucing ras yang paling populer sejagat raya. Bentuk tubuhnya yang bulat, hidungnya yang pesek dan bulunya yang halus serta sifatnya yang lucu menjadi daya tarik tersendiri bagi cat lovers di Indonesia. Apalagi kucing ini memliliki beragam jenis yang imut-imut semua, ada himalaya, flatnose, peaknose dan medium.

Dengan demikian maka tak heran jika hewan yang menggemaskan ini banyak dicari dan dijadikan binatang peliharaan di rumah, terutama oleh kalangan wanita dan anak-anak. Meskipun harganya mahal dan biaya perawatannya relatif tinggi, tetap saja hal itu tidak menyurutkan para penggemar untuk memeliharanya.

Tapi bagi pemula tentu sedikit kebingungan saat merawatnya, apalagi sebelumnya dia tidak pernah mempunyai binatang peliharaan.

Sahabat-sahabat hobinatang.com, perawatan kucing persia merupakan suatu hal yang mutlak yang harus kalian perhatikan, jangan sampai kucing yang bagus dan imut ini jadi jelek gara-gara salah dalam merawatnya, dan jangan sampai bulu yang halus jadi rusak gara-gara tidak tahu cara merawatnya. Intinya yang seperti itu jangan sampai terjadi pada kucing kalian.

Bagaimana cara merawat kucing persia yang baik dan benar?

Baiklah kami akan memberikan beberapa tips merawat kucing persia agar cepat gemuk dan sehat. Tapi sebelumnya saya akan menyarankan kepada kalian yang belum membeli kucing persia supaya membaca artikel kami yang berjudul: [ 15 Jeins Kucing Ras di Indoneia ] dan [ Cara Membeli Kucing Persia yang Bagus dan Berkualitas ].

Cara Merawat Kucing Persia


Perawatan yang benar akan berdampak pada pertumbuhan dan kesehatan si kucing, sehingga kami membagi menjadi 3 pembahasan: Yaitu perlengkapan kucing, langkah-langkah perawatan persia yang benar dan terakhir makanan kucing supaya gemuk

Jadi sebaiknya kalian simak pelan-pelan sesuai urutan di bawah ini step by step:

A). Membelikan Perlengkapan Khusus untuk Kucing


Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam merawat kucing persia adalah menyediakan perlengkapan khusus supaya si kucing bisa nyaman dan betah tinggal di rumah anda, apa saja perlengkapan kucing yang dibutuhkan?

1. Kandang Kucing


Menyediakan kandang sudah menjadi hal yang wajib, karena kandang tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal kucing di saat kalian sedang bekerja atau keluar kota, jika kalian tidak memasukkan ke dalam kandang dan dibiarkan bebas di dalam rumah, maka bisa-bisa kucing anda hilang atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dianjurkan untuk membeli kandang persia yang layak, luas dan bersih supaya hewan kesayangan anda bisa merasa nyaman dan betah ketika di dalam kandang.

2. Tempat Makan dan Minum


Tempat makan kucing berguna untuk menjaga makanannya agar tidak berhamburan kemana-mana, dan kalau bisa, carilah kandang yang satu wadah tapi memiliki beberapa lubang supaya bisa lebih efisien, misalnya di satu tempat tersebut sudah ada lubang untuk makanan dan lubang untuk minuman.

Selain itu kalian juga harus menyediakan tempat khusus, dengan begitu ketika si kucing kamu lapar bisa langsung mencari tempat makan tersebut.

3. Membeli Pasir Wangi beserta Bak dan Seroknya


Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Memenuhi kebutuhan kucing persia bukan sekedar kandang dan tempat makan saja loh! Tapi juga media-media lainnya seperti bak pasir, pasir dan serokan pasing.

Pasir wangi berfungsin untuk mengeringkan kotoran kucing dan mengurangi baunya. Sedangkan tempat pasir berguna sebagai wadah pasir. Adapun serokan pasir berfungsi untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di bak pasir. Sehingga akan memudahkan kita dalam membersihkan kotoran yang ada di tempat pasir tersebut.

Disarankan untuk menggunakan pasir khusus kucing, biasanya pasir tersebut beraroma buah atau selainnya yang jelas baunya wangi. Memang pengeluaran untuk pasir kucing lumayan banyak, namun sobat bisa menghematnya dengan mencuci pasir kucing setelah digunakan. Baca saja: Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau Mudah dan Simpel

4. Shampo Khusus Kucing Persia


Media dalam merawat kucing persia berikutnya ialah shampo. Mengapa butuh shampo? Jawabannya adalah karena kucing juga makhluk hidup, tidak ada bedanya dengan manusia, kucing juga butuh shampo untuk mandi sehingga bulunya tetap terawat. Tapi kalian perlu hati hati, jangan sampai mengenai matanya.

Shampo kucing biasanya dipakai sekali dalam satu minggu. Agar lebih aman, sebaiknya baca artikel: teknik memandikan kucing persia yang benar

5. Baby Oil dan Kapas


Ada yang menganggap ini tidak penting, tapi menurut saya baby oil sangat dibutuhkan apalagi jika si kucing sering diajak tidur bareng sama kamu. Dengan baby oil kebersihan kucing bisa lebih terawat. Adapun kapas berguna untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga atau bagian-bagian tubuh kucing yang kecil.

6. Vitamin Kucing


Vitamin kucing sangat berperang bagi kesehatannya serta menjaga bulunya agar tetap halus. So belilah vitamin tersebut di pet shop atau apotik terdekat.

