Jenis tokek hias dan harganya– Apakah sobat sudah tau apa itu tokek? Untuk mengenal jenis reptil yang satu ini memang sedikit membingungkan, sebab kadang ada yang menyebutnya cicak, tokek, gecko atau mungkin malah kadal. ixixi

Tapi sebenarnya mereka semua masih satu keluarga, hanya saja penyebutan tokek biasanya ditujukan pada itu jenis cicak yang bisa besar. Tokek raksasa yang paling terkenal di Indonesia adalah tokek rumah dan tokek hutan.

Lalu, apa itu gecko? Gecko adalah sebutan lain dari tokek, kalau “tokek” berasal dari bahasa Indonesia sedangkan “gecko” dari bahasa Inggris. Tapi umumnya jika di Indonesia sebutan gecko ditujukan pada jenis tokek yang bertubuh cantik dan memiliki banyak corak warna yang indah. Arti lainnya “tokek hias”

Nah, jenis gecko inilah yang akan kami bahas. Jadi jangan dikira kami bahas tokek rumahan atau tokek hutan yang harganya bisa ratusan juta sampai milyaran untuk ukuran 45 up.

Karakter dan Ciri-Ciri Gecko

Sebelum membahas jenis-jenis tokek hias alangkah baiknya jika mimin mengenalkan kepada kalian tentang ciri-ciri serta sifat-sifatnya. Gecko adalah binatang nokturnal yang aktif di malam hari dan suka bersembunyi di siang hari. Dia memiliki tubuh yang unik dan di setiap jenisnya pasti mempunyai corak yang berbeda-beda, mulai dari bintik-bintik sampai garis-garis tapi ada juga yang polos.

Hewan peliharaan ini menyukai serangga seperti jangkrik kecil, ulat sutra, ulat hongkong dan lain sebagainya. Menurut kebanyakan orang, tokek hias sangat mudah dipelihara. Tidak mengeluarkan modal banyak dan tidak mudah mati, tapi semua tergantung perawatan kalian masing-masing.

Apabila kalian tertarik memelihara gecko, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenisnya supaya bisa memilih tokek yang paling Anda sukai. Berikut ini 15 jenis gecko tokek hias beserta harga terbarunya:

Harga dan Jenis Tokek Hias/Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Sekitar ada 7 jenis tokek hias yang berhasil kami rangkum, namun maaf jika ada beberapa jenis yang tidak kami tulis harganya, karena kemungkinan belum banyak dijual di Indonesia.

1. Leopard Gecko

Yang pertama adalah leopard gecko. Jenis ini merupakan jenis yang paling terkenal di Indonesia. Karena selain unik dan bagus dia juga mudah dipelihara, mudah berkembang biak dan yang paling penting dia mempunyai banyak varian warna.

Sehingga untuk leopard gecko sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan corak warnanya. Apa saja?

A. Tremper albino

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Inilah gecko yang paling umum ditemukan di kalangan pencinta tokek hias. Dia ditemukan lebih dahulu ketimbang jenis leopard gecko lainnya.

Tremper mempunyai ciri-ciri warna mata merah muda kecoklatan, dan di bagian spot markingnya terdapat warna coklat. Namun, sebagian jenis tokek ini ada yang berwarna merah muda, akan tetapi lama kelamaan warna itu juga akan pudar dan berubah menjadi coklat keperak perakan terutama jika terkena cahaya.

B. Leopard bell albino gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Bell albino terkenal dengan warna matanya merah muda, terlihat sejak lahir hingga tumbuh dewasa serta memiliki marking spot berwarna coklat atau lavender yang lebih jelas dan lebih banyak dibandingkan dengan jenis albino yang lain.

C. Leopard rainwater albino gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Untuk yang ini memiliki warna mata yang gelap, bahkan paling gelap di antara jenis albino pada leopard lainnya. Di luar negri dia dikenal sebagai nama ‘Las Vegas Albinos’.

D. Petternless

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Disebut patternless karena dia tidak memiliki pattern (marking) sejak bayi hingga dewasa, sehingga orang beranggapan bahwa sejak bayi dia sudah memiliki penampilan yang cukup unik terutama di bagian bahu dan kepalanya. Pola warna unik tersebut berupa warna abu-abu hingga kehijauan yang ada di seluruh tubuhnya, tetapi sebagian besar juga memiliki ekor ungu keabu abuan.

E. Hybino

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Jika dilihat dari gambar di atas, hybino memiliki warna dasar kuning solid atau warna kuning padat. Kemudian pada ekornya membentuk carrot tail.

