Jenis Iguana dan Harganya- Binatang iguana merupakan salah satu jenis reptil dari keluarga kadal yang dapat dipelihara, sehingga sudah banyak orang-orang yang memeliharanya, malah beberapa tahun lalu namanya sempat melejit dan menjadi populer di kalangan pencinta hewan peliharaan.

Habitat asli iguana adalah daerah tropis di benua Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Karibia. Jika di lihat dari fisiknya dia memiliki banyak keunikan dan keistimewaan. Dengan ciri-ciri kulit di bawah rahang yang mengerut dan sisik besar membundar di pipinya membuat ia terlihat lebih menawan. Selain itu, dia juga memiliki banyak varian warna yang indah, hal itu disebabkan karena dia dapat merespon rangsangan visual berupa warna kuning, jingga, merah muda, hijau dan masih banyak lagi.

Jenis iguana sendiri sangatlah banyak, sekitar ada 48 spesies iguana yang sudah menyebar di berbagai penjuru dunia mulai dari benua Amerika sampai Asia. Tapi tidak semua ada di Indonesia sebab ada juga yang dilindungi di negaranya, seperti godzilla atau yang lainnya.

Apa saja jenis jenis iguana yang ada di Indonesia dan banyak dipelihara oleh masyarakat?

Jenis-Jenis Iguana Beserta Harganya

Jenis Iguana dan Harganya

Berikut ini beberapa jenis yang paling banyak di pelihara di Indonesia beserta harganya. Mulai dari yang termahal sampai yang paling murah:

1. Jenis Green Iguana (Iguana Hijau)

Jenis Iguana hijau dan Harganya

Jenis Iguana hijau dan Harganya

Green iguana menempati posisi pertama dalam daftar kami. Sebab jenis iguana yang satu ini memang yang paling populer dan banyak dipelihara oleh masyarakat. Sebagaimana namanya, tubuhnya didominasi dengan warna hijau cerah namun kadang juga terdapat warna hitam kecoklatan di bagian punggungnya.

Hari ini sudah banyak sekali yang menjual iguana hijau entah di pasar-pasar, pet shop atau sesama komunitas pencinta reptil. Menurut pengalaman dan pengakuan orang-orang, jenis ini sangat cocok dipelihara sebab selain mudah dirawat, hewan ini juga bebas untuk dipelihara karena belum dilindungi negara.

Berapa harga iguna hijau? Harga iguana hijau tergantung pada besar ukuran, tempat dan kondisinya, tapi rata-rata mereka menjual mulai dari Rp 450.000 sampai Rp 2.000.000. Di tahun 2020 ada yang jual lebih murah hingga 250.000 ukuran 30cm. Tapi ada yang pakai sitem grosir, beli 1 ekor 300.000 beli banyak 270.000. Dan kemarin ada salah satu penghobi yang menjual iguananya di grup “Jual Beli Iggy” seharga Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) untuk ukuran 1 meter. Di usia tersebut sangat cocok untuk dibreed kan (dikawinkan). Mohon jangan bingung karena melihat angka angka.. wkwk

2. Red Iguana/Iguana Merah

Jenis Iguana merah dan Harganya, red iguana
Jenis Iguana merah dan Harganya, red iguana

Red iguana juga banyak dipelihara di Indonesia, bentuk tubuhnya hampir mirip dengan green iguana, hanya saja warnanya berbeda. Untuk red iguana lebih didominasi oleh warna merah, mulai dari merah cerah sampai merah kental. Namun kadang ada juga iguana yang memiliki warna merah bercampur hijau, mereka para penghobi menyebut jenis ini sebagai green iggy mix red atau sebaliknya.

Jenis Iguana merah dan Harganya, red iguana
Foto iguana besar raksasa umur 2.5 tahun by FB Saiful Cmn Solo

Red iguana sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, ada red flame dan red flase. Tapi intinya sama, yaitu berwarna merah dan hanya sedikit perbedaan di antara mereka. Misalnya red flame warna merahnya lebih cerah, indah dan terlihat menyala sedangkan red flase tidak.

Harga iguana merah berkisah Rp 600.000 – Rp 3.000.000. Lagi-lagi semua tergantung pada ukuran, penjual, kondisi dan lokasi. Lebih selektif silahkan di lihat di grup khususnya di form iguana.

3. Iguana Blue Diamon

Jenis Iguana blue diamond dan Harganya

Bagi saya jenis ini adalah jenis iguana tercantik. Bahkan saat ini banyak menggemarinya untuk dijadikan sebagai binatang dipelihara di rumah. Bentuk dan warna tubuhnya hampir mirip dengan green iggy, yaitu memiliki warna dasar hijau cerah. Tapi yang membedakan antara keduanya ialah adanya corak biru di sekeliling kepalanya. Nah dari sinilah ia disebut blue diamond.