B). Langkah-Langkah Merawat Kucing Persia


Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Yupz kita sudah sampai ke tahap kedua. Di tahap ini kita akan dipandu bagaimana cara merawat kucing yang baik dan benar, dengan begitu si kucing bisa sehat dan terawat, apa saja langkahnya?


1. Membersihkan Kandang Kucing


Kucing persia sangat menyukai tempat yang bersih. Maka bersihkanlah kandangnya setiap kali ia selesai buang air besar. Namun lebih baik lagi jika dibersihkan secara rutin setiap hari.
 

2. Menyisir Bulu Kucing


Kucing persia tidak sama dengan kucing kampung yang pinter merawat dirinya sendiri, apalagi dia memiliki bulu tebal, oleh sebab itu kita lah yang harus merawatnya setiap hari dengan menyisir bulunya. Disarankan menggunakan sisir logam, hal ini berguna agar bulunya tidak menempel di sisir. Dan ingat, sisirlah perlahan-lahan, jangan memaksa jika ada bulu yang susah disisir, karena bisa menyakiti kulit kucing.

3. Membersihkan Bulu Kucing


Cara membersihkannya dengan menggunakan tisu basah bayi yang non alkohol, usaplah bulunya dengan lembut agar tubuh di kucing harum dan tidak kotor.

4. Perhatikan Makanannya


Jika menginginkan kucing kita sehat dan  bugar, maka pemberian nutrisi dan vitamin setiap hari adalah solusinya. Hal ini agar kucing persia tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.


5. Menjemur Kucing Persia


Selain pemberian vitamin dan nutrisi setiap hari, kucing persia perlu dijemur dibawah matahari pagi. Panas pagi hari sangat bagus dan menyehatkan tubuh si kucing.

6. Jangan Melakukan Kekerasan Terhadap Kucing Anda


Kucing Persia bisa bertahan hidup selama 20 tahun. Oleh karena itu rawatlah ia sebaik mungkin. Jangan pernah membentaknya apalagi memukulnya. Sebab, hal itu akan membuat si kucing stres dan kesehatannya menurun.


7. Membersihkan Area Mata


Kucing persia sering mengalami masalah pada saluran air mata, sehingga membuatnya sering mengeluarkan air mata dan menimbulkan banyak kotoran. Maka bersihkanlah dengan menggunakan tisu basah dan jangan lupa pula membersihkan area hidung, bisa dengan menggunakan cutton bud.

8. Berilah mainan


Setiap kucing persia mempunyai mainan kesukaan sendiri. So sediakanlah mainan khusus di dalam kandangnya atau luangkanlah waktu anda sejenak untuk bermain dengan si kucing, meski hanya sekedar membelainya.

C). Cara Merawat Kucing Persia Agar Cepat Besar


Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Cara menggemukkan kucing persia gampang gampang sulit. Untuk cepat lambatnya menggemukkan badan si kucing tergantung anda. Tips dibawah ini hanya cara efektifnya saja. 

1. Memberi Makanan yang Tepat


Berilah makanan yang bergizi untuk si kucing. Makanan yang tinggi protein dan vitamin. Jangan pernah memberinya ikan asin, karena membuat bulu si kucing jadi rontok, selain itu kucing persia juga sensitif dengan bau ikan asin. Maka berilah makanan yang lain, seperti daging dan yang penting bervariasi, agar si kucing tidak bosan dan tidak kehilangan nafsu makan.


2. Buatlah si Kucing Nafsu Makan


Sebelum memberi makan si kucing, buatlah ia memiliki nafsu makan terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, cukup diolesi makanan basah di hidungnya, hal ini agar ia mencium bau makanan dan menjadi suka. sehingga muncullah nafsu makannya.

3. Pemberian Vitamin dan protein pada Kucing


Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Cara membesarkan badan kucing yang ketiga ini dengan memberikan makanan yang berprotein tinggi. Anda bisa menambahkan daging atau kuning telur untuk menu makanan si kucing. Pemberian kuning telur bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.
Atau anda bisa membeli makanan dry food (makanan kering), pilihlah yang banyak proteinnya dan tidak banyak pewarna. Karena pewarna makanan bisa merusak ginjal kucing persia.

Untuk vitaminnya, anda cukup memberinya minyak ikan. Bisa dicampurkan ke dalam makanannya atau dioleskan di mulutnya.
Karena vitamin juga bisa menambah nafsu makannya dan membuatnya gemuk serta sehat.

4. Menjaga Mood Kucing Persia


Luangkanlah waktu anda untuk bermain dengan kucing anda. Jika tidak, anda bisa memberinya mainan kesukaannya. Karena kucing persia sebenarnya kurang suka berada di dalam kandang terus, jadi ajaklah ia bermain di luar kandang. Hal ini untuk menghindari agar kucing persia tidak stres, jika stres maka nafsu makannya turun dan susah gemuk.

5. Vaksin


Nah yang terakhir adalah vaksin. Berilah ia vaksin agar si kucing tidak mudah sakit dan selalu sehat serta bulunya tidak mudah rontok.

Perlu diketahui, memggemukan kucing tidak bisa cepat, anda harus rajin dan telaten dalam memberinya makan dan menjaga kondisi jiwanya agar tidak stres serta memberinya vaksin agar tidak mudah sakit.

Baiklah demikian penjelasan panjang lebar cara merawat kucing persia agar gemuk dan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi cat lovers di Indonesia, jangan lupa tanggapannya di komentar. Maaf jika masih kurang lengkap.

0 Komentar Cara Merawat Kucing Persia Agar Gemuk dan Sehat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top