F. Line-breed snow

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Tokek hias ini hanya memiliki warna hitam dan putih tanpa ada warna kuning seperti yang sudah-sudah. Dia termasuk golongan morph poligenik.

Yupz cukup 6 saja sob, soalnya kalau ditulis semua masih ada banyak sekali macamnya. Padahal kita baru menyebutkan 1 jenis tokek hias. kwkw

Berapa harga leopard gecko terbaru saat ini?

Harganya bisa mencapai Rp.150.000 hingga 1 juta. Yang pasti semua tergantung pada kondisi tokek dan domisili kalian masing-masing.

2. White Lined Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Jenis kedua dari tokek hias peliharaan ialah white lined atau jika diartikan menjadi, garis putih lurus. Karena pada tubuhnya terdapat garis putih lurus dari ekor sampai kepala.

Untuk warna dasarnya adalah coklat, hitam atau krem. White lined gecko jenis tokek yang paling jinak, sehingga ia tidak pernah menggigit jika dipegang. Tokek ini asli dari nusantara (Indo-Australia). Adapun harga white lined gecko mulai dari Rp.50.000-400.000.

3. Gargoyle Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Jika diperhatikan dia hampir mirip sama leopard gecko. Hanya saja warna tubuh gargoyle gecko cenderung lebih seram dan terlihat garang. Matanya pun terlihat tajam. Meskipun terlihat seram dan garang, tokek ini ternyata mudah dirawat. Panjang tubuhnya kurang lebih 20 cm dan mampu hidup selama 15-20 tahun. Waw

Oh iya, BTW di Indonesia gargoyle juga banyak penggemarnya loh. Harga, Rp. 50.000-1 jutaan.

4. Frog Eyed Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Frog eyed merupakan spesies cicak gecko yang belum banyak tersebar di Indonesia. Nama lainnya adalah roborowski, tapi dia dinamakan Frog eyed gecko karena memiliki mata yang mirip dengan katak. Untuk karakternya, dia senang di daerah pasir dan menguburkan badannya ke dalam pasir. Bahkan ia mampu bertahan hidup di suhu yang ektrim seperti di gurun pasir.

So, bagi sobat yang hendak memelihara tokek ini harus menyediakan pasir yang banyak agar ia bisa menggali pasirnya dan mengubur dirinya di dalam pasir tersebut. Frog eyed gecko mampu tumbuh sepanjang 14 cm.

5. Madagascar Ocelot Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Jenis gecko yang kelima ini juga sama seperti di atas, yaitu sama-sama tidak diketahui harganya hehe. Tokek hias satu ini berasal dari Madagaskar, maka ia pun dinamai madagaskar ocelot. Untuk ukurannya sama seperti tokek tokek lainnya yaitu sekitar 12.7 cm.

Menurut fakta yang ada, dia mempunyai karakter suka bersembunyi di bawah tanah atau pasir sampai menutupi seluruh tubuhnya. Cara menggalinya dengan menggunakan kepalanya yang besar sehingga banyak yang menyebutnya dengan sebutan big headed gecko. Wahahaha

Perhatian, bagi yang tahu harga tokek jenis madagaskar, kami mohon dan minta tolong supaya menulis di kolom komentar. 🙂

5. Central American Banded Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Berdasarkan penelitian, tokek CAB (central amerika banded) banyak menghabiskan waktunya di dasar tanah, dan bukan di pepohonan atau dinding-dinding rumah. Dan uniknya tokek ini senang hidup di kotak sepatu plastik atau akuarium kaca, anda juga bisa menyediakan tempat berkembang biak dengan PVC atau galon bekas jika ingin merawatmya.

Untuk harganya, berkisar Rp.50.000-300.000. Sekali lagi, semua tergantung waktu dan keadaan. Harga bisa sewaktu-waktu berubah.

7. Giant Day Gecko

Jenis Gecko Tokek Hias Beserta Harganya

Huh akhirnya sampai juga pada jenis tokek hias gecko yang terakhir. Giant Day Gecko juga berasal dari Madagaskar. Dia ini adalah jenis yang paling istimewa. Sebab ia memiliki karakter yang berseberangan dengan jenis-jenis gecko lainnya.

Jika tokek pada umumnya adalah nokturnal (aktif di malam hari) kalau giant day justru malah aktif pada siang hari. Dan anehnya lagi, selain serangga dia juga dapat memakan buah buahan serta mampu bertahan hidup hingga 30 tahun. Waw

Warna Giant day gecko ini sangat cerah, biasanya berwarna hijau muda dan merah. Harga Giant day gecko kurang lebih 1-2 juta.