Harga sekitar Rp 600.000 – 2.000.000, tapi bukan patokan, bisa saja lebih murah.

4. Jenis Blue Iguana

Jenis Iguana blue biru dan Harganya
Grup jual beli iguana Indonesia

Apabila daftar no 3 di atas ada kata diamondnya maka poin yang keempat ini “blue” tanpa ada embel-embel diamond alias semua didominasi dengan warna biru. Saya tidak kan berbicara panjang lebar untuk iguana biru, soalnya penjelasannya hampir mirip dengan yang sebelumnya. Harga blue iguana antara Rp. 3.000.000

5. Jenis Iguana Chalarodon (Madagaskar)

Jenis Iguana chalarodon madagaskar dan Harganya
www.flickr.com

Daftar iguana yang kelima ini adalah hewan eksotis yang cantik dan indah. Tubuhnya unik menyerupai kadal namun tak sejelek kadal hihi. Dia berasal dari Madagaskar sehingga ia pun kadang dipanggil dengan iguana madagaskar.

Ciri-ciri iguana madagaskar adalah seperti gambar di atas, yaitu bertubuh kecil, memiliki corak seperti batik (bintik-bintik) dan berwarna agak kemerahan atau coklat muda. Dia tinggal di padang pasir dan bebatuan, adapun makanannya berupa serangga.

Untuk harganya kami belum mengetahuinya karena jarang ditemui di Indonesia.

6. Iguana Badak/Batu (Cyclura)

Iguana badak memiliki ukuran tubuh yang besar (jumbo) dan wajahnya juga terlihat sedikit menyeramkan atau ganas. Meski demikian dia bukanlah pemakan daging, tapi pemakan tumbuh-tumbuhan seperti bunga dan daun-daunan (herbivora). So kalian jangan takut untuk memeliharanya.

Jenis Iguana batu badak
By facebook Bunda Rosita

Untuk jenis ini sepertinya dilindungi sebab ada salah satu teman facebook bernama Bunda Rosita yang memposting foto iguana batu di Jatim Park, Malang Jawa Timur. (dia tidak dilindungi)

7. Jenis Iguana Gurun (Dipsosaurus)

Jenis Iguana dipsosaurus gurun
www.flickr.com

Dilihat dari namanya saja kita bisa tahu bahwa iguana gurun bertempat tinggal di gurun atau padang pasir. Menurut beberapa sumber terpercaya, dia memiliki ciri-ciri tubuh yang kecil dan menyukai tumbuh-tumbuhan seperti bunga kuning dari semak creosote dan dedaunan.

8. Iguana Lemanctus

Jenis Iguana lemanctus
www.pinterest.com

Lemanctus bisa juga dipanggil “iguana pemakai helm” hihi mengapa? karena dia mempunyai benjolan di bagian kepala belakang yang menyerupai helem. Mungkin juha berguna sebagai pelindung kepalanya. hihi. Untuk ukurannya tergolong kecil.

9. Jenis Iguana Ctenosaura (ekor berduri)

Jenis iguana yang terakhir adalah ctenosaura alias ekor berduri. Sebagaimana namanya ia memiliki ciri ciri duri yang ada di bagian ekornya. Selain itu spesies ini bisa tumbuh besar hingga 1 meter lebih.

Nah itulah ulasan lengkap dari jenis iguana dan harganya terbaru, mulai dari termahal sampai termurah dan tercantik sampai terunik. Jangan lupa baca juga artikel, cara menjinakkan iguana dengan mudah.

4 responses to “9 Jenis Iguana dan Harganya Terbaru Saat Ini 2020”

  1. Andreas Marvellino Avatar
    Andreas Marvellino

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    1. Abu Zaid Amir Avatar
      Abu Zaid Amir

      Wah bagus bngt masakanmu mas.. membangun. Semoga sukses.. jenis iguana di sini juga belun terlalu lengkap

  2. Unknown Avatar
    Unknown

    Hai saya semalam liat binatang kaya cicak karna besar y sama kaya cicak, tp ini berwarna hitam… Tp lama kelamaan jadi hijau, saya pun cuek !!!
    Tp pas pagi saya mau jemur baju hewan itu masih ada, dan warna hitam tp gk lama berubah jd hijau , kaki y saya perhatiin gk seperti cicak … Sesaat saya tertarik dan ingin melihara y ,,,

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Kemungkinan besar itu bunglon kak. Peliharaan saja tidak masalah. 🙂

Leave a Comment