Cara Memotong Kuku Sugar Glider bagi Pemula Yang Baik

Bagaimana cara memotong kuku sugar glider? Kita semua tahu bahwa sugar glider merupakan binatang nokturnal yang liar. Dengan kukunya yang panjang dan tajam, dia dapat memanjat, bahkan di habitatnya sendiri, dia banyak menghabiskan waktunya di atas pohon, lompat dari ranting ke ranting dan dari pohon ke pohon yang lainnya.

Jadi sudah sewajarnya apabila sugar glider memiliki kuku yang tajam. Namun berbeda ketika hewan ini menjadi binatang peliharaan di rumah, kuku sugar glider yang tajam malah bisa membahayakan pemiliknya apalagi saat sedang diajak bermain. Sehingga tak banyak para pemula yang kebingungan memotong kuku sugar glider sampai-sampai ada yang datang ke tempat jasa pemotongan kuku sugar glider.

Cara Termudah Memotong Kuku Sugar Glider bagi Pemula

Sebenarnya memotong kuku SG itu mudah sob, asalkan kalian pahami dengan benar panduannya. Meski begitu kalian tetap tidak boleh sembarangan, soalnya jika salah kalian justru malah akan melukai kukunya, entah itu berdarah atau sampai terkena bakteri dan mati. Maka dari itu hobinatang.com di sini akan berbagi cara mengenai pemotongan kuku sugar glider yang baik dan benar. Tips ini khusus untuk kalian yang baru-baru memelihara sugar glider. So' perhatikan baik-baik ya:

Cara Memotong Kuku Sugar Glider


Memotong kuku sugar glider bukan berarti kalian menghilangkan semua kukunya, akan tetapi hanya memotong ujungnya saja yang dirasa terlalu tajam. Dan yang paling penting harus dengan kasih sayang, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Sediakan Alat Pemotong Kuku Sugar Glider


Cara Termudah Memotong Kuku Sugar Glider bagi Pemula

Cara pertama sobat harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memotong kuku sugar glider. Misalnya gunting atau alat pemotong kuku manusia, kemudian handuk/pouch (berfungsi untuk alas, agar dia merasa nyaman). Ingat jangan memilih alat yang tumpul, supaya ketika menggunting kukunya dia tidak kesakitan.

2. Proses Memotong Kuku Sugar Glider


  • Keluarkan sugar glider dari kandang
  • Pegang sugar glider dengan lembut dan penuh kasih sayang. Kalian boleh menggunakan handuk yang sudah disiapkan sebelumnya tapi saya sendiri tanpa handuk juga gak masalah, soalnya sudah jinak
  • Jika sudah dipegang, baringkan sugar glider di atas tangan Anda secara perlahan lahan.
  • Khusus untuk yang belum jinak atau masih galak, disarankan untuk memasukkan Sugar Glider nya ke Pouch yang sudah disediakan di atas. Hal ini agar dia bisa tenang dan tidak mengigit saat proses pemotongan Kuku.
  • Setelah itu, keluarkan kaki atau tangan sugar glider secara perlahan-lahan lalu langsung potong saja ujungnya. Tapi ingat hanya ujungnya, jangan terlalu dalam, karena bisa-bisa kuku sugar glider berdarah. Jika memang sudah terlanjur dan berdarah, segeralah beri perawatan agar tidak infeksi.

Perhatian batasan ujung kuku yang dipotong dari gambar di bawah ini:

Cara Termudah Memotong Kuku Sugar Glider bagi Pemula

Baiklah itu saja teknik cara memotong kuku sugar glider dengan mudah. Semoga bisa membantu teman-teman. Baca juga cara merawat sugar glider agar tidak bau.

0 Komentar Cara Memotong Kuku Sugar Glider bagi Pemula Yang Baik

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top