Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

Penyebab kelinci mati- Memelihara kelinci hias atau pedaging memang menyenangkan bisa diajak main dan menggemaskan. Tapi sayangnya masih banyak di antara kita yang mengeluh karena setiap merawat kelinci pasti mudah mati. Terutama kelinci yang masih kecil.

Mengapa sih kelinci saya cepat mati mendadak? atau Apa penyebab kelinci mati kejang kejang? Pokoknya ada saja keluhan para pemelihara kelinci di grup-grup facebook. Nah untuk itulah kita di sini akan memberi informasi terkait penyebab kelinci mati agar semua dapat mengambil pelajarannya serta dapat mencegahnya sewaktu-waktu.

Umumnya kelinci sering mati di saat-saat tertentu, misalnya pergantian musim dari dingin ke panas, dari terang ke musim hujan, ketika melahirkan, setelah melahirkan atau banyak juga yang tiba-tiba mati tanpa diketahui apa penyebabnya. Tapi setidaknya saya berhasil merangkum beberapa penyebab yang diambil dari pengalaman pribadi dan teman-teman di facebook tentang alasan mengapa kelinci cepat mati.

Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegahnya


Di bawah ini faktor utama kematian si kelinci:

1. Karena Kelinci Sakit


Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

Poin pertama dari penyebab kelinci mati adalah karena sakit, dan dia bisa terserang penyakit karena ada bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya atau daya tahan tubuhnya yang lemah. Sehingga walaupun sakit itu datangnya dari tuhan, kita tetap berusaha mencegahnya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan merawat kandangnya, membersihkan tempatnya, membuang kotoran dan memperhatikan pola makannya sehari-hari.

Namun bila kelinci anda sudah terlanjur sakit maka langsung saja diobati tanpa ditunda-tunda atau malah dibiarkan. Bayangkan saja, kelinci yang sudah diobati saja belum tentu bisa sembuh total apalagi tidak diobati sama sekali. Menurut pengamatan kami, kelinci yang mati akibat sakit memang banyak dialami oleh pencinta atau peternak kelinci, mulai dari mencret, muntah atau yang lainnya.

Tapi saya kagumi mereka selalu mengambil pelajaran sebelumnya. Maka diharapkan juga buat teman-teman agar selalu mengambil pelajaran dari musibah ini.

2. Makanan Kelinci yang Tidak Layak


Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

Salah satu sebab kelinci kalian mati adalah karena faktor makanan atau karena pemberian pakan yang tidak sewajarnya. Misalnya sobat memberi makanan yang mengandung bahan pengawet dan kimia sehingga kelinci keracunan. Atau bisa juga karena makanan pokoknya kurang bersih dan mengandung parasit.

Seperti kelinci yang diberi pakan sayuran, namun ternyata sayuran tersebut belum dicuci bersih, sehingga bahan kimia dan parasitnya belum hilang. Akhirnya dapat mengakibatkan kelinci tersebut keracunan dan mati. Maka dari itu berilah ia pakan yang bergizi dan bernutrisi tinggi biar kondisi tubuh kelinci selalu sehat.

3. Kelaparan Makanan


Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

Wah untuk poin yang ketiga ini sangat memalukan, masa iya kita mengabaikan begitu saja sampai dia kelaparan, lemas dan akhirnya mati. Tapi anehnya kasus ini juga masih terjadi di kalangan pencinta hewan. Harusnya sesibuk-sibuknya mereka jangan sampai lupa memberinya makanan yang menyehatkan.

4. Kelinci Mati Karena Faktor Psikis


Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

Kelinci juga makhluk hidup sebagaimana makhluk hidup pada umumnya. Dia membutuhkan kebahagiaan dan mudah stres. Kondisi tersebut bisa terjadi jika tidak adanya perhatian dari pemiliknya, contohnya kelinci jarang diajak keluar dan di dalam kandang terus sehingga stres.

Kemudian kelinci berantem tapi tidak dipisahkan sama pemiliknya sehingga stres. Yang jelas hal itu jangan sampai terjadi, meskipun kelinci itu nakal tetap ia butuh perhatian seperti yang lainnya. Kasian nanti dia bisa mati mendadak karena kurang bahagia. Ajaklah bermain di saat sore hari atau pagi hari agar kelinci tidak mati karena psikisnya terganggu.

5. Kurang Komunikasi


Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

Penyebab kelinci mati yang terakhir adalah kurangnya komunikasi dari pemiliknya. Perlu kalian ketahui sob, bahwa kurangnya berkomunikasi dengan kelinci ternyata juga bisa menjadi penyebab kematian si kelinci. Dan ini ada kaitannya dengan poin yang keempat, kelinci bisa mati karena anda selalu mengabaikannya dan jarang mengajaknya bermain serta berkomunikasi alias cuek sehingga ia kesepian.

Anda juga tidak menganggapnya sebagai keluarga anda sendiri, tapi malah menjadikannya seperti budak yang hanya menjadi pajangan di rumah saja. Nah itulah salah satu penyebab kelinci anda bisa mati tiba-tiba. Jadi jangan bingung, walaupun sobat sudah memberinya makan yang bergizi dan lain sebagainya tapi kalau sobat kurang perhatian tetap dapat menyebabkan dia tidak nyaman di kandang dan mati kejang-kejang.

Baiklah sekian saja pembahasan penyebab kelinci mati dan cara mencegahnya. Semoga saja artikel ini sangat bermanfaat buat sobat khususnya yang masih pemula-pemula. Dan yang belum tahu cara merawat kelinci dengan benar silahkan baca: cara memelihara kelinci untuk pemula

3 Komentar Penyebab Kelinci Mati dan Cara Mencegah Agar Tidak Mati

  1. Biasanya kan kalo melihara kelinci harus 2, biar yang satu ga kesepian. Nah kalo yang temennya ini tiba2 hilang atau mati, apakah si kelinci bisa stres juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung om. Stres bukan cuma karena kesepian. Cuaca lingkungan juga bisa membuat stres. Kami sarankan kelincinya sering di temani. Saat kasih makan sambil dibelai.

      Dulu saya pernah memelihara satu kelinci berjalan cukup lama soalnya.

      Delete
    2. Tapi lebih baik dibelikan teman baru mas. Apalagi kalau usainya masih kecil. Rawan stres

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top