HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar dan Terbaik

Makanan ikan guppy biar cepat besar- Selamat malam pembaca hobinatang.com, apa kabarnya? di sini kami akan membahas salah satu binatang peliharaan air tawar yang banyak digemari dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu ikan guppy, atau lebih tepatnya adalah "cara memberi makanan ikan guppy agar cepat besar".

Alasan Mengapa Harus Memberi Makan Ikan Guppy yang Baik


Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar yang Terbaik

Bagi pencinta ikan guppy, khususnya para pemula wajib mengetahui makanan ikan guppy yang baik dan buruk. Jangan sampai kalian sembarangan memberi makan si guppy. Mengapa?

Karena akan merusak kualitas ikan guppy. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa ikan guppy adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara oleh siapa saja, dia sangat cantik, indah dan memiliki varian warna. Tapi kecantikan dan keunikan warnanya tersebut tergantung pada dua faktor, yaitu keturunan dan makanan.

Kedua faktor tersebut tidak bisa dipisahkan, jika kalian sedang membudidayakan ikan guppy dan ingin menghasilkan ikan guppy yang berkualitas, maka harus mencari indukan yang unggul dan makanan yang berkualitas. Karena akan sia-sia apabila kalian membeli indukan guppy yang unggul namun malah diberi makanan yang buruk, maka hasilnya pun juga akan buruk.

Tapi semua terserah anda sih, apakah mau memperhatikan kualitas si guppy atau tidak. Tapi tentunya bagi pencinta guppy sejati pasti akan memperhatikannya. Iya gak sob?

Selain dari sisi kualits, makanan ikan guppy juga mempengaruhi pertumbuhannya. Biar ikan guppy cepat besar, sebaiknya mencarikan makanan yang mengandung protein dan lemak yang tinggi atau sedang.

Apa saja sih, makanan ikan guppy terbaik biar cepat besar dan berkualitas?

Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar


Makanan guppy dibagi menjadi dua, ada makanan buatan seperti pelet, tahu putih, roti tawar dan kuning telur dan ada juga yang alamiah seperti jentik nyamuk (cuk), kutu air, cacing sutra dan microworms. Nah, dalam pemberian pakan ikan guppy sebaiknya memilih yang alami, tapi bisa juga dikombinasikan agar menambah nafsu makan.

Menurut pengalaman pribadi, saya lebih suka menggunakan makanan yang alami, sebab ikan guppy bisa cepat besar. Selain itu jika menggunakan yang buatan malah akan mengotori akuarium dan akhirnya ikannya jadi mati. Berikut daftar-daftar makanan alami yang bisa membuat ikan guppy cepat besar dan sehat.

1. Jentik Nyamuk (Cuk)


Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar yang Terbaik

Makanan ikan guppy supaya cepat besar yang pertama adalah jentik nyamuk, atau yang sering disebut (cuk). Hewan ini memang menyebalkan, sebab dia telur nyamuk yang bisa membunuh manusia. Tapi ternyata dibalik itu semua jentik nyamuk bisa dijadikan sebagai makanan ikan guppy kita.

Untuk mencarinya kalian tidak perlu repot-repot karena habitatnya ada di sekeliling kita, yaitu selokan, parit dan genangan air. Selain geratis dan mudah ditemukan, dia juga mengandung protein yang tinggi loh.

Proteinnya hingga 13-15%, dan lemaknya hingga 7-8%, serta mempunyai serat 3-4%. Sehingga, berdasarkan data tersebut, makanan ini bisa membuat ikan guppy sehat dan cepat besar.

Jika kalian ingin memberi makan dengan pakan ini, disarankan untuk memperhatikan kebersihannya, karena kita tahu bahwa kebanyakan jentik nyamuk tinggal di tempat-tempat yang kotor, sehingga banyak mengandung bakteri yang bisa mengakibatkan ikan guppy anda sakit. So, cucilah dahulu dengan air bersih sebelum anda masukkan ke dalam botol atau akuarium.

Di bawah ini, cara mencari jentik nyamuk yang benar dan aman:
  1. Jentik nyamuk yang kalian kumpulkan tadi dimasukkan ke dalam air es yang dingin.
  2. Jika sudah maka secara otomatis jentik nyamuk berupa larva akan teler dan tenggelam, sedangkan yang bukan jentik nyamuk (seperti sampah, kotoran dll) akan mengambang.
  3. Lalu pilih dan ambil jentik nyamuk yang tenggelam tadi dengan memakai saringan.

2. Kutu Air (Kutir)


Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar yang Terbaik

Kutu air atau water flea adalah hewan air yang bergerak di perairan seperti sungai, parit, kolam dan genangan-genangan air. Dia dikenal sebagai hewan kecil yang memiliki gizi tinggi bagi semua jenis ikan, khususnya yang masih burayak (anak cupang baru lahir).

Kutu air mengandung protein yang tinggi hingga 20-50%, dan karbohidrat sekitar 0,6-0,9%. Sedangkan untuk lemak hanya 0,5-0,7%. Meskipun kandungan lemaknya tidak sebanyak cacing sutra, tapi kutu air sangat berkhasiat untuk pertumbuhan tulang, dan bisa mencerahkan warna ikan guppy. Waw

Kutu air terbagi menjadi dua jenis, ada kutu air Daphnia sp dan  ada juga kutu air daphnia magna. Kutu air Daphnia sp biasanya diberikan pada burayak (anak ikan guppy yang baru menetas) berusia 3-15 hari.

3. Cacing Sutra


Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar yang Terbaik

Cacing sutra juga bisa mempercepat pertumbuhan ikan guppy. Cacing sutra atau casut merupakan salah satu makanan ikan hias yang banyak digunakan oleh peternak. Sebab dia mengandung lemak dan protein sangat tinggi. Kira-kira lemaknya mencapai 12-13,3%, dan proteinnya 40-50%.

Selain itu casut juga mudah ditemukan. Mereka kadang berada di parit-parit, pinggiran sungai atau selokan, Tapi bagi kalian yang merasa jijik, bisa langsung membeli ke peternak cacing sutra atau bisa juga membudidayakannya sendiri.

Oh iya, jangan lupa untuk dicuci yang bersih sebelum memberikannya pada ikan guppy anda.

4. Microworms atau Cacing Halus


Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar yang Terbaik

Cacing halus atau Microworms sama seperti casut, hanya saja dia lebih halus. Untuk masalah khasiat dan manfaat microworms tidak perlu diragukan lagi, sebab di dalamnya sudah terdapat kandungan gizi, protein dan nutrisi tinggi seperti cacing sutra. Sehingga bisa membuat ikan Anda tumbuh berkembang serta meningkatkan kecerahan warna si ikan.

Nah, itu saja yang bisa kami bagikan. Terimakasih sudah membaca makanan ikan guppy biar cepat besar dan sehat, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya penghobi ikan guppy. Salam sukses dan selamat mencoba.

0 Komentar Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar dan Terbaik

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top