Baca juga: 5 cara merawat gecko yang baik dan benar untuk pemula

Nah, itulah sob harga dan jenis tokek hias gecko yang berhasil kami susun dari berbagai sumber. Mungkin ini kalian bisa menambahkan di kolom komentar jika kurang lengkap. 🙂

34 responses to “7 Jenis Gecko Tokek Hias Paling Terkenal Beserta Harganya”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    geco panjang 36cm broa hrga nya boss. lokaai medan

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Mau jual bos 085363640646

    2. FahrudinPikchauly Avatar
      FahrudinPikchauly

      Saya punya tokrk rumah barang kali ada yang mau beli tokek dari indonesia Timur Maluku. Bisah hubungi saya di nomor whatsapp 085254287109

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Kalo mau beli dimana tempatnya yah terima kasih

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Gabung grup Om, banyak dijual di sana

    2. Daulahislam Avatar
      Daulahislam

      Grup nya apa bisa minta link nya gak

  3. Unknown Avatar
    Unknown

    harga semua jenis gecko itu sama untuk ukuran 30 cm berkisar 200 jt untuk 32 cm 500 jt 33 cm 1 milyar 34 cm 20 milyar 35 cm 100 milyar 35 cm 150 milyar 37 cm 250 milyar 38 cm 400 milyar 39 cm 800 milyar 40 cm 1 triliun 41 1,5 triliun 42 cm 2 triliun untuk ukuran di atas 42 cm di timbang dgn harga perons 1 triliun.

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Saya ada di atas 50cm ,,cari buyer falit..

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Ada punya saya gecko.
      Mau saya jual.
      Yg berminat hubungi.
      081248817905

    3. Arsyad Fajar Avatar
      Arsyad Fajar

      Ada jenis tokek rumah 39 cm sebanyak 3 ekor…ada peminat hubungi Muh. Arsad 08124157781… Makassar

    4. Daulahislam Avatar
      Daulahislam

      Kalo tokek garis putih berapa harganya gan

    5. Supianto Avatar
      Supianto

      Saya punya 3ekor gecko panjang satu jengkal org dewasa

  4. Unknown Avatar
    Unknown

    Klo di makassar ada yg jual gak .??

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      gabung grup aja Om… 🙂

    2. the_shantoso Avatar
      the_shantoso

      081227566022, masukin Bang..

  5. Nenawim Avatar
    Nenawim

    Punyaku 46cm
    081258341843

  6. Unknown Avatar
    Unknown

    Gan gecko hias yang masih tersedia apa saja dan harganya yah. Email photo dan harganya

    1. Unknown Avatar
      Unknown

      Save nomor sy bos 085363640646

  7. Rahman Raazi Avatar
    Rahman Raazi

    Punya sy White lined gecko, dmn ya klo menjualnya?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Ke grup aja Om..

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      Panjang brp 085363640646

    3. Unknown Avatar
      Unknown

      Kontak 085212181889 siap bli

    4. Unknown Avatar
      Unknown

      Kontak 085212181889 siap beli

  8. Unknown Avatar
    Unknown

    082264068500

    1. zainul Avatar
      zainul

      Lokasi mana gan

  9. Unknown Avatar
    Unknown

    Mhn masukin ke WAG reptil yah..tks
    081316666997/081225409696

  10. Unknown Avatar
    Unknown

    Saya punya gecko satu yg mau beli hub: 081240738208

  11. the_shantoso Avatar
    the_shantoso

    Kalo ada yg real Panjang di atas 32CM WA Saya di 081227566022 Boss.. Lgs Saya beli dlm proses ± 1 Minggu

  12. Unknown Avatar
  13. Unknown Avatar
    Unknown

    Ini saya ada gecko putih polos berapa ya hub wa 088217864352

  14. Unknown Avatar
    Unknown

    Di tempat ku tokek yg white lined gecho banyak sekali,,,,,ada yg mau beli ka hubungi 085215584388

  15. Unknown Avatar
    Unknown

    Aku punya yg garis putih

  16. Ambrin Avatar
    Ambrin

    Ada tokek garis putih di rmh ku timika papua

  17. Supianto Avatar
    Supianto

    Saya punya 3 ekor gecko warna hitam putih .kuning putih .coklat2t .panjang satu jengkal org dewasa lokasi Batam Riau 085831504562

Leave a Comment