5 Cara Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Cara Merawat Gecko- Halo reptil lovers, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gecko kan? Ya, dia adalah binatang peliharaan dari keluarga tokek yang nokturnal, artinya dia lebih aktif di malam hari ketimbang siang hari. Hewan ini memiliki beragam jenis, mulai dari gecko leopard, gargoyle dan lain-lain.

Baca: Harga dan Jenis Tokek Hias Gecko Terpopuler di Indonesia

Ngomong-ngomong tokek hias satu ini juga memiliki banyak penggemar loh, meskipun tak sebanyak ular atau kura-kura tapi setidaknya sudah ada komunitas sendiri di facebook-facebook Indonesia. Umumnya alasan mereka merawat gecko adalah karena dia mempunyai corak warna yang cantik, unik dan lucu.

Seperti binatang reptil lainnya, memelihara gecko tidaklah sulit alias mudah dipelihara yang penting kalian memahami langkah-langkah perawatannya. Mulai dari tempat, pemberian pakan, suplemen dan hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan sehari-hari.

Bagaimana cara merawat gecko yang baik dan benar bagi pemula?

Cara Merawat Gecko dengan Benar


Ada 5 langkah yang harus kalian penuhi ketika ingin memelihara gecko, berikut urutannya:

Cara Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

1. Membuatkan Kandang Gecko 


Pertama tama kalian harus menyediakan kandang yang layak dan nyaman, anda bisa membeli akuarium untuk dijadikan sebagai kandangnya, ukurannya bisa 45x30x20cm (panjang, lebar dan tinggi) kemudian di dalam akuarium tersebut ditambahkan substrat (alas) berupa karpet reptil, kertas, koran atau handuk.

Jangan pernah melapisinya dengan pasir, serutan kayu, atau material lain yang menimbulkan debu, sebab malah mengakibatkan masalah serius jika termakan debunya. Sediakan juga tempat persembunyian karna dia suka bersembunyi di siang hari seperti cicak dan tempat makanan serta minumannya, tempat makan bisa menggunakan mangkok kecil, untuk tempat minum bisa menggunakan tutup aqua galon.

Oh iya, agar si gecko merasa nyaman tarohlah kandang di tempat yang tidak terlalu terang dan atasnya ditutupi jaring supaya mencegah dari serangan predator seperti kucing.

2. Memberikan Pencahayaan dan Pemanasan pada Gecko


Cara Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Karena dia lebih aktif di malam hari maka diperlukan lampu UV (ultra violet) sebagai pencahayaan untuk menghangatkan suhu kandang. Disarankan untuk menggunakan lampu dengan watt rendah agar menghindari kandang menjadi terlalu panas. Jangan biarkan temperatur lebih tinggi dari 34.4ÂșC.

3. Memberi Makanan untuk Gecko yang Bergizi


Cara Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Cara merawat gecko selanjutnya yaitu pemberian pakan yang bernutrisi dan bergizi. Jenis makanan utama gecko adalah serangga seperti jangkrik, ulat hongkong (mealworm) atau ulat jerman. Untuk gecko yang masih kecil, berikan juga jangkrik yang kecil supaya sesuai dengan ukuran mulutnya.

Tarohlah ulat hongkong, jangkrik di mangkuk, khusus jangkrik kaki belakangnya harus di potong dulu supaya tidak loncat. Berikanlah 2-5 jangkrik saja setiap harinya. Tapi jika di dalam kandang tersebut masih tersisa pakan yang kemarin sebaiknya tunggu dulu sampai termakan semua. Apabila sobat ingin bepergian jauh, tambahkan jumlah pakannya agar tidak kelaparan.

4. Pemberian Multivitamin pada Gecko


Sebenarnya pakan jangkrik ataupun ulat hongkong pun sudah cukup untuk kebutuhan tubuhnya, tapi lebih baik lagi jika kalian memenuhi asupan calsium untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatannya. So, berilah vitamin D3 yang dapat kalian beli di pet shop.

5. Menjaga Kebersihan Kandang Gecko


Cara Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Setiap makhluk hidup pasti ingin tempat tinggalnya terawat, bersih dan nyaman. Sehingga dalam masalah kebersihan kandang harus diperhatikan dengan baik. Kandang yang kotor akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri sehingga si gecko bisa mudah terserang jamur atau penyakit lainnya.

Dalam merawat kebersihan kandang gecko tak sesulit merawat kandang musang. Sebab kotorannya terbilang keras dan kecil, hal itu membuat lebih mudah dikumpulkan dan dibuang.

Baiklah itu saja tips trik lengkap cara merawat gecko yang benar untuk pemula, semoga panduan ini bisa membantu menghilangkan kebingungan anda saat pertama kali memelihara gecko. Terimaksih

0 Komentar 5 Cara Merawat Gecko yang Benar untuk Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top