Cara mencuci pasir kucing- mengajarkan kucing untuk buang kotoran pada tempatnya merupakan kewajiban kita sebagai pemilik kucing. Istilah tersebut dinamai sebagai toilet training. Proses awalnya memang sulit, karena kucing cenderung hewan yang kurang pintar.

Akan tetapi jika dilakukan secara rutin dan konsisten serta penuh kesabaran Insyaallah lama-kelamaan dia bisa buang kotoran pada tempatnya. Yakni di atas pasir (zeloit misalnya). Kalau kucing anda tidak segera dilatih, justru anda sendirilah yang akan merasakan dampaknya.

Simak juga: Jadwal Memberi Makan Kucing dalam Sehari

Sebab kotoran kucing sangat bau. Untuk mengurangi bau tersebut biasanya orang orang sudah menyediakan pasir zeolit di tempat khusus buang kotoran. Jadi bila kucingnya sudah terlatih kotorannya tidak mengganggu penghuni rumahnya.

Akan tetapi yang jadi permasalahannya adalah untuk membeli pasir zeloit tidak dengan daun. Sehingga kalian harus berpikir bagaimana cara menghemat uang pengeluaran untuk pasir zeloit. Solusi utamanya adalah tidak membuang pasir bekas kotoran kucing.

Kalian bisa membersihkan pasir kucing agar tidak bau kemudian digunakan kembali. Sudah banyak cat lovers yang menerapkannya. Baik pada kucing Persia maupun kucing Anggora.

Berikut hobinatang.com menyajikan cara mencuci pasir kucing yang mudah.

Cara Mencuci Pasir Kucing

Mencuci pasir kucing harus dilakukan setiap hari adapun mengganti pasirnya cukup seminggu sekali agar tidak boros. Banyak di antara cat lovers yang masih bingung cara mencuci pasir kucing dari kotoran. Silakan sobat pelajari tips dari kami berikut ini.

  • Langkah pertama buang terlebih dahulu kotoran kucing dengan serokan. Biasanya kotorannya terlihat menonjol di pasir.
  • Kemudian ambil pasirnya dan letakkan di atas saringan. Boleh saringan santan atau ayakan yang berukuran sedang.
  • Letakkan saringan di atas baskom (seperti mau bikin santan kelapa). 
  • Lalu tuangkan air di atas pasir tersebut sambil diaduk aduk pasirnya dan perhatikan air hasil perasan pasir tersebut. Terus tuangi air sampai air yang jatuh ke baskom berwarna bening. 
  • Selanjutnya pasir ditaruh dinampan besar sambil diratakan. 
  • Buat larutan desinfektan di dalam botol semprot. 
  • Semprot pasir kucing dengan larutan tersebut sampai basah semua. 
  • Bawa nampan keluar rumah dan jemur hingga kering. 
  • Bila sudah kering, kembalikan pasir kucing ke kotak tempat buang kotoran si kucing. 
  • Jangan lupa cuci juga wadah pasir zeolit atau pasir kucingnya ya sob. 
Menurut kamu gimana? Mudahkan cara membersihkan pasir kucingnya? Jika anda masih kesulitan cobalah meminta bantuan teman atau saudara anda. Tenang saja, awal mulanya memang sedikit sulit. Tapi lambat laun anda akan terbiasa dan sangat mudah dilakukan.

Baca juga: Cara Berbicara dengan Kucing dan Mengetahui Bahasanya

Oke, itu saja dari kami tentang cara mencuci pasir kucing agar tidak bau yang mudah dan simpel. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua. Share..

Tags:

2 responses to “Cara Mencuci Pasir Kucing Agar Tidak Bau Mudah dan Simpel”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Maksud nya apa pasir yg udah d pipisin sma si kucing bsa d olah dan di pakai lg ?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Iya kak, kalau mau hemat biaya mencuci pasirnya. Ikuti langkah di atas ya 🙂

Leave a Comment